Penyebab Pendarahan Hidung Terus-Menerus

Perdarahan pada hidung pada umumnya tidak menimbulkan masalah yang sangat serius. Namun, terlalu sering mimisan kadang dapat saja menunjukkan adanya suatu masalah yang serius seperti gangguan perdarahan, defisiensi vitamin K atau bahkan leukemia. Biasanya anak-anak lebih rentan mengalami mimisan daripada orang dewasa. Meski begitu, pendarahan darah melalui hidung yang terjadi lebih dari sekali dalam seminggu dapat menjadi hal yang menakutkan.

Pendarahan hidung

Hidung dilapisi oleh pembuluh darah yang hangat dan berfungsi meningkatkan tingkat kelembaban  udara yang kita hirup. Pembuluh darah ini terletak dekat pada permukaan yang membuatnya rentan terhadap cedera. Menghirup udara panas dapat membuat membran mukosa di dalam hidung menjadi kering dan tipis. Sebagai akibatnya, pembuluh darah menjadi lebih rentan terhadap pendarahan. Cedera, mengupil, ataupun meniup hidung dengan sangat keras untuk membersihkan bagian dalam hidung, adalah penyebab umum perdarahan hidung pada anak-anak maupun orang dewasa. Semua kondisi ini biasanya menyebabkan kasus mimisan sporadis.

Penyebab mimisan terus-menerus

Beberapa masalah kesehatan dapat menyebabkan mimisan terus-menerus, antara lain:

Gangguan pendarahan
Beberapa orang mungkin menderita gangguan perdarahan dimana kemampuan darah untuk membeku dan menutup luka terganggu. Dengan darah yang membeku memastikan bahwa darah tidak hilang terlalu banyak dari tubuh. Gangguan tersebut cenderung berjalan dalam riwayat keluarga dan karenanya tidak sulit untuk diidentifikasi sebagai penyebab mimisan terus-menerus.

Kekurangan vitamin K
Vitamin K mempunyai peran penting dalam proses pembekuan darah. Kekurangan vitamin K dapat membuat tubuh menjadi lebih rentan mengalami perdarahan termasuk pada kasus mimisan terus-menerus.

Leukemia
Sering mengalami mimisan dan luka memar merupakan salah satu gejala awal dari leukemia. Leukemia adalah penyakit di mana jumlah sel darah putih mengalami peningkatan drastis. Sel darah putih ini membanjiri aliran darah tetapi tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Sebaliknya, sel darah ini justru mempengaruhi jumlah sel darah lainnya seperti sel darah merah dan trombosit yang buruk, dan menyebabkan anemia.

Polusi
Menghirup bahan kimia seperti amonia atau benda asing yang terjebak di dalam hidung dapat menyebabkan perdarahan.

Cedera
Trauma pada hidung akibat dari kecelakaan atau dari pukulan langsung maupun tidak langsung pada hidung dapat mengakibatkan cedera yang serius bahkan patah hidung. Pendarahan hidung setelah cedera memerlukan pertolongan medis dengan segera.

>>  Penyebab Mimisan Pada Orang Dewasa

Efek samping dari obat-obatan
Memakai semprotan hidung terus-menerus, menghisap obat melalui hidung, dsb dapat menyebabkan perdarahan hidung. Mengkonsumsi obat pengencer darah juga dapat mengalami masalah tersebut.

Seseorang yang mempunyai tumor hidung dan penderita sinusitis juga dapat mengalami perdarahan hidung yang terjadi berkali-kali dalam sebulan. Ketika tekanan darah seseorang melonjak naik, pembuluh darah di hidung dapat pecah dan menyebabkan perdarahan. Namun, tidak selamanya tekanan darah tinggi akan menyebabkan perdarahan hidung.

Tips mengatasi

Ketika mengalami mimisan, berdirilah atau duduk dengan posisi tegak. Hal ini untuk memastikan bahwa jantung pada tingkat lebih rendah dari kepala sehingga hanya terdapat sedikit darah yang mengalir ke dalam pembuluh darah di hidung.

  1. Lap darah yang dengan kain basah.
  2. Tekan jari-jari anda pada hidung di mana tulang rawan dan tulang bertemu. Terapkan tekanan ringan di tempat ini sekitar 10 menit.
  3. Pada saat ini bekuan darah harus terbentuk di lokasi perdarahan yang akan menghentikan aliran darah.
  4. Jika darah terus menetes keluar, terapkan tekanan selama beberapa menit lagi.
  5. Jika pendarahan berlanjut selama lebih dari 20 menit, atau jika penderita tersebut mengalami kesulitan dalam bernafas, maka anda harus mencari pertolongan medis secepatnya.

Jika anda sering mengalami mimisan maka harus menjaga tingkat kelembaban di lingkungan anda. Tidak hanya itu, anda wajib berkonsultasi dengan dokter dan juga harus menggunakan semprotan saline nasal. Langkah-langkah pencegahan tersebut dapat membantu mengurangi terjadinya mimisan. Cara yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa perdarahan pada hidung yang dialami bukanlah tanda-tanda dari beberapa gangguan medis yang serius.

 
  Incoming Keywords: pecah pembuluh darah pada hidung, pembuluh darah hidung pecah, pendarahan hidung, mimisan terus menerus gejala penyakit apa, pembuluh darah di hidung pecah, pembuluh darah pecah di hidung, pembuluh darah hidung, sering keluar darah dari hidung, penyebab perdarahan pada hidung, hidung keluar darah banyak

, , ,

Comments are closed.