Nafas Bau pada Anak

Nafas bau pada anak atau halitosis dapat terjadi karena beberapa penyebab. Hal ini terbukti menjadi kondisi dimana seseorang mulai canggung untuk bergaul. Nafas bau dapat dialami oleh semua orang dan tidak mengenal usia. Pada artikel ini, kita akan melihat lebih lanjut mengapa halitosis juga dapat terjadi pada anak-anak dan cara yang terbaik untuk dapat menghilangkan nafas bau pada anak tersebut.

Penyebab nafas bau

Ada tiga alasan utama yang dapat menyebabkan halitosis pada orang dewasa maupun anak-anak, yakni karena masalah oral, non oral, dan psikologis.

Mulut kering
Orang seringkali tidak menyadari hal ini, tetapi mulut kering dapat menyebabkan nafas bau. Perhatikan bagaimana pada saat anda duduk untuk waktu yang lama tanpa berbicara atau minum sesuatu, nafas anda akan menjadi bau. Apakah yang menyebabkan mulut kering? Tidak berbicara selama berjam-jam membuat air liur tidak bergerak dan produksi air liur tidak terjadi. Begitu juga jika seseorang bernafas melalui mulut, bukan hidung, maka akan mengarah pada pengeringan air liur dengan lebih cepat. Penyebab lain dapat termasuk dehidrasi, kemoterapi, asupan obat-obatan tertentu, dan penyakit kelenjar ludah.

Gigi
Sejumlah mikroorganisme dan bakteri mendiami mulut, dan ketika terdapat celah atau rongga pada gigi, bakteri juga akan menuju ke sana. Ketika gigi tidak dibersihkan dengan baik, partikel sisa makanan akan menempel di celah-celah gigi. Hal ini menyebabkan pembusukan makanan. Ditambah lagi tempat yang sulit dijangkau untuk dibersihkan, hal ini dapat menyebabkan nafas menjadi bau.

Kanker gusi dan lidah
Halitosis pada anak-anak juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan dan lapisan bakteri yang berkembang di belakang lidah. Hal ini sering sekali menyebabkan nafas bau. Selain itu hal ini juga dapat terjadi jika ada penyakit seperti penyakit gusi. Kemoterapi atau obat yang dikonsumsi setelah mengalami kanker mulut dapat menyebabkan nafas bau juga.

Ada beberapa penyebab non oral yang dapat menjaid alasan nafas bau pada anak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Gagal hati dapat menyebabkan nafas bau kronis pada anak-anak.
  2. Tetes hidung dapat menyebabkan produksi bakteri yang berkembang pada dahak dan cairan lain yang lari ke bawah tenggorokan dan daerah lainnya selama infeksi. Bakteri ini akan selalu menyebabkan nafas bau.
  3. Gagal ginjal menyebabkan kondisi kesehatan yang disebut dengan uremia yang mengembangkan bau amonia dalam nafas. Amonia memiliki bau yang cukup kuat sehingga menimbulkan nafas dengan bau yang tajam.
  4. Masalah kesehatan seperti diabetes juga dapat menyebabkan nafas bau.
  5. Perut merupakan organ yang paling vital dalam pencernaan. Jika ada masalah pada pencernaan, maka efeknya akan dirasakan oleh seluruh tubuh. Selain gejala dari sembelit, diare atau perut kembung, akan menyebabkan munculnya jerawat muncul dan nafas bau.
  6. Jenis obat tertentu juga mengarah pada pengembangan dari nafas bau. Obat-obatan ini termasuk antipsikotik, antidepresan, bronkodilator, antihistamin, dan antispasmodik.
>>  Manfaat Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Selain penyebab nafas bau karena alasan oral dan non oral, ada juga penyebab nafas bau karena alasan psikologis yang dapat menyebabkan halitosis. Ini termasuk fobia atau ketakutan. Cara mengatasi masalah ini adalah berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan bimbingan konseling yang tepat.

Tips menghilangkan nafas bau

Berikut adalah beberapa metode pengobatan yang harus anda lakukan untuk mendorong anak anda untuk menghilangkan nafas bau:

  1. Menyikat gigi sangatlah penting. Pastikan mengikuti metode yang tepat dan teknik yang benar dalam menyikat gigi.
  2. Pembilasan dan flossing setiap habis makan adalah suatu keharusan.
  3. Minum banyak cairan akan menyebabkan hidrasi dan akan mencegah mulut kering.
  4. Mencari solusi untuk kesehatan pencernaan.
  5. Jika terdapat masalah kesehatan yang mendasarinya, maka pastikan bahwa anda mencari penyebabnya.
  6. Makan makanan yang terdiri dari serat. Hal ini akan membantu merangsang air liur dan mencegah mulut dari kekeringan.

Nafas bau tidak hanya dapat dialami pada orang dewasa tetapi juga pada anak-anak. Jadi pastikan anda untuk mengambil perawatan dan pengobatan yang tepat.

 
  Incoming Keywords: nafas bau pada anak, penyebab bau mulut pada anak, nafas bau, nafas bau pada balita, bau mulut pada balira biasanya disebabkan oleh apa ? adakah obatnya, bau tidak busuk keluar dari mulut nafas anak anak, knp nafas anak bau, sebab anak bau mulut, mengapa nafas balita berbau tidak sedap, mulut bayi bau mulut orang gede

,

Comments are closed.