Penyebab Benjolan di Kelopak Mata

Berbagai macam penyebab benjolan di kelopak mata akan membuat mata terlihat nampak buruk dan juga menyakitkan.  Infeksi pada mata ini jika tidak ditangani dengan baik, maka akan dapat menyebar ke seluruh kelopak mata. Kelopak mata bertugas untuk melindungi mata kita, ini merupakan salah satu bagian yang paling halus dari tubuh kita. Kelopak mata adalah lapisan tipis kulit, yang tersusun dari berbagai lapisan kelenjar yang penting untuk melindungi dan menjadi pelumas bagi mata.

Karena strukturnya yang begitu kompleks, kelopak mata sering terserang oleh infeksi mata, yang berhubungan dengan kelenjar ini. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya masalah kesehatan seperti jerawat pada kelopak mata yang terasa sangat menyakitkan. Sebuah benjolan pada kelopak mata seringkali akan hilang dengan sendirinya. Meski begitu juga akan memiliki kecenderungan untuk kambuh lagi. Dalam beberapa kasus, ketika terjadi infeksi, maka ini akan menyebar ke bagian lain dari kelopak mata, kondisi ini disebut dengan selulitis pada kelopak mata.

Penyebab benjolan di kelopak mata

  • Sebuah bintil di tepi pelupuk mata adalah salah satu penyebab mengapa seseorang menderita benjolan pada kelopak mata. Sebuah  bintil di tepi pelupuk mata mengarah pada pembengkakan dan kemerahan pada kelopak mata. Kondisi ini sebenarnya adalah peradangan pada kelenjar sebaceous, yang terdapat pada kelopak mata.
  • Kutil dan beberapa jenis infeksi virus juga dapat menjadi penyebab benjolan pada kelopapenyebab benjolan di kelopak matak mata tersebut.
  • Lesi keratosis juga menjadi penyebab yang membentuk benjolan jinak. Benjolan ini biasanya terjadi karena adanya kelebihan keratin atau protein.
  • Ada berbagai kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan benjolan yang terjadi pada kelopak mata. Kondisi ini adalah dermatitis kelopak mata, edema kelopak mata, milia, dan jerawat di kelopak mata, dsb.

Bermacam kondisi kesehatan yang mendasari timbulnya benjolan di kelopak mata:

Chalazion
Chalazion juga disebut dengan kista meibom, ini disebabkan oleh adanya penyumbatan kelenjar meibom oleh sebum. Lokasi Chalazion dapat di mana saja, dari dalam mata sampai ke kelopak mata. Terlepas dari benjolan merah, gejala lain dari Chalazion meliputi gatal, nyeri, dan bengkak pada bagian kelopak mata. Jenis benjolan di kelopak mata ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Meski begitu, benjolan ini butuh waktu yang lama untuk dapat benar-benar disembuhkan.

Xantelasma
Ini adalah semacam masalah pada kulit yang disebabkan karena perkembangan yang abnormal pada permukaan kelopak mata. Benjolan ini seringkali terjadi pada orang tua. Hal ini sering dihubungkan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Benjolan ini tidak berbahaya dan dapat dihilangkan melalui operasi yang sederhana.

Infeksi mata
Kondisi ini juga dikenal dengan bintil di tepi pelupuk mata. Seringkali infeksi mata ini disebabkan karena campur tangan bakteri Staphylococcus, yang muncul dalam kelopak mata. Pertumbuhan bakteri yang berlebihan ini menyebabkan infeksi pada kelenjar penghasil minyak di kelopak mata. Infeksi mata tersebut mengarah ke daerah yang bengkak dan merah pada permukaan kelopak mata. Pengobatan yang tepat sangatlah penting untuk secepatnya menyembuhkan adanya bintil di tepi pelupuk mata ini.

Kista pada kelopak mata
Ada bermacam jenis kista yang dapat menyebabkan benjolan pada kelopak mata. Kista yang seringkali terkait adalah inklusi epidermal dan kista kelenjar. Kedua kista ini begitu menyakitkan dan menyebabkan benjolan kulit yang berwarna di kelopak mata. Benjolan tersebut tidak memiliki potensi untuk berubah menjadi ganas. Akan tetapi karena penampilannya, maka benjolan ini tidak dapat dengan mudah dibedakan dari karsinoma sel basal, yaitu sejenis tumor ganas. Akhirnya, kondisi kesehatan ini harus diperiksa dengan seksama dan segera diobati.

>>  Benjolan di Bawah Dagu

Nevus di kelopak mata
Ada dua jenis nevus yang menyebabkan benjolan pada kelopak mata yaitu nevus berpigmen dan nevus intradermal. Di antara dari keduanya, yakni yang berpigmen selalu memiliki resiko berubah menjadi tumor ganas. Ini adalah benjolan pada kelopak mata yang berwarna gelap, yang sering terjadi tanpa adanya gejala. Sedangkan nevus intradermal adalah kulit berwarna yang dapat terasa menyakitkan. Setiap perubahan dalam penampakan nevus ini dapat menjadi tanda-tanda dari karsinoma sel basal.

Gejala benjolan di kelopak mata

  • Mata berwarna merah, berair, dan terasa nyeri.
  • Area yang terkena terasa sangat gatal.
  • Kelopak mata menjadi lebih lembut.
  • Munculnya jerawat kemerahan seperti bisul.
  • Rentan jika terkena cahaya.
  • Kulit kelopak mata akan nampak memudar.
  • Penglihatan menjadi kabur, terkadang sakit kepala bahkan demam.

Tips selama mengalami benjolan di kelopak mata

Selalu mencuci tangan secara menyeluruh, sebelum menyentuh kelopak mata.
Terapkan kompres hangat pada kelopak mata selama sekitar 10 menit, setidaknya 5 sampai 6 kali dalam sehari.
Untuk mencegah kondisi dari kambuh kembali dan untuk mencegah penyumbatan saluran, jagalah bulu mata selalu bersih.
Anda juga dapat mencoba menerapkan kantong teh celup yang tidak terpakai dengan cara dipanaskan pada daerah yang terinfeksi. Hal ini akan membantu untuk mengeringkan nanah, dan daerah yang terkena akan sembuh dengan cepat.
Hindari berbagi dalam memakai kosmetik, sabun, handuk, dan lap.
Jangan menggunakan kembali kain atau kapas. Gunakan selalu penyeka kapas yang steril, dan buang setelah digunakan.
Tidak menggunakan riasan mata ataupun lensa mata, hingga infeksi telah sembuh seutuhnya.
Tidak boleh menggaruk, meremas, atau bahkan sampai mengiritasi kelopak mata, karena hal ini justru dapat merusak permukaan.

Seperti yang anda ketahui di atas, terdapat berbagai masalah kesehatan yang dapat menjadi penyebab benjolan pada kelopak mata. Dokter mata adalah pilihan terbaik untuk menentukan penyebab benjolan ini dengan pasti. Dokter mata akan mengamati dan memberikan resep obat sesuai dengan keparahan kondisi. Biopsi mungkin juga akan disarankan untuk beberapa kasus, ini untuk memastikan bahwa benjolan di kelopak mata tersebut tidak terkait dengan kanker kulit kelopak mata. Untuk mencegah hal ini berkembang menjadi kanker, sebaiknya dilakukan pembedahan. Pilihan untuk operasi pengangkatan benjolan di kelopak mata tersebut juga tersedia bagi orang-orang yang merasa terganggu karena penampilan mereka dengan benjolan di kelopak mata.

 
  Incoming Keywords: benjolan di kelopak mata, Benjolan di mata, benjolan di kelopak mata yg tidak sakit, benjolan dimata, jerawat di kelopak mata, cara mengobati mata bengkat semacam benjolan mirip jerwat di mata, benjolan pada kelopak mata bagian dalam, bisul d daerah mata, benjolan dikelopak mata, Benjolan di dalam kelopak mata

, ,

Comments are closed.