Penyebab Sakit Lutut Saat Ditekuk & Diluruskan

Jika anda mengalami rasa sakit lutut saat ditekuk ataupun diluruskan dari waktu ke waktu, maka ini adalah saat yang tepat untuk berkunjung ke dokter. Lutut terdiri dari tulang rawan dan ligamen. Ini adalah faktor yang paling penting pada persendian dan digunakan untuk mendukung seluruh berat tubuh saat melakukan aktivitas. Sementara tulang memberikan kekuatan pada lutut yang diperlukan untuk menahan berat tubuh, otot-otot memberikan tarikan yang diperlukan untuk meluruskan dan mendukung sendi. Tendon menghubungkan tulang ke otot-otot di sekitarnya, sedangkan ligamen menghubungkan tulang primer ke tulang lainnya.

Sendi lutut cenderung mengalami cedera karena gerakan konstan yang terjadi. Hal ini dapat menyebabkan sakit, membengkak, dan membatasi pergerakan sendi. Berikut adalah beberapa penyebab sakit pada lutut saat ditekuk dan sewaktu meregangkan otot-otot:

Penyebab sakit lutut

Cedera pada lutut yang dialami adalah penyebab utama dari sakit lutut saat diluruskan maupun ditekuk. Keseleo dan ketegangan pada otot-otot lutut dapat menyebabkan cedera lutut. Hal ini dapat disebabknyeri lutut saat ditekuk diluruskanan karena kecelakaan, pukulan kuat pada lutut, atau karena gerakan yang tak biasa saat melakukan aktivitas tertentu. Cedera lutut pada umumnya yang menyebabkan sakit lutus saat ditekuk meliputi;

Meniskus lateral
Cedera pada tulang rawan meniskus dikenal dengan istilah meniskus lateral. Sendi lutut terdiri dari tulang paha dan tibia. Di antara dua tulang, terdapat 2 kartilago berbentuk cakram, ini disebut sebagai meniskus. Kartilago ini menyerap kejutan yang diterima saat femur menyerang tibia, selama aktivitas tertentu seperti membawa beban berat. Salah satu kartilago terletak di sisi dalam, dan yang lainnya terletak di sisi luar. Tulang rawan pada sisi luar disebut dengan meniskus lateral. Ketika terjadi cedera pada tulang rawan ini karena gerakan memutar atau terlibat dalam kegiatan menahan beban tertentu, maka disebut dengan meniskus lateral. Luka traumatis pada atlet dan penyakit tulang degeneratif pada usia lanjut adalah beberapa penyebab cedera lutut semacam ini.

Gejala yang dialami

  1. Sakit saat berlari atau jogging.
  2. Pembengkakan sendi lutut.
  3. Lutut susah ditekuk dan muncul suara, terutama ketika menaiki tangga.
  4. Lutut terasa kaku dan mengalami rasa sakit yang hebat saat menekuk lutut.

Tips mengobati
Berdasarkan tingkat keparahan dan penyebab meniskus, dokter mungkin menyarankan pengobatan yang tepat untuk ini. Jika hal ini disebabkan oleh cedera, maka obat anti inflamasi bersama dengan istirahat yang cukup, akan dapat membantu dalam mengurangi nyeri lutut. Ketika kondisi ini makin parah, operasi seperti artroskopi lutut mungkin saja juga diperlukan.

Sindrom patellofemoral
Sakit di sekitar bagian depan tempurung lutut berulang kali saat menekuk lutut, dapat disebabkan karena ketidaksejajaran dari tempurung lutut atau otot paha yang lemah.

Gejala

  1. Sakit ketika menekuk lutut waktu melakukan aktivitas seperti berjalan, jongkok, berlutut, atau berjalan.
  2. Terjadi pembengkakan bersama dengan suara sewaktu berjalan dan meluruskan lutut.

Tips mengobati
Gunakan perawatan seperti kompres es dan elevasi untuk mengobati rasa sakit. Pembedahan seperti artroskopi atau operasi penataan kembali pada lutut juga dapat membantu dalam menyembuhkan kondisi ini, terutama bagi para pelari.

Patela tendonitis
Ini adalah cedera pada lutut yang terkait dengan olahraga yang mempengaruhi tendon patela. Tendon ini menghubungkan femur ke tibia. Aktivitas yang melibatkan sering melompat dan terjun, seperti basket, loncat tinggi, lompat jauh, dan permainan lainnya, dapat menyebabkan cedera ini.

Gejala

  1. Sakit setelah melakukan aktivitas yang intens.
  2. Nyeri di bawah tempurung lutut.
  3. Otot betis melemah.
  4. Lutut mejadi kaku.

