Dampak Sampah Plastik Terhadap Lautan

dampak sampah plastik pada lautan

Dampak sampah plastik terhadap lautan menimbulkan hal negatif yang sungguh parah. Plastik merupakan bahan yang sangat berbahaya sehubungan dengan dampaknya yang buruk pada lingkungan. Plastik tidak dapat terurai dengan mudah dan dengan membuangnya dalam jumlah besar dapat menjadikan adanya penimbunan sampah plastik.

Sebuah keseimbangan akan sangat diperlukan diantara hewan, tumbuhan, dan habitat untuk memelihara kelestarian lingkungan. Dalam hal ini, manusia merupakan penyebab sekaligus perusak lingkungan. Setiap langkah yang dibuat manusia untuk maju dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kesehatan, lingkungan, terkadang dapat menimbulkan efek negatif yang mematikan. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari tentang dampak dari sampah plastik terhadap lautan dengan pandangan yang lebih mendalam.

Dampak sampah plastik terhadap lautan

Plastik menjadi bahan yang murah dan cepat untuk diproduksi. Daya tahan dan kegunaannya dalam berbagai keperluan membuat plastik menjadi bahan yang dibutuhkan. Akan tetapi daya tahan plastik tersebut adalah apa yang membuat plastik menjadi sangat berbahaya bagi lingkungan.

Senyawa kimia plastik membuatnya sangat tahan terhadap berbagai kekuatan alam. Sebuah kantong plastik dapat tetap berwujud untuk setidaknya 10-15 tahun atau bahkan lebih lama. Ketika plastik dibuang ke laut, ini dapat tenggelam ke dasar lautan namun tetap di dasar samudra selama ribuan tahun. Itu baru satu plastik, dapat dibayangkan jika seluruh muatan kapal penuh dengan sampah plastik dibuang ke dasar laut. Perlu diperhatikan bahwa produk plastik dapat tenggelam, hanya jika terdapat tambahan berat atau massa.

Sampah plastik yang mengambang di permukaan laut dapat mengelabui burung camar atau elang. Burung-burung ini akan beranggapan bahwa plastik tersebut merupakan makanan. Jika termakan oleh burung, plastik secara perlahan akan meracuni burung dari dalam. Bagaimanakah potongan-potongan plastik kecil yang seperti tutup botol? Potongan plastik ini terlihat seperti telur ikan atau ikan kecil. Puing-puing tersebut juga akan digunakan untuk membangun sarang, bahkan dijadikan pakan oleh burung.

>>  Fakta Pencemaran Sampah Kantong Plastik

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai efek berbahaya yang berbeda dari sampah plastik pada kehidupan laut:

  1. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Belanda pada kehidupan laut melaporkan bahwa populasi burung camar telah menelan begitu banyak plastik, yang rata-rata 30 buah plastik dapat ditemukan di dalam perut dalam satu burung camar.
  2. Albatrosses adalah burung laut lainnya yang rentan terhadap polusi plastik. Menurut beberapa laporan, anak burung tersebut mati setelah diberi makan plastik oleh induknya.
  3. Plastik telah ditemukan di hampir setiap tingkat rantai makanan laut. Tidak ada hewan yang aman untuk konsumsi. Di beberapa lautan seperti Pasifik, massa plastik melebihi populasi plankton di air.

Diperkirakan 100 juta metrik ton plastik yang tersebar dalam lautan bumi. Efek dari sampah plastik pada kehidupan laut memang begitu parah. Spesies lautan perlahan-lahan akan menjadi terancam dan kemudian punah. Untuk menjaga kebersihan laut kita, cobalah mengganti plastik dengan kertas atau produk daur ulang.

 
  Incoming Keywords: dampak pencemaran sampah plastik di laut, akibat sampah yang ada di laut

Comments are closed.