Penyebab Hilang Ingatan dan Gejala yang Terlihat

Hilangnya ingatan secara tiba-tiba tentu menjadi hal yang menakutkan, terlebih jika anda tidak memahami mengapa hal semacam ini dapat terjadi. Artikel di bawah ini akan memberikan pembahasan tentang penyebab dan gejala yang menyertai kehilangan ingatan dan gejala yang nampak.


Mungkin saja anda sendiri atau orang-orang yang dekat dengan anda dapat terserang penyakit hilang ingatan secara tiba-tiba dalam jangka pendek. Pada situasi seperti ini, orang-orang yang terkena dampaknya tidak akan dapat mengingat apa yang mereka lakukan pada beberapa saat yang lalu. Hal ini menjadi kondisi yang dapat membuat takut orang-orang yang terkena dampak dan orang-orang di sekitar mereka karena menjadi sangat mengejutkan bahwa mereka tidak dapat mengingat apa yang mereka lakukan sebelumnya, hanya sekitar 5 menit yang lalu. Kehilangan ingatan dengan tiba-tiba ini biasanya terjadi dalam jangka waktu yang singkat. Kemudian setelah beberapa saat, seseorang yang terkena akan dapat menghidupkan kembali ingatannya dan mengingat semua kejadian yang dia lakukan.

Kemampuan untuk menyimpan dan mengingat informasi disebut memori. Seluruh proses penyimpanan, pengolahan, dan mengingat informasi adalah mekanisme yang kompleks dan diatur oleh otak kita. Memori dapat diklasifikasikan ke dalam dua bentuk, yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Memori jangka pendek memungkinkan seseorang untuk mengingat informasi hanya untuk jangka waktu pendek, sedangkan memori jangka panjang dapat menyimpan sejumlah besar informasi untuk jangka waktu yang lama, bahkan kadang-kadang untuk seumur hidup. Akan tetapi kemampuan otak tersebut dapat terganggu karena sejumlah faktor tertentu.

Penyebab hilangnya ingatan



Proses natural dari penuaan mengakibatkan kerusakan secara bertahap dan penurunan kemampuan pada otak untuk belajar dan menyimpan informasi baru karena kehilangan sel-sel otak. Namun, hal ini tidak membawa kerugian yang signifikan dari memori selama interval pendek. Proses penuaan pada umumnya menyebabkan hilangnya ingatan jangka pendek atau kemampuan untuk mengingat peristiwa yang telah terjadi baru-baru saja serta untuk mempelajari hal-hal baru. Akan tetapi, faktor-faktor tertentu seperti stres, alkohol, atau penyalahgunaan obat dan beberapa masalah kesehatan dapat juga menjadi penyebab kehilangan ingatan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hilangnya ingatan dapat mempengaruhi semua kelompok umur dan ada banyak penyebab hilangnya ingatan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu penyebab hilangnya ingatan yang utama adalah kondisi cedera pada kepala.
  2. Kondisi lain yang dikenal dengan amnesia juga memicu kehilangan memori jangka pendek setelah peristiwa yang mengakibatkan stres atau trauma, atau juga peristiwa yang menyebabkan tingkat kecemasan yang ekstrim. Meskipun ini adalah kondisi yang sangat langka, ada kemungkinan bahwa hal ini dapat saja terjadi pada sebagian orang.
  3. Penyakit tumor otak dapat menunjukkan kehilangan ingatan jangka pendek.
  4. Mereka yang mengalami stres dan tidak mampu mengatasinya dapat kehilangan ingatan secara tiba-tiba.
  5. Demikian pula, mereka yang kurang tidur dapat dipengaruhi oleh kondisi ini.
  6. Mereka yang terkena dampak stroke mungkin saja akan mengalami kesulitan untuk mengingat peristiwa yang terjadi sebelum stroke, di mana mereka tidak dapat mengingat apa yang mereka lakukan di masa lalu.
  7. Ketika otak terinfeksi, kemungkinan akan merusak fungsi memori, sehingga menyebabkan kondisi ini. Selanjutnya, asupan obat-obatan seperti obat statin juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk mengingat.
  8. Demensia merupakan gangguan yang berhubungan dengan kemampuan kognitif dan lebih sering ditemukan pada orang tua, tetapi ini tidak berarti bahwa hal ini tidak dapat terjadi pada orang yang lebih muda.
  9. Penyakit alzheimer merupakan salah 1 jenis dari demensia atau penyakit degeneratif. Gejala utama kondisi ini adalah hilangnya memori dan kemampuan kognitif. Pada mulanya penderita selalu lupa tentang peristiwa yang terjadi baru-baru ini, tetapi memori jangka panjang mereka tetap utuh. Namun, secara bertahap penyakit ini juga akan mempengaruhi memori jangka panjang.
>>  Meningkatkan Fungsi Kerja Otak dengan Melatihnya

Gejala yang terlihat

Ada gejala tertentu dari kehilangan ingatan yang menyertai meliputi:

  1. Pada umumnya, ketika kehilangan memori akan segera terjadi, orang-orang yang terkena akan tiba-tiba pergi diam dan tidak menanggapi jika nama mereka dipanggil.
  2. Rasa bingung yang amat sangat karena kegagalan untuk memahami segala sesuatu di sekitar lingkungan mereka.
  3. Gejala lain adalah ketidakmampuan untuk melakukan tugas tertentu meskipun pernah melakukannya dengan baik di masa lalu.
  4. Biasanya kehilangan ingatan dengan tiba-tiba akan disertai koordinasi otot yang tidak baik.
    Individu yang terserang juga dapat mengajukan pertanyaan yang sama dan sama lagi.

Selain hal yang telah dijelaskan di atas, memori dapat terganggu karena kurangnya nutrisi yang tepat dari makanan. Seperti organ tubuh lainnya, otak juga memerlukan nutrisi penting termasuk vitamin, khususnya vitamin B dan C. Oleh karena itu, makan makanan yang sehat dan seimbang dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan memori. Apapun penyebab kehilangan ingatan, berkonsultasi dokter menjadi hal yang penting. Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, maka kondisi ini dapat menjadi lebih buruk. Perawatan dan resep obat tertentu, terapi untuk memperbaiki memori, dan latihan peningkatan memori, mungkin akan diperlukan.

 
  Incoming Keywords: hilang ingatan sesaat, pentakit yang buat lupa ingatan, penyakit yang mengakibatkan gangguan ingatan pada otak adalah

, , , ,

Comments are closed.