Dampak Buruk Kekurangan Oksigen dalam Darah

Oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Tanpa oksigen, kita takkan pernah ada seperti sekarang ini. Bagaimanakah tubuh bereaksi terhadap tingkat oksigen yang rendah? Inilah yang akan kita pelajari dalam artikel berikut.

Oksigen diangkut ke bagian tubuh dengan bantuan darah. Apakah yang dapat terjadi ketika terjadi penurunan kadar oksigen darah dalam tubuh? Kondisi menurunnya kadar oksigen dalam darah dikenal dengan hipoksemia. Dalam alinea berkut ini kita akan lebih memahami dampak kurangnya kadar oksigen dalam darah.

Penyebab kurangnya oksigen

Berikut adalah beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah:

  • Saluran napas yang tersumbat.
  • Asupan obat yang dapat menyebabkan depresi dan mengganggu pernafasan normal.
  • Penyakit tertentu seperti pneumonia, emfisema, dan sejenisnya.
  • Penyakit anemia.
  • Berada di dataran tinggi di mana jumlah oksigen yang tersedia berkurang.
  • Aktivitas berat
  • Edema paru, emboli, atau fibrosis.
  • Stres berlebihan
  • Penyakit paru-paru.
  • Sleep apnea.

Dampak buruk kekurangan oksigen dalam darah

Apakah sebenarnya dampak buruk dari kekurangan oksigen dalam darah pada kesehatan seseorang secara keseluruhan? Berikut ini adalah daftar rinciannya.

Rasa lelah
Ini adalah dampak yang pertama kali akan akan dirasakan, ketika pasokan oksigen dalam darah berkurang. Karena oksigen tidak mencapai semua bagian tubuh sesuai yang dibutuhkan, maka fungsi tubuh akan terpengaruh dan karena itu akan ada sedikit energi untuk melakukan pekerjaan. Akibatnya, akan timbul rasa lelah yang akan disertai dengan ketidakmampuan untuk bekerja secara maksimal.

Kesulitan dalam bernafas
Sesak nafas akan mempengaruhi fungsi normal dari sistem tubuh manusia. Karena semua kegiatan tergantung pada pernafasan, maka akan ada penurunan efisiensi dari individu. Akibatnya akan langsung terlihat mulai dari tingkat energi yang turun.

>>  Tanda-tanda Rendahnya Zat Besi pada Wanita

Nyeri otot
Ketika kadar oksigen berkurang dalam darah, hal ini mempengaruhi fungsi otot. Dampaknya dapat terasa mulai dari nyeri pada otot atau kejang yang terasa di persendian.

Gangguan mata
Dampak buruk kekurangan kadar oksigen dalam darah dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan. Kualitas atau ketajaman akan berkurang.

Sianosis
Sianosis adalah ketika kulit terdapat semburat kebiruan. Hal ini disebabkan sebagai akibat langsung dari kurangnya kadar oksigen dalam darah. Selain tampak pucat dan sakit-sakitan, akan terdapat resiko bagi kesehatan juga.

Serangan jantung
Ketika oksigen tidak dapat diangkut dari paru-paru ke bagian lain dari tubuh melalui darah, maka akan ada tekanan ekstra pada jantung. Tekanan berlebih ini dapat membuat serangan jantung.

Dampak buruk kekurangan oksigen dalam darah dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang serius. Oleh karena itu, tindakan pencegahan yang tepat harus dilakukan dan metode pengobatan perlu dijalankan tanpa menunggu lama.

 
  Incoming Keywords: kekurangan O2 dapat menyebabkan terjadinya, O2 berkurang karna apa, kekurangan oksigen dlm tubuh di sebabksn apa, akibat kekurangan oksigen pada otot, kurangnya oksigen dlm darah, darah kekuranga oksigen apa yang harus di lakukan, tuliskan faktor apa saja yang dapat menyebabkan berkurang nya kadar oksigen dalam tubuh, dampak buruk yg terjadi jika pernafasan normal kurang, bahaya kekurangan oksigen, akibat kurangnya pasokan oksigen ke hati

,

Comments are closed.