Manfaat Berkumur dengan Obat Kumur

Kebersihan mulut tidak hanya dicukupi dengan menyikat gigi atau membersihkan gusi dan lidah. Kesehatan gigi juga termasuk berkumur dengan obat kumur. Dalam artikel berikut ini kita akan membahas tentang manfaat obat kumur.

manfaat obat kumur

Perawatan mulut adalah salah satu rutinitas yang paling penting dan upaya yang harus anda jalani untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Memiliki mulut yang bersih dan sehat, bukanlah sesuatu yang sangat sulit. Akan tetapi kita sering mengabaikannya sehingga kita menderita penyakit mulut yang parah seperti radang gusi, nyeri, dan pendarahan pada gusi.

Kebersihan mulut dapat membawa anda menjadi sukses di tempat kerja, dalam situasi romantis atau acara sosial. Gigi adalah satu di antara hal-hal yang pertama kali dilihat pada penampilan fisik anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, kesehatan gigi dan kebersihan mulut harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang memakai merek terbaik dari sikat gigi, pasta gigi, bahkan flossing dan membersihkan lidah. Meski demikian, mereka tetap saja mengalami masalah gigi seperti penyakit gusi dan plak. Sikat gigi dan pasta gigi dibatasi untuk membersihkan gigi, sedangkan gusi tidak. Namun, ada produk yang dapat membantu mengatasi masalah gigi dengan efektif, tanpa melalui penggunaan yang rumit. Obat kumur adalah produk yang tidak hanya akan meningkatkan kebersihan mulut, akan tetapi juga digunakan sebagai obat sederhana untuk mengatasi infeksi mulut. Di bawah ini adalah beberapa manfaat obat kumur:

>>  Manfaat Nutrisi Buah Nanas Obat Bau Mulut

Manfaat obat kumur



Mengatasi bau mulut
Pada umumnya obat kumur mengandung metil salisilat dan chlorhexidine glukonat. Bahan-bahan ini melawan bakteri yang berada dalam mulut, yang menjadi penyebab bau mulut. Cara yang lebih mudah untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan memakai obat kumur. Yang harus anda lakukan adalah dengan berkumur dengan obat kumur. Ini tidak hanya menghilangkan bau mulut, tetapi juga melepaskan makanan yang terjebak di sela-sela gigi. Obat kumur tersedia dengan berbagai rasa yang menyegarkan seperti mint, mentol, buah dan sebagainya.

Obat antiseptik
Bila anda menderita penyakit gusi atau gigi anda baru saja dicabut, menyikat gigi dapat memperburuk luka pada mulut anda. Oleh karena itu, sebagian besar dokter gigi menyarankan penggunaan obat kumur untuk menjaga kebersihan mulut. Bahan kandungan seperti cetylpyridinium chloride atau chlorhexidine glukonat dan hidrogen peroksida dalam obat kumur mampu untuk mencegah plak dan menghambat bakteri yang menyebabkan gingivitis dan penyakit gusi lainnya.

Melindungi gigi berlubang
Obat kumur mengandung sejumlah fluoride yang dapat mencegah kerusakan gigi. Namun, terlalu banyak fluoride juga dapat membuat gigi anda rapuh dan dapat diserap oleh email gigi. Untuk mencegah hal ini, pastikan anda mengencerkan dahulu obat kumur fluoride ke dalam air sebelum anda menggunakannya. Menyikat gigi dan flossing harus tetap dilakukan bersamaan dengan pemakaian obat kumur.

Mengatasi mulut kering
Banyak orang cenderung mengalami masalah mulut kering. Mulut kering dapat menyebabkan infeksi mulut dan menyebabkan gigi berlubang. Obat kumur mengandung karboksimetil selulosa hidroksietil yang dapat merangsang produksi air liur secara alami, sehingga membantu dalam mengatasi mulut kering.

Menggunakan obat kumur adalah kebiasaan positif dalam menjaga kebersihan mulut. Menyikat gigi dua kali sehari, flossing sekali sehari, dan menggunakan obat kumur dapat mencegah masalah gigi dan mulut. Demikianlah manfaat obat kumur, semoga pengetahuan dalam artikel ini dapat memberikan wawasan yang berguna.

,

Comments are closed.