Penyebab Nyeri di Belakang Lutut

Untuk sebagian besar orang, rasa sakit di belakang lutut yang terjadi dapat disebabkan karena terlalu sering menggunakan otot-otot kaki yang kemudian berkembang menjadi lebih parah. Artikel berikut ini adalah informasi tentang beberapa penyebab sakit pada kaki yang mempengaruhi area di belakang lutut.


Rasa nyeri pada sendi lutut menyebabkan rasa yang membuat tidak nyaman di daerah sekitar kaki. Selain itu rasa nyeri di belakang lutut ini juga akan mempengaruhi aktivitas seseorang. Nyeri di bagian belakang lutut biasanya terjadi pada orang yang terlibat dalam aktivitas fisik yang ketat seperti bersepeda, berlari, olahraga, dsb. Dalam aktivitas tersebut, seseorang cenderung terlalu sering untuk menggunakan lututnya, yang akhirnya menyebabkan tekanan berlebihan dan mengakibatkan rasa nyeri. Selain itu, ada juga penyebab nyeri di belakang lutut lainnya yang juga serius.

Penyebab Nyeri di Belakang Lutut

Penyebab nyeri di belakang lutut

Nyeri lutut dapat mempengaruhi aktivitas harian karena akan membatasi gerakan kaki anda. Oleh karena itu, yang pertama perlu dilakukan adalah mencoba untuk menghindari penyebab cedera lutut. Nyeri belakang lutut dapat disebabkan karena berbagai penyebab lainnya juga. Berikut di bawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab nyeri di belakang lutut:

  • Pada umumnya, penyebab utama sakit di belakang lutut adalah akibat gesekan antara tempurung lutut dan tulang paha. Gesekan yang terjadi mennyebabkan kerusakan tulang rawan di bawah tempurung lutut dan membuat sakit.
  • Penyebab lain dari nyeri di belakang lutut adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Berat tubuh pada bagian atas cenderung untuk memberikan banyak tekanan pada lutut, yang mempengaruhi bagian belakang lutut. Hal ini juga akan menyebabkan rasa sakit pada bagian belakang lutut.
  • Salah satu alasan di balik rasa sakit di belakang lutut adalah penumpukan cairan sinovial yang terdapat di antara persendian. Penumpukan ini membentuk kista yang disebut dengan kista baker atau kista poplitea dan menyebabkan rasa sakit.
  • Trombosis vena adalah suatu kondisi di mana gumpalan darah terbentuk pada pembuluh darah di bagian kaki. Kondisi ini dapat menghambat sirkulasi darah pada kaki, yang akhirnya akan mengakibatkan nyeri pada lutut, dan juga perubahan pada warna kulit menjadi biru atau ungu.
  • Stres berlebihan pada lutut dapat menyebabkan otot hamstring menjadi lemah. Orang yang terlibat dalam kegiatan fisik yang berlebihan seperti berjalan, bersepeda, olahraga, dsb seringkali mengalami masalah nyeri pada lutut.
  • Faktor-faktor lain yang menjadi penyebab sakit di belakang lutut adalah otot kaki yang lemah, patah tulang, dan penuaan.

Gejala yang terkait dengan sakit di belakang lutut

Gejala yang paling umum adalah rasa sakit dan peradangan yang terjadi di sekitar belakang lutut. Dalam kondisi yang sangat parah, di mana rasa sakit tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, akan menyebabkan kerusakan tulang rawan yang semakin parah. Berikut ini adalah beberapa gejala yang nampak disertai dengan rasa sakit:

  1. Gerakan lutut yang kaku
  2. Nyeri ketika menekan lutut yang terkena
  3. Warna kulit menjadi biru lebam
  4. Kulit menjadi sangat sensitif
  5. Bagian belakang lutut terasa hangat
  6. Pembengkakan yang terjadi di belakang lutut dan kaki
>>  Penyebab Sakit Lutut Saat Ditekuk & Diluruskan

Tips

Rasa sakit di belakang lutut dapat menyebabkan kerusakan lebih parah jika anda hanya mengabaikan atau melanjutkan aktivitas fisik berat yang anda lakukan. Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi menjadi lebih buruk, anda wajib beristirahat yang cukup dan menghindari aktivitas yang dapat memperparah rasa sakit anda. Hindarilah semua kegiatan yang dapat memberikan tekanan pada lutut. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit:

  1. Melakukan peregangan adalah obat untuk mengatasi sakit pada lutut yang anda alami. Cara ini tidak hanya akan membantu mengurangi rasa sakit, tetapi juga akan memperkuat otot-otot lutut dan mencegah terjadinya sakit berulang. Meski begitu, jangan lakukan dengan berlebihan.
  2. Obat-obatan anti inflamasi atau penghilang rasa sakit juga terbukti menjadi efektif dalam mengobati rasa sakit. Akan tetapi obat semacam ini harus dikonsumsi hanya setelah anda berkonsultasi dengan dokter.
  3. Jika obesitas menjadi penyebab rasa sakit di belakang lutut, maka mengurangi berat badan anda adalah obat yang mujarab untuk mengobati sakit pada kaki dan lutut.
  4. Pada kasus kista baker, yang perlu dilakukan adalah pembedahan. Terkadang, kista tersebut pecah dengan sendirinya dan cairan akan keluar. Jika terjadi perubahan pada warna kulit anda, segera hubungi dokter secepatnya.

Pada beberapa kasus, rasa nyeri di belakang lutut bukanlah suatu kondisi yang sangat serius. Meski begitu, jika rasa nyeri tidak mereda dalam waktu dua hari, yang terbaik dilakukan untuk mengobati rasa sakit adalah melalui penanganan dari ahli medis yang tepat.

 
  Incoming Keywords: penyebab lutut kaki bagian belakang perempuan, cara mengobati sakit di pinggir dengkul, sakit di belakang lutut kanan, sakit di lutut bagian belakang, Makanan yang menghilangkan nyeri pada belakang lutut, sakit dibelakang lutut, kenapa terasa sakit dibagian belakang lutut, kaki lutut belakang sakit, kaki kanan sakit di belakang lutut sakit apa itu, dari lutut sampai bawah kram dan pegal

, , ,

Comments are closed.