Manfaat Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

manfaat dan cara membersihkan gigi benang

F lossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi bertujuan untuk mencegah terbentuknya gigi berlubang dan kerusakan pada gigi. Selain membersihkan gigi dengan menyikat, membersihkan gigi dengan benang termasuk hal yang penting untuk kesehatan gigi keseluruhan.

Jika anda menganggap bahwa dengan menyikat gigi setiap hari sudah cukup untuk menjaga kesehatan gigi, maka sudah saatnya anda mengetahi fakta yang sebenarnya. Praktek membersihkan gigi dengan benang adalah sama pentingnya dengan menyikat untuk menjaga gigi tetap sehat. Beberapa menit membersihkan gigi dengan benang setiap habis makan akan memastikan kesehatan gigi yang optimal untuk seumur hidup. Hal ini tentu akan membantu mengurangi jumlah kunjungan anda ke dokter gigi, selain itu juga memungkinkan anda untuk menghemat uang dari perawatan gigi yang mahal. Membersihkan gigi dengan benang adalah sama pentingnya dengan membersihkan lidah dengan menyikat gigi.

Membersihkan gigi dengan benang

Mencegah gigi berlubang
Sisa-sisa makanan yang terjebak di antara celah-celah gigi setelah makan tidak dapat lepas dengan hanya dengan menyikat gigi dua kali sehari. Sikat gigi hanya efektif dalam membersihkan setiap sudut mulut. Partikel makanan yang terjebak tersebut menjadi tempat untuk bakteri dalam berkembang biak yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada gigi dan membentuk rongga. Semua ini dapat dengan mudah dihindari dengan membersihkan gigi memakai benang setiap hari. Membersihkan gigi dengan benang dapat mencapai daerah-daerah gigi yang tidak dapat diakses dengan menyikat gigi.

Mencegah terbentuknya karang gigi
Karang gigi terutama dapat menyebabkan penyakit gusi, termasuk gingivitis dan periodontitis. Namun, hal ini tidak dapat terjadi jika anda membersihkan gigi dengan benang setiap hari. Puing-puing sisa makanan menjadi lengket dan menjadi plak gigi. Ketika dibiarkan, plak ini mengeras dan membentuk seperti batu yang dikenal dengan karang gigi. Jika tidak diobati, plak yang mengeras ini dapat juga merusak gusi. Kabar baiknya adalah plak yang selalu bisa dihilangkan dengan cara membersihkan gigi dengan benang. Membersihkan gigi dengan benang setiap hari dapat membantu mencegah penumpukan plak, sehingga melindungi kesehatan gusi.

Menghilangkan bau mulut
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, partikel makanan yang menetap pada gigi menyebabkan proliferasi bakteri gigi, yang merupakan penyebab bau mulut nomor satu. Nafas bau yang berasal dari mulut disebabkan oleh sekresi yang berbau busuk dari senyawa sulfur oleh bakteri gigi. Membersihkan gigi dengan benang setiap hari dapat menghentikan perkembangan bakteri dan menghilangkan bau mulut.

Mencegah gigi berubah warna
Noda pada gigi seringkali merupakan tanda jika gigi tidak pernah dibersihkan dengan benang. Perubahan warna pada gigi yang membuat warna gigi kuning seringkali terjadi pada orang yang mengabaikan kebersihan gigi. Tidak membersihkan gigi dengan benang sering disertai dengan penumpukan plak. Plak pada gigi ini tidak hanya terakumulasi di antara gigi, tetapi juga pada permukaan gigi. Dengan demikian, pembentukan plak gigi menghilangkan warna putih gigi anda.

>>  Manfaat Berkumur dengan Obat Kumur

Tips

  • Anda perlu membersihkan gigi dengan benang setelah sarapan pagi, makan siang, dan makan malam ataupun setelah makan makanan kecil. Anda memerlukan benang gigi setelah setiap makan. Namun, jika hal ini membuat anda kerepotan, maka bersihkanlah gigi dengan benang minimal sekali sehari sebelum tidur.
  • Untuk pembersihan yang optimal, anda perlu mengetahui cara membersihkan gigi dengan benang gigi secara tepat. Membersihkan gigi dengan benang gigi secara buru-buru dapat merusak gusi dan menyebabkan gusi berdarah. Membersihkan gigi dengan benang dengan cara yang salah justru dapat menyebabkan gusi bengkak. Selain itu, membersihkan gigi dengan benang terlalu sering juga dapat menyebabkan perdarahan. Maka itu konsultasikan dengan dokter gigi atau seseorang yang selalu membersihkan gigi dengan benang, sebelum anda menggunakan perawatan ini ke dalam rutinitas perawatan gigi.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan penyakit gusi beresiko lebih besar terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung dan paru-paru. Patogen yang memicu penyakit gusi dapat mencapai jantung, yang pada akhirnya akan menginfeksi. Hipotesis lainnya adalah bahwa bakteri dari mulut menyebar dan masuk ke aliran darah. Bakteri yang beredar dalam aliran darah juga dapat menyebabkan penyumbatan arteri, yang menyebabkan penyakit jantung. Ada juga spekulasi bahwa bakteri yang berada dalam mulut dapat turun ke bawah dan mempengaruhi sistem pernafasan. Maka itu, orang yang terkena penyakit gusi dapat menderita infeksi paru-paru. Meskipun tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung teori ini, namun terdengar cukup masuk akal dan membuat kita menyadari manfaat membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari.

Menyikat dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang setidaknya sekali sehari adalah penting untuk menjaga kesehatan gigi. Setiap kali setelah anda makan sesuatu, bersihkanlah mulut anda untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

 
  Incoming Keywords: benang gigi

Comments are closed.