Penyebab & Cara Menghilangkan Noda Hitam pada Gigi

Gigi hitam dapat membuahkan hal yang tidak menyenangkan dan tidak akan sedap untuk dipandang. Banyak sekali hal yang dapat menjadi penyebab gigi hitam. Dalam artikel berikut ini, kita akan membahas apa sajakah yang menyebabkan gigi hitam dan cara menghilangkan noda hitam pada gigi.

Senyum yang ceria menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun tidak semua dari kita mampu untuk menjaga gigi kita tetap putih bersih selamanya. Jika gigi hitam tidak diatasi, maka hal yang terburuk adalah kita akan mendapati gigi kita hitam bagaikan batubara. Beberapa orang mempunyai gigi dengan noda hitam karena berbagai alasan. Apakah yang menyebabkan gigi menjadi hitam dan bagaimana cara untuk mengatasi noda hitam pada gigi tersebut?

Penyebab gigi menghitam

Kesehatan gigi yang buruk
Salah satu penyebab gigi menghitam yang telah umum adalah dikarenakan kebersihan mulut yang buruk. Di era modern yang serba cepat saat ini, menjaga kesehatan dan kebersihan gigi haruslah diperhatikan. Oleh karena itu, orang yang tidak rajin menyikat giginya dengan teratur dan tidak pernah mengunjungi dokter gigi seringkali terkena sakit gigi. Ketika kita tidak menjaga kebersihan mulut kita, maka gigi kita cenderung mengalami penumpukan plak dan kalkulus. Dengan meminum minuman berwarna seperti kopi, hal ini secara perlahan membuat gigi menjadi hitam dan berubah warna. Mengobati kondisi ini sangatlah sederhana, yaitu dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari dan mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Karies
Penyebab gigi hitam yang kedua adalah karies gigi. Karies gigi tidak lain merupakan kerusakan gigi. Ketika seseorang tidak menyikat giginya dengan teratur, maka bakteri cenderung masuk ke celah-celah gigi atau pada permukaan gigi. Pada mulanya akan terjadi perubahan warna gigi menjadi agak kecoklatan. Secara perlahan, struktur gigi mengalami demineral, dan karies menyebabkan gigi hitam. Jika karies tidak diatasi, maka dapat berkembang menjadi dentin dan pulpa, yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Jika karies belum mencapai pulpa, maka dengan prosedur tertentu, kerusakan gigi dapat diobati. Namun, jika karies sudah mencapai pulpa dan menyebabkan rasa sakit dan sensitivitas, maka diperlukan perawatan saluran akar, atau yang lebih buruk lagi adalah dengan pencabutan gigi.

Kebiasaan buruk
Banyak sekali kebiasaan seseorang yang menyebabkan noda hitam pada gigi. Merokok adalah penyebab noda hitam pada gigi yang lebh sering. Merokok dapat menyebabkan gigi berubah warna, terutama gigi depan. Bahkan mengunyah tembakau dapat menyebabkan gigi kecoklatan bahkan hitam. Ini adalah kebiasaan buruk yang tidak hanya mengarah pada estetika gigi, tetapi juga menyebabkan efek yang lebih buruk pada kesehatan gigi. Merokok dan mengunyah tembakau juga dapat menyebabkan kanker mulut. Oleh karena itu, yang terbaik adalah dengan berhenti dari kebiasaan buruk dan mengunjungi dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi lebih lanjut.

>>  Makanan Sehat untuk Gigi dan Gusi

Menghilangkan noda hitam pada gigi

  1. Pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasari perubahan warna gigi. Jika noda hitam terjadi karena disebabkan dari unsur luar seperti merokok, maka satu-satunya pilihan pengobatan adalah dengan membersihkan gigi. Pembersihan akan menghilangkan noda hitam yang terdapat pada permukaan gigi.
  2. Untuk menghilangkan noda hitam yang membandel pada gigi, maka akan digunakan prosedur kosmetik kedokteran gigi. Pada prosedur ini, terdapat pilihan seperti pemutihan gigi. Dalam pemutihan gigi, akan dilakukan penghapusan noda.
  3. Metode whitening dapat meliputi penggunaan pengobatan di rumah. Meskipun efektivitas dari metode ini diragukan, sebagian besar dokter gigi menyarankan hal ini.
  4. Cara terbaik dan bebas resiko adalah dengan makan makanan sehat, yaitu dengan memasukkan stroberi, kismis, dan buah-buahan dalam menu makan anda.

Gigi berwarna hitam tidak hanya berpengaruh pada estetika tetapi juga pada kesehatan gigi. Kunjugilah dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk perawatan gigi sehat anda.

 
  Incoming Keywords: cara menghilangkan warna hitam pada gigi, cara menghilangkan gigi hitam, cara menghilangkan gigi yang hitam, cara mengakat noda di gigi, cara memutihkan gigi yang hitam, cara memutihkan gigi geraham yg hitam, cara membersihkan gigi yang menghitam, Cara membersi kan gigi yang rusak dari flek, apakah kopi bisa membuat gigi hitam?, warna gigi hitam sampai dewasa

,

Comments are closed.