nav 2

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tak Sedap

Apakah anda mengalami masalah bau ketiak karena keringat? Jika benar maka anda harus mengetahui penyebab ketiak bau serta cara menghilangkan bau ketiak. Artikel berikut ini akan memberikan wawasan yang memadai tentang penyebab dan tips mengatasi masalah ketiak bau tak sedap.

Bau ketiak yang terjadi dikarenakan oleh adanya campur tangan bakteri penyebab ketiak bau. Kebanyakan orang mengalami bau di ketiak sewaktu cuaca sedang panas. Namun, beberapa orang memiliki bau badan yang parah, yang dapat membuat stres dan menjadi masalah yang memalukan. Kehidupan sosial seseorang dapat terpengaruh karena masalah ini, sebagai contoh: orang lain mencoba untuk menghindari berada di dekatnya. Meski begitu, hal ini bukanlah suatu masalah yang tidak bisa disembuhkan, bahkan terdapat beberapa perawatan medis dan pengobatan sederhana yang dapat mencegah serta mengobati masalah ketiak bau ini selamanya.

Penyebab ketiak bau


Sebagian besar dari kita menganggap bahwa ketiak dengan keringat berlebihan dapat menyebabkan bau ketiak tak sedap. Meskipun sebagian fakta ini adalah benar, keringat sebenarnya tidak memiliki bau apapun. Di sisi lain, bau ketiak tak sedap ini disebabkan oleh bakteri yang tumbuh subur ketika tubuh tidak mendacara menghilangkan bau ketiakpatkan oksigen yang cukup. Ketika bakteri ini bercampur dengan keringat, maka memancarkan bau busuk dari ketiak. Dengan kata lain, bau busuk ini merupakan hasil produk limbah yang terakumulasi melalui racun, yang diambil melalui udara yang kita hirup. Bau dari ketiak tersebut juga dapat disebabkan karena asupan makanan dan minuman seperti makanan pedas, bawang putih, alkohol, kopi, dsb. Beberapa penyakit penyebab bau ketiak busuk adalah penyakit liver, menopause, gula darah rendah, disfungsi metabolik, dan termasuk stres.

Cara menghilangkan bau ketiak tak sedap

Cara mengatasi ketiak bau busuk dimulai dari kebersihan tubuh. Hal ini penting bagi orang-orang yang mempunyai masalah ini untuk mandi setidaknya 2 kali dalam sehari, terutama jika cuaca panas. Sewaktu mandi, kita harus menggosok daerah ketiak dengan waslap bersabun secara menyeluruh. Hal ini akan membantu menghilangkan bakteri dari ketiak. Selain itu, sangatlah penting untuk mengenakan pakaian yang sesuai untuk mencegah keringat berlebih. Pakaian yang terbuat dari katun atau sutera lebih dianjurkan daripada pakaian yang terbuat dari polyester atau nilon. Kita harus memakai pakaian yang lebih longgar untuk mencegah berkeringat yang dapat menimbulkan bau tidak enak. Selain itu, perlu adanya beberapa perubahan pada pola makan seseorang. Jika menu makan anda terdiri dari makanan seperti daging, bawang putih, rempah-rempah, cobalah menghilangkannya dari makanan anda.

*  Penyebab Nyeri di Bawah Ketiak

Berikut adalah metode pengobatan yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah ketiak bau :

Deodoran dan antiperspiran

Deodoran dan antiperspiran menjadi metode yang paling sering digunakan untuk mengatasi dan mencegah bau badan. Deodoran membantu dalam melawan bakteri, sedangkan antiperspiran membantu mencegah produksi keringat. Menggunakan produk ini setelah mandi dapat membantu untuk memerangi masalah ketiak bau selama beberapa jam. Meski begitu, ini terbuat dari bahan-bahan kimia, dan karenanya tidak akan cocok untuk semua orang. Beberapa orang mempunyai masalah kulit karena menggunakan deodoran dan antiperspiran. Jika anda menghadapi hal yang sama, maka anda harus mencoba beberapa cara lain untuk menghilangkan ketiak bau tersebut.

Solusi alami
 
Hal terbaik dengan cara alami menghilangkan bau ketiak adalah tidak mempunyai efek samping. Selain itu, anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak uang membeli deodoran dan antiperspiran yang relatif mahal. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda coba sendiri di rumah:

  • Salah satu pengobatan rumah yang paling mujarab adalah dengan memakai bedak cair atau alkohol. Gosokkan bedak cair pada ketiak anda setelah mandi.
  • Cuka menjadi obat yang manjur untuk menghilangkan bau ketiak. Tuang cuka ke dalam mangkuk dan celupkan kapas. Gosokkan kapas pada ketiak anda untuk mencegah bau ketiak sepanjang hari.
  • Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Cara ini tidak hanya akan membantu menyerap keringat, tetapi juga akan membunuh bakteri.


Selain cara-cara di atas tersebut, mencukur ketiak anda secara teratur juga dapat membantu mencegah timbulnya ketiak berbau tak sedap. Meskipun sebagian besar solusi ini sangat mujarab dalam mengatasi ketiak bau, jika anda tidak berhasil atas tindakan pengobatan tersebut, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

, , ,

Comments are closed.