Tips Membeli Batu Permata

Perhiasan batu permata dianggap sebagai salah satu yang terbaik dan juga barang berharga bagi sekian banyak orang. Maka itu sangatlah penting untuk menyadari hal-hal tertentu sebelum membeli batu permata. Berikut adalah cara-cara dalam memilih dan tips dalam membeli batu permata pilihan anda sebagai pemula.

Ada beberapa faktor yang perlu menjadi bahan pertimbangan ketika anda membeli batu permata. Membeli batutips membeli batu permata mulia tidak sesederhana seperti halnya membeli logam mulia atau platinum. Batu permata baik yang asli maupun imitasi, hampir semuanya terlihat sama. Dimulai dengan pengetahuan dasar tentang batu permata, adalah penting untuk dicatat bahwa batu permata adalah istilah yang luas digunakan untuk batu berharga seperti batu zamrud dan safir, sedangkan untuk batu semi mulia adalah seperti garnet, peridot, batu akik, dsb. Batu mulia permata terbilang mahal, sementara batu semi mulia atau sintetis korundum relatif lebih murah. Sedangkan batu permata imitasi adalah batu buatan yang tidak berharga dan murah. Namun, sangat sulit bagi para pemula untuk menemukan perbedaan antara dua batu permata.

Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi batu permata yang dapat anda ikuti. Anda harus menyadari semua hal-hal berikut di bawah ini sebelum membeli batu permata.

Tips membeli batu permata

Yang pertama dan hal paling penting yang perlu anda ingat dalam membeli permata dan perhiasan batu permata adalah hanya membeli dari toko perhiasan yang terpercaya. Mari kita lihat pada cara lain yang dapat diikuti saat membeli batu permata dengan kualitas terbaik.

  • Berlian, batu ruby, safir dan zamrud adalah satu-satunya batu berharga saat ini. Batuan ini tergolong langka dan oleh karena itu sangat berharga. Sedangkan semua batu-batu lain dikategorikan ke dalam kelompok semi. Batu yang jernih biasanya akan dihargai lebih tinggi.
  • Jika anda melihat pada warna batu mulia, anda harus mencatat bahwa yang mahal memiliki warna yang cerah. Batuan ini tidak terlalu gelap atau terlalu terang. Perlu diingat bahwa batu permata sintesis seringkali nampak terlalu jernih daripada batu permata yang terbentuk secara alami.
  • Terkadang, terdapat inklusi atau tanda yang ditemukan pada batu permata yang asli. Hal ini memang akan menurunkan harga batu. Namun, tidak ada salahnya membeli batu dengan inklusi jika anda memang tertarik.
  • Ukuran batu permata akan dapat membuat perbedaan yang begitu besar pada kisaran harga. Unit pengukuran permata adalah karat, yang merupakan 1/5 gram. Makin tinggi karat, maka harga batu permata juga menjadi lebih mahal. Tetapi berat permata akan lebih dipertimbangkan daripada lebar atau luas ukurannya. Oleh karena itu, dua batu mulia dengan ukuran yang sama tidak dapat dikenakan biaya sama. Hal ini karena adanya perbedaan dalam masalah berat dan kepadatan.
  • Jika anda mengamati pada dua atau lebih dari batu rubi atau mungkin batu permata lainnya secara bersamaan, anda akan melihat bahwa masing-masing memantulkan cahaya yang berbeda. Hal ini karena adanya perbedaan dalam hal pemotongan batu-batu ini. Sebuah batu permata yang dipotong dengan simetris akan memiliki biaya yang lebih tinggi.
  • Perlu untuk diingat juga bahwa membeli batu permata sintetis dan batu permata imitasi bukanlah ide yang buruk. Namun, anda juga harus berhati-hati untuk tidak membayar batu permata imitasi dengan harga yang tinggi.
>>  Cara Membersihkan Cincin Berlian

Meskipun tips dalam membeli batu permata ini akan membantu anda, namun akan sangat sulit untuk membedakan antara batu permata yang asli dan yang palsu terutama bagi para pemula. Meski begitu, anda tetap dapat mencoba untuk membeli permata dengan kualitas yang baik di toko perhiasan yang dapat dipercaya.

, ,

Comments are closed.