Dampak Buruk + Mengatasi Polusi Suara

Suara yang berisik dan penuh dengan kebisingan dikenal dengan istilah polusi suara. Dalam beberapa tahun terakhir, polusi suara telah menjadi topik diskusi yang hangat. Kebisingan yang terus menerus atau berlangsung untuk waktu lama akan mempengaruhi kesehatan kita. Beberapa penggemar musik mengatakan bahwa kebisingan intermiten tidak berbahaya, tetapi hal ini tidaklah benar, bahkan intermiten kebisingan mempunyai dampak negatif terhadap pendengaran manusia dalam jangka panjang. Sumber utama dari kebisingan dapat termasuk lalu lintas kendaraan, pabrik-pabrik yang terlibat dalam proses produksi, dan peralatan rumah tangga seperti pembersih vakum, dan tape musik.

Suara diukur dalam satuan yang dikenal dengan nama desibel. Jumlah desibel yang terus meningkat merupakan polusi suara. Kebanyakan peralatan yang digunakan di pabrik-pabrik dan peralatan rumah tangga dapat menyebabkan peningkatan suara hingga menimbulkan kebisingan yang mengganggu.

Sumber polusi suarapolusi suara

Sumber polusi suara dapat dikategorikan menjadi dua kelompok yaitu sumber indoor yang meliputi musik keras, suara peralatan listrik, dsb. Sedangkan sumber outdoor yaitu suara yang dibuat oleh kendaraan dan mesin industri. Dari jumlah tersebut, sumber-sumber outdoor polusi suara adalah yang paling besar berkontribusi. Polusi suara di perkotaan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pedesaan, hal ini adalah sesuatu yang cukup jelas.

Dampak polusi suara

Dampak dari polusi suara dapat mempengaruhi kesehatan manusia dalam jangka panjang. Berikut ini adalah daftar dampak buruk polusi suara pada kesehatan manusia setelah paparan terus-menerus selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun.


  • Dampak yang paling utama adalah kemerosotan kesehatan mental. Sebagai contoh, orang-orang yang hidup terlalu dekat dengan bandara seringkali terlihat gelisah. Kebisingan terus-menerus dapat menyebabkan rasa panik dalam diri seseorang, dan bahkan dapat meningkatkan tingkat frustrasi. Selain itu, polusi suara menjadi penghalang besar dalam memfokuskan pikiran untuk suatu hal tertentu. Seiring dengan waktu, otak akan kehilangan kapasitasnya untuk dapat berkonsentrasi dengan baik.
  • Dampak polusi suara yang lainnya adalah kerusakan kemampuan dalam mendengar sesuatu dengan jelas. Bahkan dalam jangka pendek, polusi suara dapat menyebabkan tuli untuk sementara waktu. Tapi jika ini terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, akan ada bahaya lebih lanjut yaitu tuli total.
  • Polusi suara juga mempengaruhi jantung. Intensitas jantung dalam memompa darah akan meningkat ketika terdapat stimulus suara secara konstan. Hal ini dapat mengakibatkan efek samping seperti frekuensi detak jantung yang tinggi, jantung berdebar, sesak napas, bahkan kejang.
  • Polusi suara dapat menyebabkan pelebaran pada murid mata, yang dapat mengganggu kesehatan mata.
  • Kebisingan dapat mencegah anda untuk tidur dengan nyaman. Ini adalah fakta bahwa kebisingan dapat mengganggu tidur malam yang baik, dan ketika hal ini terjadi, kita akan merasa sangat terganggu dan tidak nyaman. Orang yang kurang tidur sering menunjukkan kelelahan ekstrim. Hal ini dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas secara efisien.
  • Dampak buruk polusi suara terhadap lingkungan juga telah diamati bahwa tanaman yang terdapat pada lingkungan yang ramai dapat terpengaruh pertumbuhannya.
>>  Cara Mencegah Pencemaran Tanah

Cara mengatasi polusi suara

Berikut adalah beberapa cara dengan mana kita dapat melakukan upaya untuk mengatasi polusi suara.

  • Menanam pohon adalah cara yang sangat signifikan dimana kebisingan di pinggir jalan dapat dikurangi. Pohon bertindak sebagai peredam untuk menyerap suara yang dihasilkan di jalanan, dan karenanya hal ini akan mengurangi polusi suara. Inilah yang menjadi alasan mengapa jalanan dengan banyak pohon di kedua sisi nampak lebih diam dan damai.
  • Jangan membunyikan klakson pada kendaraan anda kecuali jika benar-benar diperlukan. Membunyikan klakson untuk hal tidak penting seperti sewaktu terjebak dalam kemacetan tidak akan memecahkan masalah apapun. Hal ini hanya akan menambah polusi suara.
  • Jika anda bekerja di sebuah pabrik yang yang penuh dengan kebisingan, gunakanlah penutup telinga. Jika anda adalah pemilik pabrik, berikan fasilitas ini kepada para karyawan anda.
  • Tape musik dan televisi dengan volume tinggi dapat menyebabkan polusi suara di dalam rumah. Oleh karena itu pakailah peralatan ini dengan volume pada tingkat yang moderat.

Secara keseluruhan, kebisingan menjadi suara yang tidak diinginkan dan secara alami merupakan gangguan bagi telinga. Dampak kebisingan pada kesehatan mental dan fisiologis pada manusia dan hewan tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu, mengambil tindakan pencegahan sangatlah perlu untuk mengurangi polusi suara.

 
  Incoming Keywords: dampak pencemaran suara, polusi suara, akibat pencemaran suara, dampak negatif polusi suara, Dampak dan cara penanggulangan pencemaran suara, dampak polusi suara, bagaimana cara mengatasi polusi suara, akibat polusi suara, cara menanggulangi pencemaran suara, dampak negatif pencemaran suara

Comments are closed.