Efek Mencharge Baterai Smartphone Semalam Suntuk

S martphone telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, untuk membantu kita dalam berkomunikasi, megelola rekening bank, dan bertukar informasi. Meski begitu, smartphone hanya dapat berguna selama baterai masih berfungsi dengan baik. Seringkali para pengguna mencharge smartphone mereka pada waktu malam hingga ditinggal tidur. Banyak pengguna smartphone mengatakan bahwa mencharge ponsel mereka semalam suntuk akan dapat merusak baterai dan mengurangi dayanya. Akan tetapi seberapa akuratkah dari pernyataan ini?

Mencharge baterai Li-ion atau Li-Po semalaman

Hingga sekarang ini, sebagian besar smartphone memakai baterai Li-ion. Masing-masing dari baterai tersebut mempunyai usia yang terbatas. Panas dan charging pada tegangan tinggi adalah penyebab utama di balik penurunan Battery, Smartphoneumur baterai tersebut. Tegangan tinggi pada umumya dijauhkan oleh charger yang baik karena mekanisme yang menurunkan tegangan untuk mengaktifkan pengisian baterai tanpa kerusakan. Namun, pengguna harus mengawasi jika telepon menjadi panas.

Mitos bahwa pengisian baterai dari habis ke penuh untuk waktu yang lama bermula ketika handphone menggunakan baterai Ni-Cad. Handphone tua yang menggunakan baterai nikel kadmium akan bekerja lebih baik, tidak seperti Li-ion/ Li-Po. Pada umumnya, baterai Li-ion/ Li-Po memiliki sekitar 1000 siklus charging.

Tips mencharge smartphone yang tepat


  • Semua smartphone, baik itu Apple, Android, atau model lain yang memakai baterai Lithium-ion dapat mengontrol overcharge. Namun, jika hal ini dilakukan selama berjam-jam setiap hari, maka secara bertahap dapat menurunkan daya tahan baterai.
  • Untuk pemakaian yang ideal haruslah membiarkan debit baterai telepon hingga 60%, dan kemudian diisi kembali sampai penuh. Hal ini karena pengisian baterai lithium-ion dari kosong sampai penuh akan lebih membuat baterai lebih panas dan mengurangi umurnya secara bertahap, dengan mengubah struktur materi kimia dalam baterai. Akan lebih bijak jika anda mencabut telepon dari charger setelah mencapai 100%. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengisi baterai telepon anda pada siang hari sehingga anda dapat melepasnya dari charger pada waktu yang tepat.
  • Penting untuk dicatat bahwa pengisian minimal adalah saat baterai mencapai sekitar 5-10% dari kapasitas energi. Jika baterai setiap saat selalu diisi mulai dari 0%, maka ini akan dapat merusak secara permanen dan tidak akan pernah dapat diisi ulang lagi.
>>  Bahaya Radiasi Handphone Bagi Manusia

Tips membuat umur baterai smartphone lebih lama

  • Cuaca dingin ataupun panas yang ekstrim dapat mempengaruhi kinerja baterai. Akan lebih baik untuk menjaga handphone anda pada suhu yang sedang-sedang saja.
  • Akan lebih baik untuk mengisi baterai smartphone anda secara singkat setiap hari, daripada harus menghabiskan dahulu kapasitas baterai sepenuhnya.
  • Matikan ponsel anda sesekali, ini akan memberikan waktu untuk beristirahat dan meningkatkan umur baterai.
  • Jangan menggunakan charger merek tiruan yang murahan, karena ini justru dapat merusak masa pakai baterai dan meningkatkan resiko konsleting. Yang terbaik adalah memakai charger asli.
  • Smartphone yang tidak digunakan juga akan mempengaruhi umur baterai. Maka itu, penting untuk menggunakan gadget ini setidaknya sekali sehari, diikuti dengan sesi pengisian, jika perlu.
  • Pada ponsel Apple, secara teratur harus update ke versi iOs yang terbaru karena akan membantu peningkatan kinerja untuk baterai.
  • Matikan bluetooth dan Wi-Fi jika tidak dipakai, hal ini akan meningkatkan daya tahan baterai.
  • Menurunkan pengaturan suara dan kecerahan juga akan memperpanjang masa pakai baterai.
  • Mengisi telepon Anda hanya saat dibutuhkan satu, pengisian telepon sehari-hari, meskipun itu menjadi penuh, akan merusak baterai.
  • Mencharge smartphone dengan cara biasa akan jauh lebih baik bagi umur baterai daripada mencharge lewat USB komputer.

Mencharge smartphone semalam suntuk tidak akan benar-benar merusak baterai, asalkan tidak dilakukan setiap hari. Tips di atas akan membantu baterai smartphone anda untuk dapat bertahan setidaknya hingga beberapa tahun.

 
  Incoming Keywords: dampak ngecas hp terlalu lama, dampak ngecas hp semalaman, akibat ngecas hp terlalu lama, dampak mengecas semalaman, apakah aman jika smartphone di cas sampai pagi, hal yang terjadi bila hp overcharge, apa rasiko nya kalo ngecas hp terlalublama, apakah bahaya ngecas hp android terlalu lama, akibat ngecas hp android terlalu lama, bagaimana cara mengatasi batre hp yang mengecash seharian full hingga tidak bisa menghidupkan hp

, ,

One Response to Efek Mencharge Baterai Smartphone Semalam Suntuk

  1. Cahyono #

    Dulunya saya kira ngecas hp lewat laptop ataupun pc lebih awet. Tapi malah kenyataan umur batere tidak tahan lama. Ternyata cara mengecas hp kuno dan smartphone berbeda.
    Trima kasih atas infonya.