Tips Menurunkan Sistolik dengan Alami

T ekanan darah yang normal bagi manusia adalah 120/80 mm Hg. Angka yang lebih tinggi pada bagian 120 adalah tekanan sistolik, sedangkan angka yang lebih rendah yaitu 80 adalah tekanan diastolik. Tekanan darah sistolik adalah tekanan tertinggi yang diberikan oleh darah pada dinding arteri saat jantung berkontraksi dan memompa darah. Di sisi lain, tekanan diastolik menunjukkan tekanan dalam arteri saat jantung beristirahat di antara ketukan. Hipertensi atau juga tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hipertensi, diantaranya adalah faktor usia, stres, konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok, obesitas, genetika, konsumsi garam yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi sehingga tidak terkontrol, yang dapat mengakibatkan gangguan medis seperti serangan jantung, stroke, dan sindrom metabolik. Oleh karena itu, menurunkan sistolik harus segera dilakukan untuk mencegah penyakit jantung.

Cara alami menurunkan sistolik

Tekanan darah sistolik dapat diturunkan dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Meski begitu, ada beberapa cara alami yang sama-sama efektif dalam menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi.

Pola makan yang sehat
Makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi seperti kuning telur, hati, lobster, lemak, makanan cepat saji, keju, dan mentega dapat meningkatkan tekanan darah akibat kelebihan kolesterol yang menumpuk pada dinding bagian dalam arteri. Oleh karena itu, makanan ini benar-benar harus dihindari. Anda harus dapat untuk mengkonsumsi sayuran, ayam tanpa lemak, buah-buahan, putih telur, dan biji-bijian dalam menu makan harian.

Natrium yang tinggi secara tidak langsung memberikan tekanan berlebih pada jantung, sehingga membuat jantung untuk memompa lebih keras. Hal ini akan meningkatkan tekanan darah. Maka itu sangatlah penting untuk mengurangi makanan dengan kadar natrium tinggi seperti keripik asin, makanan cepat saji, saus tomat, keju, dan acar.

Olahraga teratur
Berolahraga secara rutn dianggap menjadi salah satu cara dalam menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Olahraga dengan teratur selama 30 sampai 60 menit tiap harinya akan membantu dalam memperkuat organ jantung. Anda dapat memulai olahraga kardiovaskular seperti berlari, berjalan, jogging, dan renang. Selain itu, anda juga dapat berlatih meditasi dan yoga.

>>  Cara Meningkatkan Tekanan Darah Menjadi Normal

Menurunkan berat badan
Di zaman modern sekarang ini, obesitas dan stres adalah penyebab utama hipertensi. Ketika seseorang mengalami kelebihan berat badan, maka dia memiliki volume darah yang lebih tinggi, hal ini akan meningkatkan tekanan darah. Kegemukan dapat beresiko mengalami hipertensi dan penyakit jantung. Oleh karena itu, anda wajib untuk mengurangi kelebihan lemak dan menjaga berat badan yang ideal.

Menghilangkan stres
Seperti yang telah disebutkan di atas, stres adalah penyebab lain untuk hipertensi. Stres dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Stres dapat dihilangkan dengan mengatur waktu dan mengikuti teknik relaksasi. Menghabiskan waktu dengan orang yang anda cintai, melakukan hobi anda, menonton film atau membaca cerita lucu adalah beberapa cara untuk menghilangkan stres yang mujarab.

Menghindari konsumsi alkohol dan rokok
Nikotin dalam rokok dapat menurunkan tingkat oksigen ke jantung dan juga meningkatkan resiko pembekuan darah. Kemudian konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah secara drastis. Maka dari itu, untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegahnya, anda harus menghindari rokok dan alkohol. Kandungan kafein dianggap dapat meningkatkan tekanan darah. Meski terdapat sedikit bukti tentang efek jangka panjang kafein terhadap tekanan darah, akan lebih baik lagi untuk mengurangi asupan kafein.


Jika anda telah didiagnosa mengalami hipertensi, maka anda wajib untuk mengawasi tekanan darah  secara teratur. Perlu untuk diingat, bahwa cara yang paling ampuh untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan memiliki gaya hidup yang sehat. Cara-cara menurunkan sistolik di atas ini dapat membantu dalam mencegah hipertensi dan penyakit jantung. Dan jangan lupa, konsultasikan dengan dokter dan menerapkan tips menurunkan sistolik ini dengan segera agar mempunyai kehidupan yang sehat.

,

Comments are closed.