Efek Samping di Balik Khasiat Daun Kemangi

A pakah anda pernah menggunakan daun kemangi untuk mengobati penyakit? Daun kemangi memang mempunyai khasiat untuk pengobatan, akan tetapi juga mempunyai efek samping tertentu. Artikel berikut ini adalah beberapa informasi mengenai efek samping daun kemangi dibalik khasiat daun kemangi bagi kesehatan.

Daun kemangi dalam nama botani dikenal dengan ‘Ocimum sanctum’. Tanaman ini telah lama digunakan dalam praktek ayurveda untuk mengobati beberapa masalah kesehatan. Selain memiliki sifat obat, daun kemangi juga digunakan dalam beberapa resep makanan terkait aroma dan rasanya. Tanaman ini telah lama digunakan oleh bangsa-bangsa di Asia selama berabad-abad dan dikenal sebagai ramuan yang paling suci di India. Tanaman ini menghasilkan bunga ungu dan bijinya dapat diekstrak dari tandan bunga kering. Benih dan daun tanaman kemangi digunakan dalam beberapa pengobatan herbal.

Kemangi merupakan adaptogen, yaitu zat yang memungkinkan tubuh kita untuk beradaptasi dengan stres. Karena stres telah merayap ke dalam gaya hidup kita, menggunakan adaptogen pasti akan terbukti bermanfaat. Kemangi diyakini mempunyai efek menenangkan diri. Studi menunjukkan bahwa kemangi juga membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa kemangi mengandung anti inflamasi yang secara signifikan dapat menguEfek Samping di Balik Khasiat Daun Kemangirangi peradangan dan menghilangkan racun dari tubuh. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman antioksidan,  memperlambat proses oksidasi yang berlebihan dan melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu juga bertindak sebagai immuno modulator,  menyeimbangkan dan meningkatkan respon kekebalan tubuh saat berperang melawan antigen, dan memberikan perlindungan terhadap infeksi yang disebabkan karena bakteri, mikroba, virus dan alergen.

Efek samping kemangi

Meskipun tidak menyebabkan efek samping yang serius, jika anda menderita diabetes dan telah mengambil obat resep untuk diabetes, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya. Ramuan daun kemangi dapat mengurangi kadar gula darah. Akibatnya, seseorang dapat mungkin menderita pusing. Beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa konsumsi ramuan ini dapat menyebabkan kesuburan menjadi turun. Meskipun tidak ada bukti yang cukup kuat tentang efek samping dari kemangi pada ibu hamil, para wanita harus menahan diri menggunakan ramuan ini selama kehamilan. Mereka yang menggunakan suplemen herbal harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengenai efek samping yang mungkin timbul akibat interaksi obat-obatan.

Khasiat daun kemangi


Kemangi pada umumnya digunakan sebagai ramuan obat dan digunakan dalam Ayurveda. Teh herbal yang terbuat dari kemangi digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Berbagai penelitian telah dilakukan tentang sifat kuratif dari kemangi. Sementara beberapa studi menunjukkan bahwa ramuan ini bermanfaat dalam mengendalikan diabetes dan mengurangi kadar kolesterol tinggi.

  1. Jus kemangi bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi.
  2. Kemangi dapat digunakan dalam mengobati masalah kulit.
  3. Kemangi juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan rasa terbakar yang disebabkan oleh gigitan serangga.
  4. Kemangi juga digunakan untuk mengobati masalah pernafasan, seperti asma dan bronkitis. Hal ini dikatakan efektif untuk mengontrol batuk, melonggarkan lendir akumulasi, dan untuk mengurangi sesak pada paru-paru.
  5. Kemangi merupakan obat herbal yang populer untuk mengobati permasalahan pada gigi dan mulut. Sifat antibakteri dari kemangi sangat baik untuk menyingkirkan bakteri di dalam mulut, sehingga mencegah penyakit gigi dan mulut. Selain itu juga dapat  membuat gusi lebih kuat dan mempercepat penyembuhan ulkus.
  6. Kemangi kaya akan antioksidan dan bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Menurut beberapa penelitian, daun kemangi dapat melindungi tubuh dari aksi radikal bebas.
  7. Kemangi dianggap memiliki sifat diuretik dan juga baik untuk detoksifikasi. Hal ini digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah, sehingga mengurangi resiko batu ginjal.
  8. Kemangi juga digunakan untuk mengobati penyakit pada mata. Daun kemangi direndam dalam air dan digunakan sebagai obat cuci mata bagi mereka yang terserang konjungtivitis atau mata merah.
  9. Daun kemangi adalah salah satu pengobatan herbal untuk sakit kepala. Daun kemangi ditumbuk dan dicampur dengan pasta cendana, kemudian diterapkan di atas dahi.
  10. Kemangi digunakan sebagai obat stres.
  11. Daun kemangi juga digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Untuk mengobati sakit tenggorokan, rebus daun daun kemangi dan gunakan air rebusan ini untuk berkumur.
  12. Daun kemangi juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini dikatakan efektif dalam mengobati dispepsia dan disentri. Bahkan perut kembung, gas, dan kram perut dapat sembuh berkat ramuan ini.
  13. Daun kemangi juga dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk yang terbilang cukup ampuh.
>>  Nutrisi & Manfaat Asparagus bagi Kesehatan

Jika anda berencana untuk menggunakan ramuan daun kemangi untuk mengobati masalah kesehatan, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan pakar kesehatan. Meskipun efek samping daun kemangi relatif sedikit dan manfaat daun kemangi sangat banyak, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter atau praktisi herbal, apakah aman untuk menggunakan ramuan daun kemangi ini.

 
  Incoming Keywords: manfaat daun kemangi, manfaat kemangi, khasiat daun kemangi, daun kemangi, kemangi, efek samping daun kemangi, kasiat daun kemangi, Khasiat kemangi, manfaat daun kemangi untuk kesuburan, jus kemangi

, , , ,

Comments are closed.