Penyebab Nyeri Lutut Saat Berlari

C edera lutut kerap terjadi pada pelari karena stres yang berulang pada sendi lutut. Faktor yang menjadi penyebab nyeri lutut saat berlari dapat disebabkan karena terlalu berlebihan dan memaksakan diri, berlari pada permukaan yang tidak rata, mengikuti teknik berlari yang tidak tepat, memakai sepatu lari yang tidak sesuai. Berikut di bawah ini adalah wawasan mengenai kondisi medis yang dapat menyebabkan nyeri lutut saat berlari.

Sendi lutut adalah sendi engsel yang terdiri dari beberapa bagian yakni: femur (tulang paha), tibia (tulang kering), dan patela (tempurung lutut). Paha depan (kuadrisep) dan paha belakang (hamstring) adalah dua tipe otot yang berlawanan dan terletak di bagian depan dan belakang pada masing-masing paha. Kuadrisep dan hamstring membantu dalam melenturkan, memperluas, dan memutar lutut.

Oleh karena berlari dapat menempatkan stres berulang pada sendi lutut, maka berlari sering beresiko tinggi mengalami cedera lutut. Jangkauan gerak dari sendi lutut akan terkena dampaknya. Dalam keadaan seperti itu, seseorang yang mengalami cedera lutut akan mengalami rasa sakit selama aktivitas apapun yang melibatkan sendi lutut.

Nyeri lutut saat berlari

Karena sendi lutut merupakan sendi yang menahan beban tubuh, cedera pada lutut akan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berjalan atau berlari. Oleh karena itu perlu sekali untuk mengetahui penyebab nyeri lutut. Berikut adalah beberapa gangguan medis yang dapat menyebabkan nyeri lutut:

» Patellofemoral
Patellofemoral atau chondromalacia patelae merupakan kondisi yang mempengaruhi para pelari, dan orang yang terlibat dalam olahraga yang menuntut kecepatan tinggi. Hal ini membutuhkan kelenturan pada lutut dan menempatkan tekanan pada lutut. Tempurung lutut adalah tulang berbentuk segitiga yang meluncur dalam alur berbentuk V di ujung tulang paha. Jika tempurung lutut menjadi tidak sejajar, maka tulang rawan yang melapisi bagian bawah tempurung lutut dapat mengalami kerusakan. Hal ini akan menimbulkan nyeri lutut.

Cedera dapat terjadi jika seorang pelari berlari terlalu keras untuk meningkatkan kinerjanya, sedangkan dirinya tidak memberikan cukup waktu pada tubuh untuk pulih dan beristirahat.

» Sindrom iliotibial band
Sindrom iliotibial band adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan iliotibial, yang merupakan sebuah jaringan fibrosa yang dimulai pada krista iliaka dan berjalan menyusuri bagian luar paha dan lutut. Kondisi ini lebih cenderung mempengaruhi pelari yang tidak mengikuti teknik berlari yang tepat. Berlari di turunan atau jalan mendaki dapat membuat seseorang rentan terhadap kondisi ini. Selain itu memakai sepatu yang kurang sesuai juga dapat menjadi faktor penyebabnya. Stres pada lutut juga mungkin disebabkan karena ketidakseimbangan pada otot. Gejala yang terkait dapat meliputi:

  • Pembengkakan dan nyeri
  • Nyeri sewaktu berjalan atau berlari
  • Nyeri saat menaiki tangga
>>  Penyebab Nyeri di Belakang Lutut

» Cedera meniskus
Lutut terdiri atas dua struktur tulang rawan berbentuk sabit yang terletak di atas tulang kering. Ini bertindak sebagai peredam kejut bagi tempurung lutut. Tulang rawan membantu tulang paha untuk bergerak lebih mulus saat lutut sendi bergerak. Aktivitas seperti membungkuk dan memutar lutut cenderung menyebabkan cedera meniskus. Kondisi ini juga dapat disebabkan cedera pada ligamen anterior. Gejala umum yang berhubungan dengan ini adalah pembengkakan dan kesulitan saat meluruskan kaki atau menekuk kaki.

» Tendinitis patella
Kondisi tendinitis patella mengacu pada peradangan otot tendon yang menghubungkan tempurung lutut dengan tulang kering. Kondisi ini sering mempengaruhi orang-orang yang beraktivitas dalam olahraga yang melibatkan melompat. Namun, cedera ini juga dapat mempengaruhi para pelari. Radang tendon ini terjadi karena stres berulang. Gejala yang terkait dengan kondisi ini meliputi:

  • Nyeri lutut jika bergerak
  • Pembengkakan di sekitar tempurung lutut
  • Saat bergerak lutut bergerak terdengar suara

Tips mencegah cedera lutut

Berikut adalah langkah-langkah perawatan yang dapat diikuti untuk mencegah nyeri lutut:

  1. Pemanasan sangat penting karena mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik yang berat.
  2. Menahan diri dari berjalan di permukaan yang sulit atau tidak rata.
  3. Ketidakseimbangan pada kaki juga akan menyebabkan lutut menjadi tidak seimbang. Hal ini penting untuk memeriksa bahwa kaki anda memiliki keseimbangan yang baik.
  4. Mengenakan sepatu lari yang tepat sesuai bentuk kaki anda.

Berlari adalah kegiatan yang akan membantu anda dalam membakar kalori. Akan tetapi masalah dapat timbul jika teknik berlari tidak diikuti dengan benar. Maka itu ikutilah langkah-langkah pencegahan tersebut dan mencari bantuan medis jika rasa sakit di lutut saat berlari tidak segera sembuh.

 
  Incoming Keywords: cara agar menghilangkan kaku pada perut saat berlari, kenapa lutut saya kalau sudah berlari suka sakit, Kenapa habis lari lutut tiba tiba terasa sakit, kaki terasa ngilu saat joging, kaki nyeri saat lari, dengkul sakit kalau lagi Running, cidera pada lutut yang mengakibatkan nyeri saat berlari, cara menghilangkan nteri pada lutut setwlqh berolahraga, cara mengatasi rasa sakit pada lutut saat berolahraga, sakit sisi luar lutut habis jogging

,

Comments are closed.