Manfaat Minyak Geranium bagi Kesehatan

Minyak geranium dihasilkan dari bagian batang dan daun tanaman geranium. Ini adalah suatu zat yang juga digunakan sebagai penyedap rasa dalam berbagai makanan dan minuman. Berikut ini adalah sekelumit wawasan tentang berbagai manfaat minyak geranium bagi kesehatan.

Tanaman geranium tumbuh alami di Afrika Selatan. Geranium juga dikenal dengan sebutan ‘Pelargonium graveolen‘. Tanaman ini juga dibudidayakan dan digunakan secara luas dalam industri kosmetik dengan tujuan membuat parfum dan minyak. Sedangkan minyak alami yang diperoleh dari tanaman ini digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan secara luas.

Manfaat minyak geranium

Manfaat geranium sebagai aromaterapi
Minyak dengan aroma manis, minyak geranium diekstrak dari bunga geranium berwarna putih merah muda, yang dapat membantu dalam meredakan stres pada otot. Minyak ini mempunyai efek menenangkan pada sistem saraf, dan juga membantu untuk meringankan depresi pada seseorang. Minyak geranium menjadi salah satu minyak aromaterapi yang paling populer dan telah lama dikenal dalam dunia pijat.

Manfaat minyak geranium untuk mencegah infmanfaat minyak geraniumeksi
Minyak geranium mengandung sifat antiseptik tertentu dan dapat digunakan untuk perawatan luka. Bila diterapkan pada bekas luka, maka akan membantu dalam meringankan warna pada bekas luka dengan meningkatkan sirkulasi darah di daerah yang terluka. Dengan menggunakan beberapa tetes minyak geranium dalam air hangat, akan dapat mengatasi peradangan atau sakit tenggorokan. Anda dapat mencari obat kumur yang mengandung minyak geranium untuk melakukannya.

Minyak geranium mengurangi penuaan dini
Minyak ini membantu dalam mengurangi proses penuaan dengan memperlambat proses oksidasi pada sel-sel kulit. Selain ini, minyak geranium juga dapat digunakan untuk mencegah keriput, dan juga bermanfaat dalam mengencangkan kulit.

Minyak geranium sebagai antiperspiran
Minyak ini mempunyai sifat antibakteri yang membuatnya menjadi antiperspiran yang kuat. Minyak geranium juga membantu dalam menghilangkan bau badan. Minyak ini juga dapat mengurangi sekresi sebum sehingga mengurangi keringat. Oleh karena itu, pemakaian minyak ini sebagai antibakteri dan antiperspiran telah meningkat dalam berbagai produk kesehatan dan kosmetika.

>>  Minyak Bawang Putih untuk Rambut

Khasiat minyak geranium untuk mengurangi stres
Sifat anti depresan dari minyak geranium telah membuatnya menjadi minyak aromaterapi yang sangat populer. Berendam dalam air panas bersama dengan beberapa tetes minyak ini akan membantu dalam mengurangi stres. Minyak ini dapat ditambahkan ke dalam air dan disemprotkan di sekitar rumah, yang dapat bertindak sebagai obat pengusir nyamuk.

Penyeimbang hormon
Wanita yang menderita kram sewaktu menstruasi, dapat menambahkan beberapa tetes minyak ini ke dalam minyak pijat lain dan secara perlahan gosokkan di atas area kram. Cara ini akan mengurangi rasa sakit.

Minyak wangi
Banyak sekali minyak wangi yang mengandung minyak mawar geranium karena bau dan tekstur yang indah. Bau wangi dari geranium dapat berlangsung untuk jangka waktu yang lama. Hal ini membuatnya menjadi bahan yang sering dipakai dalam pembuatan parfum.

Minyak geranium bermanfaat untuk merawat kulit
Selain manfaat di atas, terdapat cara lain untuk menggunakan minyak geranium sebagai perawatan kulit. Menambahkan minyak ini ke dalam berbagai produk perawatan kulit akan membantu dalam menjaga kulit menjadi lentur dan lembut. Hal ini juga dapat ditambahkan sewaktu mandi, pedikur, dan manikur. TIdak hanya itu, dengan menambahkannya ke dalam shampoo, masalah kulit kepala seperti ketombe dan kutu rambut akan teratasi.


Minyak geranium tidak beracun dan tidak mengiritasi mata maupun kulit. Meski begitu, seperti halnya pada semua minyak esensial lainnya, minyak ini tidak boleh langsung digunakan pada kulit. Sangatlah penting untuk mencampur minyak ini ke dalam air atau ke dalam minyak yang lain seperti minyak kelapa, minyak almond, dsb.

 
  Incoming Keywords: Efek daun granium, kandungan rose geranium, kebaikan minyak geranium

,

Comments are closed.