Efek Samping Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak biji anggur merupakan sumber yang kaya antioksidan dan merupakan konstituen penting dari berbagai obat. Meski begitu, efek samping ekstrak biji anggurekstrak biji anggur juga mempunyai efek samping tertentu. Ingin tahu apa saja efek samping ekstrak biji anggur? Berikut di bawah ini wajib anda baca lebih lanjut mengenai efek samping dari ekstrak biji anggur.

Ekstrak biji anggur kaya akan polifenol yang merupakan sejenis antioksidan. Antioksidan adalah zat pada tubuh manusia yang membantu dalam menekan oksidasi dalam sel manusia. Sel manusia menggunakan oksigen untuk melakukan beberapa reaksi kimia untuk hidup. Radikal bebas adalah produk sampingan dari proses oksidasi ini. Produksi berlebihan dari radikal bebas dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Antioksidan melawan radikal bebas dan dengan demikian mencegah kerusakan internal pada tubuh manusia atau memperbaiki segala kerusakan yang mungkin dapat terjadi.

Ekstrak biji anggur terbuat dari biji anggur dan tersedia dalam bentuk tablet. Ini digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti varises dan aterosklerosis, diabetes, dan komplikasi yang berhubungan dengan diabetes seperti retinopati diabetik, rabun senja, kanker, sirosis, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kepadatan tulang, infeksi oleh jamur candida, dsb.

Efek samping ekstrak biji anggur

Manfaat ekstrak biji anggur begitu luas. Akan tetapi juga terdapat beberapa efek samping yang dapat diklasifikasikan sebagai efek samping kecil dan besar.

>>  Daftar Buah dan Sayuran Kaya Kandungan Antioksidan



Efek samping kecil
Meskipun terdapat sejumlah manfaat, ekstrak biji anggur memiliki efek samping seperti sakit kepala, kulit kepala gatal dan kering, sakit perut, sakit tenggorokan, mual, batuk, dan pusing. Efek samping ini tergolong ringan dan mudah disembuhkan, tetapi dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak biji anggur.

Efek samping besar

  1. Salah satu efek samping yang serius adalah perdarahan. Perdarahan internal dan eksternal  dapat dikarenakan efek samping dari ekstrak biji anggur. Luka dan memar dengan perdarahan berkepanjangan telah diamati dalam beberapa kasus. Perdarahan internal meliputi gejala seperti muntah darah.
  2. Perdarahan internal juga termasuk stroke hemoragik, meledaknya pembuluh darah di dalam otak. Bekuan darah mengiritasi jaringan otak dan menyebabkan pembengkakan. Gejala stroke hemoragik adalah pingsan, koma, kesulitan menelan, sakit kepala, kehilangan koordinasi, dan mual.
  3. Efek samping alergi meliputi gatal-gatal, gatal, ruam, pembengkakan bibir dan kesulitan bernafas.
  4. Wanita menyusui, harus berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak biji anggur. Ekstrak biji anggur terkadang mempunyai efek berbahaya bagi wanita hamil dan wanita yang sedang berusaha untuk hamil. Selain itu, penggunaan suplemen herbal juga tidak memiliki rekomendasi secara medis.
  5. Ekstrak biji anggur bereaksi dengan obat lain, seperti obat-obatan untuk pengencer darah dan obat anti platelet. Beberapa obat penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen, dan obat resep seperti methotrexate, obat penurun kolesterol dan angiotensin juga bereaksi dengan biji anggur.

Ekstrak biji anggur tidak dianjurkan untuk anak-anak. Sebaliknya, anak-anak harus diberikan buah anggur yang utuh karena memberikan banyak manfaat kesehatan. Untuk proses antioksidan, dosis yang tepat adalah 50 mg sampai 150 mg, sedangkan untuk kondisi kronis dosisnya di atas 150 mg. Meski begitu, dosis dapat bervariasi sesuai dengan kondisi kesehatan individu. Ekstrak biji anggur mengandung benzethonium klorida, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun, masalah kesehatan ini terjadi sebagai akibat overdosis. Dengan demikian, dosis suplemen harus diperhatikan, sesuai yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan herbal juga dapat menimbulkan efek berbahaya, jika dikonsumsi tanpa saran medis yang tepat.

 
  Incoming Keywords: manfaat biji anggur, minyak biji anggur, manfaat minum minyak biji anggur, biji anggur, biji anggur bahaya, Ekstraksi piceatannol anggur, extract biji anggur, efek biji anggur bagi tubuh, biji anggur obat herbal, suplemen yg ada biji anggurnya

Comments are closed.