Mengatasi Mulut Kering di Malam Hari Saat Tidur

Mulut kering dapat terkait akibat kurangnya produksi air liur. Kelenjar ludah menjaga kelembaban mulut dengan mengeluarkan cairan berair jernih yang disebut dengan air liur. Ludah yang tidak mencukupi dapat menunjukkan bahwa kelenjar ludah tidak berfungsi dengan benar. Orang-orang yang mengalami tanda-tanda mulut kering di malam hari dan ketika bangun di pagi hari merasa seperti telah melakukan perjalanan panjang tanpa air selama berhari-hari.

Gejala mulut kering

Pada kondisi ini, lidah menjadi kering, bengkak, dan merah. Saliva juga memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam mulut secara alami. Maka itu, penurunan kadar air liur dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan gusi, gigi, dan menyebabkan bau mulut. Orang dengan mulut kering mempunyai rasa logam pada mulutnya. Kemampuan untuk mencicipi rasa makanan dengan benar juga menurun.

Tips mengatasi mulut kering

Ada banyak cara untuk meredakan rasa tidak nyaman pada mulut yang kering. Akan tetapi, perlu terlebih dahulu menentukan penyebab mulut kering. Selama kehamilan mungkin saja seorang ibu dapat mengalaminya. Di bawah ini adalah beberapa solusi untuk menangani masalah mulut kering:

  • Asupan air yang tidak memadai membuat air liur menjadi kental, yang dapat membatasi aliran dan menyebabkan mulut kering. Maka itu, minumlah air yang cukup sepanjang hari untuk memastikan bahwa air liur disekresikan secara konsisten.
  • Pasta gigi yang mengandung bahan-bahan seperti biotene dapat membatasi pertumbuhan bakteri penyebab bau dan juga mencegah pembentukan plak. Hal ini terbukti secara klinis bahwa pasta gigi tersebut dapat bekerja untuk mengatasi kekeringan pada mulut.
  • Mengunyah es dapat menjadi cara untuk menjaga kelembaban mulut selama berjam-jam. Es akan membantu untuk meningkatkan sekresi air liur.
  • Minyak vitamin E dianggap sebagai obat terbaik untuk mengatasi mulut kering. Gunakan minyak vitamin E pada lidah dan di dalam mulut sebelum tidur di malam hari. Dengan cara ini, seseorang dapat mempertahankan kelembaban mulutnya. Penggunaan minyak bunga matahari dan biji rami juga dapat membantu untuk mengatasi masalah mulut kering yang terjadi pada malam hari.
  • Seseorang yang menderita mulut kering harus menghindari makan makanan pedas dan asin, karena makanan ini dapat memperburuk kondisi. Saliva memainkan peran penting dalam memecah zat gula. Sedangkan seseorang dengan mulut kering tidak mampu menghasilkan air liur yang memadai, maka itu harus menghindari makanan tinggi gula. Asupan minuman asam seperti jus jeruk juga harus dihindari.
>>  Penyebab Bau Mulut Busuk

Tips mencegah mulut kering

  • Hindari bernafas melalui mulut. Seseorang yang tidur dengan mulut terbuka akan terbangun dengan mulut kering.
  • Menghindari kebiasaan minum minuman beralkohol dan berkafein karena minuman ini dapat membuat kehilangan banyak cairan melalui sering buang air kecil.
  • Pastikan bahwa obat kumur yang anda pakai tidak mengandung alkohol.
  • Untuk mencegah kekeringan di dalam ruangan, gunakan humidifier atau vaporizer. Hal ini sangat baik untuk menambah kelembaban udara.
  • Penggunaan substitusi saliva juga tersedia dalam bentuk semprot atau larutan, yang dapat membantu untuk mengurangi rasa kering pada mulut.

Banyak sekali orang yang mengalami mulut kering ketika tidur di malam hari. Orang-orang ini cenderung untuk bangun dengan tenggorokan yang kering karena mulut kering yang berlebihan. Hal ini sering dikaitkan dengan bernafas melalui mulut saat tidur. Mendengkur saat tidur juga dapat menyebabkan mulut kering. Untuk menangani masalah ini, minum air putih di tengah malam menjadi satu-satunya pilihan.

 
  Incoming Keywords: tenggorokan kering saat tidur malam, kekeringan mulut dan kurangnya produksi ludah disebut apa ?, Mulut kering pd malam hari mengapa?, mulut bau pada malam hari, lidah putih mulut dan tenggorokan kering, lidah kering pada saat bangun tidur, lidah kering dimalam hari, kenapa bangun tidur mulut kering, kalau lidah kering, cara mengatasi tidur trnggorokan kering

,

Comments are closed.