Tips mengobati
Istirahat yang cukup dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit. Untuk mendukung lutut, tali infrapatellar dapat dipakai tepat di bawah tempurung lutut. Obat anti inflamasi dan suntikan khusus juga dapat diberikan. Pada kasus yang parah, pembedahan mungkin saja akan diperlukan.

>>  Sindrom Nyeri Lutut pada Anak-anak

Cedera ligamen
Cedera ligamen pada lutut akan menjadi hal yang sangat menyakitkan. Kondisi ini sering diamati oleh para atlet, dan dapat menyebabkan nyeri lutut yang ekstrim saat lutut ditekuk dan diluruskan. Ada banyak jenis cedera ligamen, yang meliputi cedera pada ligamen anterior, posterior ligamentum cruciatum, lateral ligamentum (LCL), atau medial ligamen kolateral. Penyebab antara lain adalah terbenturnya lutut terhadap permukaan yang keras atau memutar lutut dengan kaki tertanam kuat di tanah, dan mengalihkan beban dari satu kaki ke kaki yang lainnya secara tiba-tiba.

Gejala

  1. Pembengkakan di sekitar sendi.
  2. Nyeri yang berlebihan dan kesulitan untuk menggerakkan kaki.

Tips mengobati
Terlepas dari obat penghilang rasa sakit anti inflamasi, anda dapat mencoba latihan tertentu yang direkomendasikan oleh dokter. Pada kasus yang parah pada ligamen, operasi rekonstruksi lutut adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkannya.

Bursitis
Peradangan pada sendi lutut akibat berlutut, jongkok, atau karena akibat gesekan yang berlebihan, disebut dengan bursitis. Pada dasarnya ada dua jenis bursitis yakni prepatellar bursitis dan infrapatellar bursitis.

Gejala

  1. Nyeri terutama ketika menekuk dan meluruskan lutut.
  2. Timbul pembengkakan.

Tips mengobati
Untuk meredakan peradangan, obat anti inflamasi dan suntikan kortikosteroid dapat diresepkan. Terapi fisik dan penggunaan bantalan lutut dapat digunakan untuk memperkuat otot-otot.

Luka lain yang menyebabkan nyeri lutut saat ditekuk termasuk tendinitis, sinovial plica syndrome, penyakit Osgood Schlatter, dan iliotibial band syndrome.

Osteoartritis
Ini adalah suatu kondisi kronis yang ditandai adanya degenerasi tulang rawan yang melindungi ujung tulang. Kondisi ini akan mengakibatkan gesekan yang berlebihan di antara tulang. Osteoarthritis juga dapat disebabkan oleh obesitas.

Gejala
Tergantung pada keparahan kondisi, seseorang dapat menderita sakit yang ringan, sedang, atau parah. Kondisi ini disertai dengan kurangnya kelenturan pada lutut, disertai dengan kekakuan dan beberapa pembengkakan.

Tips mengobati
Penghilang sakit pada lutut dalam bentuk obat-obatan oral, krim topikal, dan suntikan steroid, dapat digunakan. Pada keadaan tertentu, suntikan asam hialuronat akan diberikan untuk mengganti cairan yang hilang di antara tulang. Obesitas juga menjadi salah satu penyebab umum masalah ini. Maka itu, ubahlah pola makan dan berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis merupakan gangguan kronis dari sistem kekebalan tubuh. Rheumatoid arthritis pada lutut disebabkan oleh peradangan pada membran sinovium. Sinovium yang terdapat dalam tulang rawan sendi, menghasilkan cairan pelumas yang dipakai dalam menjaga sendi agar bekerja dengan optimal. Tidak adanya cairan tersebut akan dapat menyebabkan persendian menjadi rusak.

Gejala
Pembengkakan, nyeri, dan lutut kaku saat ditekuk dan diluruskan adalah beberapa tanda-tanda umum dari rheumatoid arthritis. Pada keadaan tertentu, gejala seperti flu dan kelelahan ekstrim dapat diderita.

Tips mengobati
Obat anti rematik seperti sulfasalazine, azathioprine, methotrexate, atau leflunomide, dapat diresepkan bersamaan dengan obat anti inflamasi.


Seiring dengan pilihan pengobatan yang tersedia, latihan lutut terapi sederhana yang direkomendasikan oleh fisioterapis dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan memperkuat otot-otot.

 
  Incoming Keywords: sakit belakang lutut, lutut sakit saat ditekuk, cara menghilangkan nyeri saat jongkok, sakit di lutut bagian belakang, lutut sakit, lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan, cara menyembuhkan lutut belakang yang nyeri, paha sakit saat kaki ditekuk, lutut kaku tidak bisa ditekuk, penyebab lutut kaku

, , , ,

Comments are closed.