Cara Mengontrol Diabetes dengan Alami

Para ahli kesehatan boleh saja menyatakan bahwa tidak ada obat untuk diabetes, namun banyak cara untuk mengontrol diabetes secara alami yang dapat anda lakukan dengan terus menjalani gaya hidup sehat.

Diabetes, yang terjadi karena kurangnya insulin, menyebabkan kelainan metabolisme. Oleh karena itu akan meningkatkan keton dalam darah hingga tubuh anda tidak dapat memproduksi insulin yang cukup dan tidak mampu mengubah zat gula menjadi energi yang dibutuhkan. Akibatnya, gula yang tinggal dalam darah membuat ginjal bekerja lebih keras dari biasanya, yang akan menyebabkan gangguan sering buang air kecil, yang merupakan gejala diabetes yang paling sering terjadi.

Penyakit diabetes dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan penyakit stroke, maka itu sudah saatnya anda belajar bagaimana cara mengontrol diabetes. Tentu saja, diabetes dapat dikendalikan melalui cara dan gaya hidup yang sehat. Pengobatan alami untuk mengendalikan diabetes berikut telah dirasakan oleh banyak orang dan merasa bahwa penyakit diabetes yang diderita telah sembuh. Mereka yang sebelumnya menderita diabetes telah menjadi mengembangkan gaya hidup yang lebih baik, dan dengan demikian dapat mencegah timbulnya diabetes. Anda juga dapat melakukannya, asalkan mempertimbangkan tips-tips berikut ini untuk dapat menyembuhkan diabetes secara alami.

Mengontrol diabetes dengan alami



Perlu diperhatikan bahwa terdapat 2 jenis diabetes yaitu diabetescara mengontrol diabetes tipe 1 yang merupakan cacat genetik, dan dapat disembuhkan hanya dengan bantuan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter spesialis, sedangkan diabetes tipe 2 dapat disembuhkan dengan diet seimbang dan gaya hidup sehat. Untuk mengontrol diabetes yang diderita, berikut ini adalah 3 tips yang sangat penting dan harus selalu diingat:

Menurut penelitian, sesuatu yang pahit dapat menjadi obat yang sangat baik untuk diabetes. Sebagai contoh, pare adalah obat yang dikenal untuk menurunkan kadar gula. Mengolah masakan pare setiap hari atau membuat jus pare dan meminumnya pada saat perut kosong di pagi hari adalah cara yang baik dalam mengontrol tingkat kadar gula. Metode lain dari mengkonsumsi pare adalah dengan merebusnya dan kemudian memakannya setiap hari. Selain pare, daun mimba yang pahit juga dapat menjadi obat yang sangat baik untuk diabetes. Dengan membuat jus daun mimba akan bermanfaat dalam mengontrol diabetes. Salah satu metode yang paling sering dilakukan dari mengkonsumsi daun mimba agar tidak terlalu terasa pahit adalah dengan membuat daun ini mengering terlebih dahulu, dan kemudian menumbuknya sampai menjadi bubuk halus. Anda dapat mencampur satu sendok makan bubuk daun mimba dengan air hangat dan meminumnya setiap hari.

>>  Gejala Diabetes pada Wanita Hamil

Makanan yang kaya kandungan omega 3 asam lemak akan memberikan hasil yang lebih baik. Terlebih lagi, apa pun yang tumbuh di bawah tanah seperti halnya kentang atau ubi-ubian, harus dikonsumsi dalam jumlah yang kecil. Akan lebih baik untuk memakan sayuran mentah, tinggalkan masakan instan, dan yang paling penting adalah berhenti merokok. Masukkan buah-buahan dan sayuran dalam diet harian anda. Dan yang terakhir adalah dengan memasukkan makanan yang kaya akan magnesium, kromium, kalsium, dan seng dalam menu makan harian, karena makanan ini tidak hanya membantu dalam mengontrol kadar gula darah, tetapi juga membantu sel-sel tubuh merespon terhadap insulin.

Berolahraga terutama berenang dan berjalan atau jogging akan membuat otot-otot menyerap glukosa untuk energi yang akhirnya menyebabkan kadar gula darah menurun. Hal ini akan mengobati diabetes secara alami. Namun, pada beberapa penderita diabetes, jika terlalu sering berolahraga juga cenderung memiliki efek yang berlawanan, dimana hal ini tidak akan menurunkan kadar glukosa darah, dan sebaliknya justru akan meningkatkannya. Akibatnya, selalu disarankan bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan mencari tahu jenis olahraga yang dapat mendukung kesehatan anda dengan baik, dan yang tidak berbahaya dengan cara apapun. Hingga saat ini, berjalan atau jalan cepat menjadi salah satu olahraga terbaik yang dapat digunakan untuk mendukung dalam mengendalikan diabetes dengan cara alami dan terbaik. Tidak hanya mengontrol diabetes, hal ini juga membantu dalam mengurangi berat badan. Sementara itu diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh berkurangnya sensitifitas terhadap insulin dalam tubuh, berolahraga dapat meningkatkan efisiensi produksi insulin dalam tubuh. Banyak penderita diabetes yang dulunya kelebihan berat badan, menerapkan metode ini untuk mengendalikan diabetes dengan cara alami, dan akhirnya tidak hanya menurunkan berat badan tetapi juga menyembuhkannya.

Semakin tenggelam lebih dalam karena penyakit diabetes maka akan sulit untuk ditangani. Belajar bagaimana cara mengontrol diabetes secara alami tidak membuat perbedaan dalam menjalani hidup yang lebih sehat.

, ,

Comments are closed.