Tips Memperpanjang Umur Baterai Handphone

Telepon selular telah menjadi bagian yang dapat dipisahkan dari kehidupan setiap orang saat ini. Terlepas dari berbagai perkembangan handphone, baterai menjadi suatu hal yang masih merupakan kelemahan utama bagi sebagian besar pengguna handphone.

Hingga saat ini handphone telah mengalami perkembangan pesat, meski begitu daya tahan baterai menjadi perhatian utama bagi kebanyakan produsen dan juga konsumen. 1 dekade yang lalu, ponsel hanya digunakan dalam keadaan darurat. Namun, sekarang ini sulit untuk membayangkan jika tidak memiliki ponsel untuk kebutuhan setiap hari.

Sebagian besar handphone saat ini menggunakan baterai ion lithium yang kecil dan ringan. Laptop dan berbagai alat portable lainnya juga menggunakannya. Meskipun baterai handphone saat ini berumur relatif panjang daripada baterai zaman dulu, tetap harus dilakukan perawatan untuk memerpanjang daya tahan baterai. