Fakta Kehidupan Hewan Monyet

M onyet adalah mamalia dari urutan primata. Hewan ini dikategorikan ke dalam monyet dunia baru dan monyet dunia lama. Yang terakhir adalah monyet yang ditemukan di kawasan Asia dan Afrika. Mereka termasuk dalam clade Catarrhini yang berarti hidung sempit. Sedangkan monyet dunia baru adalah monyet yang ditemukan di kawasan Amerika Tengah dan Selatan. Ini termasuk dalam infraorder Platyrrhini yang berarti hidung datar.

Monyet membentuk kelompok paraphyletic yang terdiri dari sejumlah besar mamalia. Terdapat 264 spesies yang memiliki karakteristik yang bervariasi. Monyet berbeda dengan kera atau prosimians (primata primitif yang mempunyai mata dan telinga yang lebar dan biasanya mempunyai kebiasaan nokturnal). Satu-satunya hal yang membuat mudah untuk membedakan kera dan monyet adalah bahwa monyet mempunyai ekor yang panjang dan juga dengan ukuran tubuh yang lebih kecil. Ini adalah fitur karakteristik yang membedakan monyet dari kera.

Karakteristik monyet

  • Monyet adalah hewan sosial dan mereka hidup berkelompok.
  • Habitat monyet meliputi padang rumput, hutan, pegunungan dan dataran tinggi.
  • Daftar menu makan monyet bervariasi dan sebagian besar vegetarian, termasuk buah-buahan, dedaunan, biji dan kacang-kacangan, bunga, serta telur. Mereka juga terkadang memakan hewan-hewan kecil.
  • Monyet memiliki tatanan sosial yang sangat terorganisir dengan hirarki yang ketat.

Fakta tentang monyet


  • Monyet terkecil di dunia tidak tumbuh lebih dari 5-6 inci. Spesies ini dikenal dengan marmoset kerdil.
  • Monyet tidak pernah makan pisang tanpa mengupas kulitnya.
  • Monyet dari dunia lama mempunyai 32 gigi, sementara itu monyet dari dunia baru mempunyai 28 gigi.
  • Jika anda dapat mendengar suara monyet dari jarak 3 km atau lebih, maka ketahuilah bahwa itu adalah monyet howler. Spesies ini terkenal sebagai hewan paling keras di darat, dan monyet yang terbesar dari monyet dunia baru. Monyet ini juga mempunyai indra penciuman yang tajam karena mampu mencium aroma sejauh 1,5 kilometer.fakta monyet
  • Sebagian besar dari monyet dapat berkembang biak setiap saat sepanjang tahun.
  • Monyet adalah perenang yang baik, tetapi suka menghindari daerah yang basah.
  • Beberapa agama seperti Hindu dan Budha menganggap monyet menjadi entitas ilahi atau reinkarnasi dewa.
  • Monyet capuchin adalah monyet yang paling cerdas dan dapat dilatih.
  • Monyet telah dikenal karena sifat agresifnya. Mereka hewan yang mudah marah dan suka menyerang.
  • Monyet memakan kotoran dan tanah ketika mereka tidak menemukan makanan.
>>  Binatang Koala Mirip Hewan Beruang

Habitat monyet terdapat di seluruh Asia, Afrika, dan Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Spesies ini jarang terlihat di alam liar seperti di Australia, Amerika Utara dan Antartika. Mamalia ini menunjukkan preferensi yang berbeda untuk hutan hujan tropis. Beberapa diantaranya juga terlihat di daerah pegunungan dan padang rumput. Tergantung pada daerah habitat alami mereka, monyet hidup di pohon atau di tanah. Dalam ekologi hutan hujan, spesies memainkan peran yang sangat penting dalam penyebaran benih. Kebanyakan monyet menghindari lahan basah, meski begitu monyet adalah perenang yang baik. Manusia adalah ancaman terbesar bagi spesies ini. Perambahan di sepanjang pinggiran hutan, penebangan pohon sembarangan dan berburu mamalia untuk diambil dagingnya selalu ada.

Monyet adalah hewan yang sangat cerdas dan mudah beradaptasi. Kehadiran monyet dan berbagai hewan lainnya di bumi adalah contoh keanekaragaman alam. Hal ini tidak dianjurkan untuk menjadikan monyet sebagai hewan peliharaan. Mereka adalah hewan sosial dan lebih memilih untuk hidup dalam kelompok. Oleh karena itu, yang terbaik adalah dengan membiarkannya hidup di habitat alami mereka.

 
  Incoming Keywords: kelemahan monyet, kebiasaan monyet, spesies monyet makan rumput, kebiadaan monyet, karakter monyet, fakta tentang monyet, daur hidup monyet, ciri sifat atau fakta tentang monyet, cara memilih monyet, apakah monyet makan rumput

, ,

Comments are closed.