Penyebab Diastolik Rendah

Penyebab tekanan darah diastolik rendah perlu adanya perhatian dan penanganan medis dengan segera untuk menghindari komplikasi kesehatan tertentu. Diagnosis dan cara mengobati diastolik rendah akan membantu dalam mencegah kondisi yang mengancam jiwa.

Organ jantung merupakan pusat dari sistem peredaran darah. Ini adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh. Fungsi utama dari organ tubuh yang sangat vital ini berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Tekanan darah dapat diartikan sebagai tekanan pada dinding arteri saat darah beredar melaluinya. Sedangkan tekanan darah sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu tekanan darah sistolik dan diastolik. Tekanan darah sistolik merupakan tekanan darah tertinggi saat kontraksi ventrikel, sedangkan diastolik merupakan tekanan darah setelah kontraksi jantung sewaktu bilik jantung mengisi darah. Kisaran tekanan darah normal pada orang dewasa rata-rata adalah 120/70. Hal ini menjadi begitu penting untuk menjaga tingkat tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan beresiko terserang penyakit kardiovaskular. Tekanan darah rendah yang juga dikenal dengan istilah hipotensi dalam bahasa medis, ini terjadi sewaktu jantung tidak mampu menjaga tekanan pada tingkat normal karena berbagai penyebab, diantaranya adalah pola makan yang tidak tepat, kurangnya istirahat dan beberapa penyakit lain yang mendasarinya. Tingkat tekanan darah untuk kondisi ini pada umumnya adalah 90/60 mmHg dan bahkan dapat menjadi lebih rendah. Tekanan darah diastolik yang rendah mengurangi tingkat oksigen dalam darah yang bertugas mengirim nutrisi ke sel-sel tubuh. Proses pembuangan sampah juga menjadi lambat, sehingga lebih susah untuk membuang racun dalam tubuh dan akhirnya sel-sel dalam tubuh menjadi rusak.

Penyebab diastolik rendah

Hipotensi merupakan masalah kesehatan yang dapat menyebabkan pengerasan pada arteri, penyakit stroke, gagal ginjal, dan penyakit jantung. Dampak lainnya termasuk kerusakan pada otot-otot pada jantung, emboli paru dan denyut jantung yang makin lambat. Untuk mengurangi resiko ini, maka wajib untuk mengetahui berbagai macam penyebab diastolik rendah. Beberapa faktor penyebab diastolik rendah meliputi hal-hal di bawah ini:

  1. Salah satu faktor penyebab diastolik rendah yang paling sering adalah kekurangan vitamin B kompleks, terutama vitamin B12 dan asam folat. Kekurangan kedua nutrisi ini akan dapat menyebabkan penyakit anemia dan menurunkan tekanan darah.penyebab diastolik rendah
  2. Faktor usia adalah salah satu penyebab dalam hal ini. Aorta dan pembuluh darah lainnya menjadi sempit atau kaku, sehingga mengurangi kadar darah yang dikirim ke jantung.
  3. Alergi yang memicu ruam kulit atau gatal-gatal dan sesak nafas dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Kondisi ini juga menjadi penyebab penurunan tekanan darah diastolik.
  4. Pada masa kehamilan, tubuh mengalami beberapa perubahan karena harus menyesuaikan diri. Karena adanya beberapa perubahan hormonal dan sistem peredaran darah yang mengembang untuk memberikan lebih banyak darah ke janin, maka diastolik menjadi rendah. Ibu hamil biasanya akan menderita tekanan darah rendah selama kehamilan, ini adalah hal yang normal.
  5. Diastolik rendah juga dapat disebabkan karena efek samping dari obat-obatan yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Diabetes juga menjadi penyebab untuk hipotensi, karena kondisi ini cenderung merusak sistem saraf otonom.
  7. Dehidrasi adalah penyebab lain tekanan darah di bawah normal. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, cairan tubuh menurun dengan kecepatan yang lebih cepat daripada yang diasimilasi oleh tubuh, yang dapat menyebabkan penurunan volume darah. Kondisi ini juga disebut dengan hipovolemia, yang dapat menjadi mengancam jiwa jika tidak ditangani secepatnya.
  8. Kehilangan darah dan pendarahan akibat cedera berpengaruh pada tekanan darah diastolik. Kondisi ini juga dapat terjadi saat siklus menstruasi.
  9. Infeksi darah atau sepsis yang disebabkan karena adanya patogen penyebab infeksi dalam aliran darah juga menjadi faktor penyebab turunnya tekanan darah. Kondisi ini dapat menaikkan kadar racun di dalam darah sehingga akhirnya akan merusak pembuluh darah dan berakibat fatal.
>>  Cara Menurunkan Tensi & Mencegah Hipertensi

Gejala yang dialami

Beberapa gejala akibat diastolik rendah yang dapat terlihat pada penderita adalah sebagai berikut:

  1. Nafsu makan yang rendah.
  2. Letih dan lesu sepanjang hari dan tidak bersemangat.
  3. Meras mual dan ingin muntah.
  4. Kepala pusing dan dapat mengalami pingsan..

Tes tertentu seperti tes pada tekanan darah dan tes darah dapat dilakukan oleh dokter sebelum diberikan pengobatan. Setelah mengetahui kondisi yang sebenarnya, pengobatan yang diperlukan akan dilakukan. Dokter dapat saja menyarankan penderita untuk selalu tetap terhidrasi dan meningkatkan asupan garam sampai tingkat tekanan darah menjadi normal. Beberapa suplemen gizi lain yang mengandung vitamin C dan protein tinggi juga dapat disertakan. Obat seperti fludrocortisone, yang membantu dalam meningkatkan tekanan darah juga dapat diberikan tetapi hanya di bawah pengawasan dokter. Selalu mengawasi tekanan darah dengan rutin dalam kisaran yang tepat akan membantu dalam menjaga tekanan darah menjadi normal.

 
  Incoming Keywords: tekanan darah diastolik normal

, ,

Comments are closed.