Khasiat Teh Herbal Mengobati Asam Lambung

Penyakit asam lambung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan dapat menghambat kegiatan rutin. Banyak orang cenderung untuk mengambil obat-obatan untuk mengatasi masalah ini meskipun ada juga cara alami untuk mengobatinya.

Ketika makanan atau cairan di dalam perut kita mengalir kembali ke dalam pipa esofagus maka akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit. Kondisi ini secara medis dikenal dengan penyakit asam lambung. Sfingter esofagus adalah sekelompok serat otot yang terletak di ujung kerongkongan untuk mencegah isi perut mengalir kembali. Namun, jika sfingter gagal untuk menutupnya kembali dengan benar, maka ini akan menyebabkan asam refluks. Kondisi ini berakibat iritasi esofagus yang parah dan ditandai dengan mulas. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan penyakit sakit maag kronis.

Seseorang yang menderita sama lambung sesekali dapat mengendalikannya dengan menghindari asupan makanan berminyak, minuman yang menjadi pemicu, dan membuat perubahan gaya hidup seperti berolahraga dan menjaga berat badan secara teratur. Namun, orang yang menderita serangan asam lemabung terlalu sering membutuhkan perawatan secara khusus. Ada banyak produk obat yang tersedia untuk perawatan. Yang paling umum dan dianggap sebagai pilihan yang terbaik adalah antasida. Selain itu, cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan bantuan teh herbal.

Manfaat teh herbal untuk asam lambung



Konsumsi obat-obatan seperti antasida untuk jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan efek samping yang buruk. Untuk menghilangkan efek samping ini, akan lebih baik untuk memakai cara alami yang tidak menyebabkan efek samping apapun. Teh herbal adalah terdiri dari air panas dengan bagian-bagian tanaman yang segar maupun kering, yang didapat dari bunga, buah, biji, dan akar. Dan belum tentu juga bahwa teh herbal hanya terbuat dari daun seperti minuman teh pada umumnya.teh herbal mengobati asam lambung

Teh herbal mengandung sejumlah besar polifenol yang merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dengan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengkonsumsi teh herbal setelah makan akan meningkatkan kualitas pencernaan dalam tubuh. Hasil pencernaan yang tidak benar pada peningkatan produksi asam lambung dalam perut, akhirnya mengakibatkan aliran balik dari isi lambung dan menyebabkan mulas. Teh herbal membantu dalam mengatur sekresi asam lambung dalam tubuh. Teh herbal mengandung chamomile memiliki sifat anti inflamasi dan anti spasmodik, sehingga memiliki efek menenangkan. Selain ini, teh herbal juga membantu dalam mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sakit perut.

>>  Gejala Ulkus Lambung

Memilih teh herbal yang tepat

Jika anda telah memutuskan untuk menggunakan teh herbal sebagai pereda asam lambung, maka penting bagi anda untuk mengetahui bahwa tidak semua dari teh herbal sangat baik dalam menangani masalah ini. Teh yang mengandung kafein bukanlah pilihan yang tepat, karena kafein diketahui dapat memicu asam lambung kambuh. Asupan teh yang mengandung kafein hanya akan mengintensifkan masalah. Ada beberapa campuran teh herbal yang mudah untuk didapatkan. Namun, penting untuk memeriksa kandungan kafein dan bahan-bahan lainnya dalam teh. Beberapa bahan yang bermanfaat untuk mengobati asam lambung adalah;

  1. Biji adas
  2. Kamomil
  3. Jahe
  4. Akar chicory
  5. Lavender

Dengan mengkonsumsi teh herbal 2 atau 3 kali sehari, maka akan memberikan kontribusi dalam kesehatan tubuh. Ini akan membantu dalam membangun keadaan pikiran yang lebih rileks, mengurangi stres, merangsang organ-organ tubuh, mengatasi batuk, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tubuh yang sehat pada akhirnya akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi sehat juga. Sebagai informasi lebih lanjut, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu tentang teh herbal dan tingkat keparahan penyakit asam lambung yang anda derita. Dokter adalah orang terbaik yang dapat memberitahu anda apakah teh herbal sesuai untuk anda sebagai obat asam lambung alami.

,

One Response to Khasiat Teh Herbal Mengobati Asam Lambung

  1. kaila #

    Banyak juga manfaat teh herbal, selain buat pelangsing bisa juga untuk mengobati asam lambung, n katanya juga bagus buat kulit. salam