Sindrom Nyeri Lutut pada Anak-anak

Nyeri lutut pada anak adalah hal yang wajar dan umum, sehingga biasanya tidak begitu mendapat perhatian khusus. Akan tetapi, ketika rasa sakit menjadi parah dan berlangsung selama lebih dari seminggu, maka hal yang terbaik adalah membawa anak ke dokter. Terlalu sering menggunakan sendi lutut, terutama pada atlet, akan dapat menyebabkan berbagai cedera pada lutut.

Sendi lutut dalam tubuh manusia terdiri dari tulang, tulang rawan, dan ligamen. Karena lutut sering sekali digunakan, maka rentan terhadap cedera lutut, yang mengakibatkan rasa sakit. Nyeri lutut pada anak-anak merupakan fenomena umum dan biasanya bukan alasan yang patut kita khawatirkan. Hanya ketika sakitnya menjadi parah berlangsung selama lebih dari seminggu, maka perhatian medis diperlukan. Dokter harus dihubungi jika gerakan anak menjadi terganggu, atau jika lutut berwarna merah bahkan bengkak. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab nyeri lutut pada anak-anak.

Nyeri lutut pada anak

Penyakit osgood schlatter
Penyakit ini merupakan penyebab nyeri lutut pada anak-anak dan ditandai dengan timbulnya benjolan kecil di bawah lutut. Penyakit ini dideskripsikan oleh osgood dan kemudian oleh Schlatter pada tahun 1903, oleh karena itu diberi nama penyakit Osgood Schlatter. Penyakit ini banyak menyerang anak perempuan antara usia 8-13 dan anak laki-laki antara 11-15 tahun, ini adalah akibat dari lonjakan pertumbuhan yang dapat mempengaruhi satu atau kedua lutut.

Pembengkakan dan nyeri yang dialami tepat di bawah lutut, di atas tibia (tulang kaki bagian bawah). Kondisi semacam ini menjadi terlihat jelas sewaktu aktivitas seperti berlari dan melompat. Pada umumnya juga terlihat pada atlet muda setelah permainan bola basket atau sepakbola. Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini dan biasanya kondisi ini akan hilang dengan sendirinya. Setelah rasa sakit dan bengkak menghilang, tendon pada lutut menjadi lebih kuat. Untuk meminimalkan rasa sakit, kompres es dan obat penghilang rasa sakit dapat digunakan. Selain itu, perban elastis juga dapat digunakan untuk mengompres daerah yang sedang sakit.

Sindrom parapatellar
Anak-anak yang pernah terserang sindrom jelas akan merasakan sakit di sekitar patela pada kedua lutut. Rasa sakitlutut anak nyeri ini menjadi lebih parah oleh aktivitas fisik seperti berjalan, menekuk lutut, melompat, dan memanjat. Masalah ini adalah akibat dari kerusakan lapisan tulang rawan, yang meliputi bagian posterior patela. Cedera yang terjadi saat jatuh pada lutut dan cedera yang lama, juga akan mengakibatkan kerusakan pada tulang rawan lutut. Obat-obatan anti inflamasi seperti ibuprofen dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan nyeri.

>>  Penyebab Lutut Terasa Panas

Sindrom patellofemoral
Kondisi ini diklasifikasikan sebagai cedera yang berlebihan. Sindrom ini terjadi karena iritasi jaringan lunak, yang terletak di bagian depan lutut. Anak-anak mengalami rasa sakit di bagian anterior lutut, setelah kegiatan seperti berlari, memanjat, dan jongkok. Nyeri juga dirasakan di sekitar lutut.

Juvenile artritis
Artritis juvenile adalah penyakit autoimun, dan merupakan bentuk yang paling umum dari artritis pada anak-anak. Kondisi ini dapat mempengaruhi anak-anak dengan usia 2 sampai 16 tahun. Karena terjadi peradangan pada persendian, anak-anak sering mengalami nyeri di kedua lutut, terutama setelah bangun di pagi hari. Apa yang menjadi penyebab masalah ini pada anak-anak belum diketahui dengan pasti.

Penyakit perthes
Dalam kondisi ini, suplai darah ke femur (tulang paha) melambat dan berhenti untuk sementara. Anak-anak dengan kondisi ini merasa lemas dan biasanya mengalami nyeri pada lutut, paha atau selangkangan. Jika kerusakan femoralis tidak parah, anak akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa tahun ke depan.

Dislokasi patella
Pada kondisi ini, tempurung lutut atau patella akan terkilir, dan menyebabkan pembengkakan sendi lutut. Nyeri akan dialami di sekitar patela. Selain itu, mobilitas gangguan pada pergerakan lutut akan terlihat.

Chondromalacia patella
Ketika tulang rawan patela mengalami kerusakan, kondisi ini disebut dengan chondromalacia patella. Kondisi ini sering terlihat pada anak perempuan remaja, yang mengalami perubahan struktural ketika mencapai usia pubertas.

Selain beberapa kondisi seperti disebutkan di atas, kanker dan tumor juga diketahui dapat menyebabkan nyeri lutut pada anak-anak. Cedera ligamen pada sendi lutut, lutut terkilir, patah tulang, dan tulang rawan robek juga dapat menjadi penyebab nyeri lutut pada anak.

 
  Incoming Keywords: penyebab lutut anak sakit tiba tiba, sakit lutut pada anak, sering sakit di kaki umur 7 taun

, ,

Comments are closed.