Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Sewaktu bangun tidur di pagi hari, kebanyakan anak-anak enggan untuk menyikat gigi mereka. Orang tua benar-benar harus berusaha banyak untuk membuat anak-anak mereka menyikat giginya. Yang menjadi pembahasan sekarang, bagaimana cara memilih sikat gigi yang baik untuk anak-anak? Artikel berikut akan memberikan cara yang benar untuk memilih sikat gigi yang tepat untuk anak-anak.

Untuk menjaga kesehatan gigi, kita perlu menyikat gigi setiap hari. Jika hal ini tidak pernah dilakukan maka dapat menyebabkan beberapa masalah mulut. Tidak seperti orang dewasa, anak-anak tidak memahami hal ini sebagai suatu kebutuhan, disamping mereka juga tidak tahu bagaimana cara merawat gigi mereka. Hal ini semata-mata menjadi tanggung jawab orang tua untuk mendorong anak-anak sampai mereka belajar untuk melakukannya sendiri. Biasanya, gigi bayi akan tanggal sekitar usia 7-8 tahun. Sampai saat itu gigi membantu anak untuk berbicara, makan, bahkan tersenyum. Menurut para ahli gigi, setiap tahap pada masa kanak-kanak harus dimulai dengan memilih sikat gigi yang tepat. Alinea berikut akan memberitahukan berbagai cara untuk memilih sikat gigi yang baik dan benar untuk anak.

Memilih sikat gigi yang benar untuk anak

Sikat gigi untuk anak harus memiliki pegangan memanjang yang akan membantu anak untuk memegangnya dan bergerak dengan nyaman. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan saat memilih sikat gigi yang baik untuk anak:

  • Sikat gigi harus memiliki bulu-bulu yang lembut karena gigi dan gusi anak setips memilih sikat gigi yang baik benar untuk anakdang berada dalam masa pertumbuhan. Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras hanya akan menyebabkan rasa sakit dan kadang-kadang juga akan menyebabkan gusi berdarah. Anda juga perlu memastikan bahwa bulu sikat gigi tersebut kecil, sehingga dapat membantu memijat gigi dan gusi anak anda.
  • Sikat gigi harus memiliki kepala bulat agar tidak menyakiti gigi serta pipi dari dalam. Kepala sikat gigi yang ideal harus sesuai dengan ukuran mulut anak sehingga dengan mudah dapat masuk ke dalam mulut.
  • Bentuk pegangan sikat gigi harus memungkinkan anak untuk dapat dengan mudah memegangnya. Ada berbagai sikat gigi yang memiliki bentuk-bentuk yang berbeda dan menarik. Anda juga dapat mencoba untuk memilih sikat gigi yang memiliki gambar kartun favorit anak. Selain itu, anda juga dapat membeli sikat gigi yang memiliki lampu berkedip selama satu menit atau lebih, yang akan membuat anak anda lebih merasa senang untuk menyikat giginya. Untuk balita, carilah sikat gigi dengan pegangan panjang yang akan memungkinkan anda untuk lebih mudah dalam menyikat gigi anak.
>>  Manfaat Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Saat ini, ada berbagai sikat gigi yang tersedia di apotek. Ada juga beberapa situs yang mengiklankan sikat gigi terbaik untuk anak-anak. Menariknya, bersamaan dengan sikat gigi biasa, tersedia juga sikat gigi elektrik. Pada umumnya, usia terbaik bagi anak anda dalam memulai untuk menggunakan sikat gigi elektrik adalah 8 tahun. Hal ini dikarenakan pada saat ini anak-anak dapat menangani sesuatu hal dengan lebih mandiri. Meski begitu, hal ini sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum memilih sikat gigi elektrik.

Demikian tips memilih sikat gigi yang baik untuk anak. Semoga artikel ini dapat memandu anda untuk memilih sikat gigi yang benar untuk anak anda. Perlu diketahui, tugas anda sebagai orang tua tidak hanya memilih sikat gigi yang tepat untuk anak, tetapi sikat gigi juga perlu diganti setiap bulan atau dua bulan sekali.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Halitosis: Nafas Bau pada Anak

    […] Menyikat gigi sangatlah penting. Pastikan mengikuti metode yang tepat dan teknik yang benar dalam menyikat gigi. […]