Penyebab Lingkaran Hitam Bawah Mata

Penyebab lingkaran hitam di bawah mata dapat disebabkan karena berbagai alasan antara lain adalah kelelahan, tidak tidur dengan cukup, dan beberapa kondisi lain. Lingkaran hitam pada mata atau periorbital dapat menjadi masalah yang mengganggu penampilan seseorang, karena ini akan membuat diri anda terlihat lebih tua dan lelah. Meskipun pada umumnya hal ini disebabkan oleh faktor seperti tidur yang kurang dan kelelahan, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh banyak faktor lainnya. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata akan dibahas dalam paragraf berikutnya lebih lanjut.

Banyak sekali alasan lain yang terkait dengan penyebab lingkaran hitam di bawah mata. Alasan tertentu yang dapat menjadi penyebab lingkaran hitam di bawah mata adalah gangguan pada liver atau ginjal. Selain itu penderita sinusitis dapat juga mengalami masalah ini. Seseorang dengan riwayat eksim, asma, dan demam juga akan sering menderita masalah ini.

Penyebab lingkaran hitam di mata

Kurang mendapat tidur dan kelelahan
Beberapa orang dapat mengembangkan lingkaran periorbital ketika mereka tidak mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari. Tidur yang kurang dan kelelahan dapat membuat kulit menjadi pucat, yang dapat menyebabkan lingkaran di sekitar mata terlihat lebih menonjol.

Faktor penuaan
Seiring dengan waktu, lingkaran mata dapat terlihat lebih jelas. Hal ini disebabkan kulit di sekitar mata mengalami penipisan seiring dengan bertambahnya usia, dan ini akan membuat pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat.

Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan produksi melanin dalam kulit, yang dapat menyebabkan pigmentasi kulit. Kondisi ini dapat membuat kulit di sekitar mata menjadi gelap.

Kosmetika
Penggunaan kosmetik yang berbeda ragam dapat menjadi salah satu alasan kulit di bawah mata menghitam.

Faktor kekurangan gizi
Seseorang juga dapat mengalami lingkaran hitam di bawah mata karena tidak mengikuti diet yang sehat dan seimbang. Kurangnya nutrisi penting dalam tubuh, terutama zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin K dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.

Infeksi sinus
Infeksi sinus atau hidung tersumbat dapat menjadi penyebab lingkaran hitam pada mata, dengan meningkatkan tekanan di dalam pembuluh darah. Infeksi sinus juga dapat membuat kulit pucat dan membuat lingkaran hitam di penyebab mata menghitammata nampak lebih jelas.

Alergi
Alergi yang dapat menyebabkan iritasi mata atau gatal, dapat memaksa orang yang terkena untuk menggosok matanya terlalu sering. Menggosok atau menggaruk mata terus-menerus dapat menyebabkan kulit di bawah mata menjadi gelap. Selain itu, alergi dapat menyebabkan pembuluh darah di bawah mata membesar, yang dapat membuat area di sekitar mata terlihat lebih gelap dari biasanya.

Eksim
Seperti halnya alergi, kondisi kulit tertentu seperti eksim dapat menjadi penyebab lingkar hitam pada mata. Eksim dapat menyebabkan peradangan dan iritasi mata, yang dapat memaksa seseorang untuk menggosok matanya terlalu sering. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.

>>  Penyebab, Gejala dan Pengobatan Infeksi Kulit Selulitis

Genetika
Kondisi ini juga dapat berjalan dalam riwayat keluarga. Kecenderungan untuk mengembangkan area pigmentasi di bawah mata, dapat menjadi kondisi turun temurun dan tidak berhubungan dengan kekurangan tidur maupun kondisi kesehatan yang mendasarinya. Beberapa orang mempunyai kulit yang lebih transparan, dimana pembuluh darah di bawah mata dapat terlihat lebih gelap dan lebih menonjol.

Faktor penyebab lain
Terlepas dari kondisi yang disebutkan di atas, lingkaran hitam di bawah mata dapat terkait dengan merokok, konsumsi alkohol berlebihan, minuman berkafein, anemia, stres, asupan obat tertentu yang dapat melebarkan pembuluh darah, menstruasi, dan kehamilan.

Penyebab lingkaran hitam pada mata anak

Lingkaran hitam pada mata tidak sangat umum pada anak-anak, meskipun anak-anak dapat saja mengalaminya. Anak-anak dapat mengembangkan kondisi ini karena faktor keturunan. Selain faktor keturunan, faktor-faktor seperti hidung tersumbat, infeksi sinus, alergi, dan pola makan yang buruk dapat menjadi penyebab lingkaran hitam periorbital pada anak-anak.

Alasan lain yang menjadi penyebab lingkaran hitam pada mata anak adalah faktor keturunan. Pencernaan yang tidak sempurna juga menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata anak. Hal ini terjadi karena pengendapan karbon pada bagian bawah mata. Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan daerah di bawah mata menjadi gelap. Masalah ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, tetapi dengan konsultasi dari ahli gizi. Kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia juga dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata.

Orang tua harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan anak dan mengatur pola makan anak dengan seimbang, yang mengandung semua nutrisi penting dalam jumlah yang cukup. Krim kulit untuk mata dapat berguna untuk mengobati masalah lingkaran hitam dengan melembabkan kulit di bawah mata. Air mawar sebagai pendingin alami dan campuran almond atau madu juga akan membantu untuk mengatasi lingkaran hitam di mata.

Tips mengatasi

Cara menghilangkan lingkaran hitam di mata dapat dipakai beberapa pengobatan alami dan perubahan gaya hidup. Anda dapat menempatkan irisan ketimun dan kantong teh dingin pada mata untuk membuat lingkaran hitam di mata menjadi memudar. Di sisi lain, orang-orang yang memiliki alergi harus mencoba untuk menghindari alergen tertentu. Pada saat yang sama, anda juga harus mendapatkan banyak tidur, menghindari dari menggosok mata, dan mengikuti pola makan seimbang, minum banyak air putih setiap hari, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi alkohol. Krim mata yang mengandung retinol dan vitamin K juga dapat membantu anda mengatasi pigmentasi di sekitar mata.

 
  Incoming Keywords: asma disebabkan mata lebam, bawah mata hitam pada anak

, ,

Comments are closed.