Memilih Krim Pemutih Kulit Wajah yang Tepat

Krim pemutih wajah dibuat untuk mengurangi sekresi melanin yang bertujuan mencerahkan warna kulit. Mengetahui komponen bahan krim pemutih wajah adalah suatu keharusan agar tepat dalam memilih krim pemutih untuk wajah.

Warna kulit secara alami tergantung pada jenis dan jumlah pigmen kulit (melanin). Meskipun faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari juga berpengaruh dalam mengubah warna kulit, sebagian besar unsur genetik mempunyai peran besar dalam menentukan warna kulit wajah. Dan tidak semua orang puas dengan kulit wajah mereka. Sementara itu, mereka dengan kulit wajah yang lebih gelap lebih suka menggunakan krim untuk mencerahkan warna kulit wajah mereka.

Krim pemutih untuk wajah dapat membuat kulit wajah menjadi halus, mencerahkan warna kulit, dan membersihkan bintik-bintik gelap atau noda pada kulit dengan mengurangi sintesis melanin berlebih. Meskipun beberapa produk krim pemutih wajah didasarkan pada aspek botani, krim lainnya menggunakan bahan kimia buatan tertentu, yang dapat mengakibatkan masalah kulit yang serius. Mari kita bahas secara singkat tentang krim yang diformulasikan untuk memutihkan wajah.

Bahan krim pemutih wajah

Tidak diragukan lagi, warna kulit yang sangat gelap dan adanya bercak pada wajah membuat kita merasa sadar diri. Tapi, hal ini tidak berarti bahwa anda harus menggunakan krim pencerah kulit untuk membuat wajah anda terlihat lebih baik. Menurut dermatologists, krim pemutih wajah tersebut dapat mencegah penggelapan kulit, tetapi tidak dapat mengubah warna kulit dengan alami. Sebelum menerapkannya pada wajah, sangatlah penting untuk memahami dampak dari komponen bahan yang terkandung dalam formula krim wajah tersebut. Berikut ini adalah beberapa bahan yang digunakan pada krim pemutih wajah beserta efek yang dapat terjadi:

Hydroquinone
Ini adalah salah satu bahan yang paling sering digunakan pada krim pemutih wajah. Zat kimia ini telah terbukti menghambat efek melanin, sehingga menyebabkan kulit dapat menjadi lebih cerah. Akan tetapi, efek buruk yang mungkin didapat adalah bahwa hydroquinone merupakan iritan kulit, dan penggunaan berkepanjangan dapat beresiko menyebabkan kanker kulit.

Tretinoin
Komponen lain yang digunakan dalam produksi lotion pencerah kulit dan krim adalah tretinoin. Zat kimia ini biasanya ditambahkan sebagai kombinasi bersama dengan hydroquinone dalam konsentrasi yang sangat rendah. Bila diterapkan bawah pengawasan yang ketat, hal ini membantu dalam mencerahkan warna kulit. Meski begitu, tretinoin akan membuat kulit lebih tipis dan meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sengatan sinar matahari.

>>  Perawatan Kulit untuk Gadis Remaja

Tanaman ekstrak
Sebagian besar krim pemutih mengandung ekstrak tumbuh-tumbuhan seperti jus lemon, ekstrak licorice, ekstrak bearberry, ekstrak kulit jeruk, ekstrak ara, dan ekstrak mulberry. Semua ekstrak ini ditunjukkan untuk membuat kulit mengurangi produksi melanin. Ekstrak tumbuhan yang alami adalah hal yang aman, selama digunakan dalam kadar tertentu.

Bahan lainnya
Selain komponen di atas, ada juga pewarna di dalam krim pemutih wajah. Beberapa produk juga menggunakan pengawet sintetis dan emulsifier bersama dengan bahan alami.

Mengingat fakta bahwa terdapat sejumlah besar produk krim pemutih wajah yang beredar, memilih merek tertentu terserah kepada anda. Setiap perusahaan dapat saja menyatakan dapat memberikan hasil yang terbaik dengan harga lebih murah. Jangan percaya pada promo saat membeli produk kecantikan tersebut. Jika tidak, anda akan membeli krim pemutih wajah yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti hydroquinone, merkuri, dan steroid.

Tips yang berguna untuk mencari krim pemutih wajah yang efektif adalah dengan mengunjungi situs perusahaan dan memeriksa ulasannya. Anda dapat mengetahuinya dari pendapat para konsumen mengenai efektivitas dari krim pemutih tersebut. Jika banyak orang yang merasa puas, maka anda dapat mempercayai produk tersebut.

Krim pemutih untuk mencerahkan kulit wajah dapat membuat kulit tampak lebih putih sampai batas tertentu. Jika anda benar-benar ingin mencobanya, berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memilih krim pemutih wajah. Dokter kulit akan memeriksa jenis kulit anda dan merekomendasikan produk yang cocok untuk kulit anda.

Comments are closed.