Fakta Pencemaran Sampah Kantong Plastik

sampah kantong plastik

Plastik telah menjadi bagian tak terpisahkan bagi kehidupan manusia. Sejak Alexander Parkes menemukannya pada tahun 1852, plastik telah menjadi salah satu komoditas yang paling banyak digunakan di dunia. Plastik hampir selalu ada pada semua hal yang kita lakukan. Mulai dari pakaian, makanan, dan teknologi, setiap sektor membutuhkan plastik. Meskipun merupakan salah satu komoditas yang paling penting, tidak dapat disangkal bahwa dengan menggunakan plastik berarti juga telah menunjukkan kelemahan. Hal ini dapat berbahaya bagi tanaman, manusia, dan kehidupan satwa. Masalah utama yang berhubungan dengan plastik adalah ketika anda membuangnya. Plastik memakan waktu hingga 5 sampai dengan 6 dekade untuk dapat terurai, dan kadang-kadang periode ini dapat menjadi lebih lama hingga satu juta tahun. Oleh karena itu, marilah kita memahami masalah yang serius ini dengan fakta mengenai pencemaran sampah plastik.

Sampah kantong plastik

Hampir semua dari kita menggunakan kantong plastik dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa tas plastik ini adalah penyebab utama dari pencemaran air, udara, dan polusi tanah. Sebagian besar negara telah melarang penggunaan kantong plastik karena tingginya tingkat toksisitas yang dihasilkan. Orang-orang yang tidak tahu mengenai tingkat pencemaran dari kantong plastik ini harus memahami efek berbahaya dari kantong plastik.

Ketika orang tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kantong plastik, mereka membuangnya ke mana saja termasuk membuangnya ke laut. Pencemaran kantong plastik terhadap air laut adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi saat ini. Kantong plastik lebih dari sekedar mencemari air, tetapi juga menganggu satwa liar, selain itu dapat terjebak pada baling-baling kapal. Pemerhati lingkungan menyatakan bahwa kantong plastik menjadi penyebab kematian lebih dari 100.000 penyu setiap tahun. Hal yang terpenting tentang kantong plastik adalah bahwa plastik tidak dapat membusuk dan membutuhkan ruang permanen. Plastik juga dapat diangkut sangat mudah hanya dengan udara, air, dan juga manusia.

>>  Dampak Buruk Pencemaran Plastik & Cara Mengatasi

Sampah plastik

Plastik terdapat di mana-mana. Para pemerhati lingkungan telah mendorong orang untuk menghentikan penggunaan kantong plastik hampir di setiap negara tetapi tidak banyak orang yang begitu serius. Bagi orang yang tidak tahu bagaimana bahayanya plastik bagi mereka dan generasi masa depan, berikut adalah beberapa fakta tentang pencemaran sampah plastik sebagai wawasan.

  • Botol plastik memerlukan hampir 1000 tahun untuk terurai.
  • Diperkirakan bahwa 7 miliar kilo sampah plastik dibuang ke laut setiap tahun. Kantong plastik dan limbah plastik lainnya menganggu satwa laut.
  • Daur ulang plastik adalah satu-satunya cara untuk memastikan pengendapan plastik dengan lebih aman tetapi kebanyakan orang tidak mengetahuinya.
  • Konsumsi tahunan dunia dari kantong plastik adalah 5 juta ton pada awal 1950-an dan telah meningkat menjadi lebih dari 100 juta ton saat ini.
  • Lebih dari 72 miliar galon air digunakan untuk membuat botol plastik kosong.

Terdapat banyak alternatif dari kantong plastik yang sehat seperti tas kertas dan botol yang terbuat dari produk ramah lingkungan. Meski begitu, hal ini tidak begitu populer. Namun, hal ini akan sangat membantu jika semakin banyak orang yang membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik dengan bantuan daur ulang dan menghindari kantong plastik menjadi pembungkus.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Dampak Buruk Pencemaran Plastik & Cara Mengatasi

    […] dibuang dapat didaur ulang dan digunakan sebagai tas tote, dompet, atau kantong plastik. Adanya kantong plastik biodegradable dapat membantu mengatasi pencemaran plastik hingga batas […]