Penyebab Gigi Berwarna Kuning

Penyebab Gigi Berwarna KuningKurangnya kebersihan dan perawatan gigi adalah salah satu penyebab perubahan pada warna gigi. Dalam artikel tentang kesehatan ini akan dijelaskan penyebab gigi kuning secara rinci.

Gigi putih dan bersih merupakan barang yang sangat langka. Pada saat ini, model dan aktor maupun aktris, bahkan masyarakat umum secara teratur memilih untuk melakukan pemutihan gigi. Warna gigi yang sedikit kekuningan dan tidak putih bersih bervariasi dari orang ke orang. Penyebab gigi kuning dapat disebabkan oleh faktor-faktor eksternal dan internal. Dengan perawatan yang tepat dan selalu menjaga kebersihan, anda dapat mempertahankan warna asli gigi.

Penyebab gigi berwarna kuning

Tingkat kebersihan yang kurang
Kurangnya tingkat kebersihan gigi atau kurangnya perawatan gigi yang tepat adalah penyebab kondisi gigi menjadi berwarna kuning. Banyak anak-anak dan orang dewasa menggosok gigi mereka di pagi hari, tetapi mereka tidak menyikat gigi sebelum tidur. Flossing setelah makan, menyikat gigi minimal dua kali sehari adalah sangat penting jika anda ingin mempertahankan supaya warna gigi tetap putih. Flossing dan menyikat gigi diperlukan untuk menghilangkan plak atau noda. Kebersihan juga membantu dalam menghindari bau mulut dan kerusakan gigi.

Genetik
Jika gigi anda telah berwarna kuning sejak dari anak-anak, maka alasan ini dapat disebabkan karena faktor genetik. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui cara-cara alami untuk memutihkan gigi. Dokter gigi juga akan memberikan informasi tentang cara memutihkan gigi di rumah. Faktor genetik yang menyebabkan struktur gigi yang lemah sejak lahir juga dapat menjadi faktor penyebab gigi berwarna kuning.

Makanan dan minuman
Mengkonsumsi terlalu banyak minuman soda dapat mengikis enamel gigi anda. Demikian pula dengan mengkonsumsi gula yang berlebihan seperti kue, coklat, jus manis, dan minuman ringan, juga dapat mengikis lapisan luar gigi, dan gigi anda dapat menjadi kuning. Penyebab gigi kuning lainnya adalah kafein. Mereka yang sering minum teh atau kopi cenderung memiliki gigi berwarna kuning. Menghindari makanan dan minuman tersebut pasti dapat menghambat perjalanan anda ke dokter gigi untuk prosedur pemutihan gigi.

Penyakit
Kondisi ini dapat disebabkan oleh penyakit yang mempengaruhi enamel dan dentin. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Terkadang, pengobatan seperti kemoterapi dan terapi radiasi dapat membuat gigi menjadi kuning. Infeksi tertentu selama kehamilan juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi pada bayi dan mempengaruhi perkembangan enamel.

>>  Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Kawat gigi
Orang-orang yang sedang menjalani perawatan kawat gigi, mereka harus tiga kali lipat melakukan pemeliharaan rutin untuk memastikan kesehatan optimal pada gigi mereka. Kesehatan gigi yang buruk dapat membuat warna kekuningan pada gigi. Setelah proses perawatan kawat gigi, dokter gigi biasanya merekomendasikan perawatan pemutihan gigi.

Alkohol dan tembakau
Nikotin dalam rokok menyebabkan perubahan warna gigi menjadi kekuningan. Gigi yang berwarna kuning dapat disebabkan karena merokok, setelah itu bahkan gigi dapat berubah warna menjadi kehitaman.

Trauma
Trauma atau kecelakaan seperti jatuh dapat merusak bagian-bagian internal pada gigi. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi yang terkena. Kerusakan gigi juga dapat menyebabkan kekuningan atau warna kehitaman.

Penuaan
Ini sama halnya seperti rambut yang berubah warna. Gigi anda juga mungkin berubah warna menjadi kekuningan, sebagai efek dari penuaan. Kehilangan warna natural dan noda pada gigi, hal ini sangat umum terjadi pada orang tua.

Obat-obatan
Obat antibiotik tertentu atau obat lainnya juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi menjadi kuning. Penggunaan obat yang berlebihan harus selalu dihindari.

Anda dapat menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan gigi anda menjadi berwarna kuning. Selain itu anda juga dapat belajar menyikat gigi yang tepat dan teknik flossing yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan gigi. Segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi jika anda merasa bahwa warna gigi anda berubah.

 
  Incoming Keywords: penyebab gigi kuning, drah penyebab gigi kuning, gigi kuning dari kecil, gigi kuning disebabkan kurangnya vitamin, gigi menguning, kelainan gigi kuning, merawat gigi permanen berwarna kuning pada anak, Obat gigi berwarna orange

,

Comments are closed.