Manfaat Mineral Bagi Tubuh

Manfaat mineral bagi tubuhKandungan mineral di dalam tubuh kita sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Oleh karena itu adanya jumlah yang tepat dari vitamin dan mineral dalam tubuh sangatlah penting. Manfaat mineral memainkan peran penting, jika kekurangan mineral akan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, sedangkan kelebihan mineral juga dapat merugikan.

Mineral berkontribusi pada fungsi normal dan pertumbuhan tubuh manusia. Karena mineral ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, maka manfaat mineral bagi tubuhkita perlu mengkonsumsi pasokan dari bahan-bahan tertentu setiap hari. Berdasarkan perkiraan, 4% dari massa tubuh terdiri dari mineral, yang dapat dikategorikan sebagai mineral makro dan jejak, tergantung pada jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumlah besar dalam tubuh, lebih dari 100 miligram per hari. Kalsium, fosfor, magnesium, natrium, dan kalium adalah beberapa mineral makro tersebut. Sedangkan trace mineral dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kurang dari 100 mg setiap hari. Beberapa trace mineral seperti besi, yodium, fluoride, selenium, seng, tembaga, kromium, dan mangan.

Manfaat mineral

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat mineral yang berguna bagi fungsi tubuh:

Kalsium
Setiap hari tubuh kita memerlukan asupan lebih dari 1000 mg, yang digunakan untuk memperkuat tulang dan gigi. Hal ini juga diperlukan pada fungsi otot dan saraf. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan tulang yang lemah, yang pada saatnya akan menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut dengan osteoporosis. Tulang menjadi rapuh dan mudah patah dengan mudah. Kehilangan gigi dan kram otot juga dapat terjadi dalam kasus kekurangan kalsium. Kalsium dapat diperoleh dalam jumlah besar dari produk susu, yogurt, keju, dan sayuran yang mempunyai daun dengan warna hijau gelap.

Fosfor
Fosfor bersama dengan kalsium memainkan peran penting dalam membangun struktur tulang dan gigi. Sel tubuh memanfaatkan fosfat untuk mengangkut energi melalui adenosine triphosphate dan membantu dalam beberapa proses pada tubuh lainnya. Mineral ini tersedia dalam makanan yang kaya kandungan protein seperti daging dan produk susu.

Kalium
Mineral ini dapat ditemui dalam pisang, lobak, alpukat, seledri, dan berbagai buah-buahan serta sayuran lainnya. Kalium sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel-sel tubuh. Hal ini juga membantu dalam kontraksi otot dan mengirimkan impuls saraf.

Klorin
Ini adalah unsur penting dari cairan pencernaan. Klorin adalah mineral yang berperan penting dalam pemeliharaan asam basa tubuh dan keseimbangan cairan. Hal ini diperoleh dari natrium klorida atau garam dapur. Selain itu juga dapat ditemukan dalam tomat, seledri, rumput laut, zaitun, dsb.

>>  Penyebab Luka Terasa Gatal Saat Mau Sembuh

Magnesium
Mineral ini tersedia dalam kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan. Hal ini penting dalam mengatur aktivitas neuromuskuler jantung.

Natrium
Mineral ini dapat ditemukan pada garam dapur, makanan laut, dan produk susu. Natrium merupakan mineral yang bermanfaat untuk mengatur volume cairan tubuh dan konsentrasi asam basa.

Sulfur
Sumber yang baik dari sulfur adalah telur, daging sapi tanpa lemak, kerang, ikan, produk susu, bawang, kubis, gandum, dan bawang putih. Mineral ini diperlukan untuk membangun asam amino. Protein, enzim, dan polipeptida yang mengandung asam amino mengandung sulfur, dengan demikian, sulfur merupakan bagian penting dari semua sel.

Besi
Sel-sel darah merah dalam darah mengandung hemoglobin, yang dibentuk oleh protein dan zat besi. Hemoglobin ini bertugas didalam transportasi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tanpa zat besi, hemoglobin tidak akan terbentuk dan sistem transportasi oksigen akan rusak.

Seng
Mineral ini dapat ditemukan pada hati, telur, makanan laut, dan daging. Seng adalah mineral yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan kematangan seksual, penyembuhan luka, sensasi rasa, dsb. Hal ini juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan respon dari sistem kekebalan tubuh dan juga membantu tubuh dalam melawan infeksi.

Mineral harus diberikan pada tubuh kita secara tepat waktu. Defisiensi mineral akan menyebabkan kerusakan dan kelebihan mineral juga akan dapat merugikan kesehatan. Oleh karena itu, jagalah selalu keseimbangan dari mineral yang anda berikan pada tubuh. Demikianlah beberapa manfaat mineral pada tubuh, semoga dapat memberikan infromasi yang berguna.

 
  Incoming Keywords: manfaat mineral, mengapa mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, apa manfaat bahan mineral, Manfaat kita mengkomsusi mineral, manfaat bahan mineral, manfaan mineral, Kegunaan mineral, fungsi mineral bagi tubuh, apa manfaat mineral untuk makhluk hidup, mineral utk apa bagi manusia

,

Comments are closed.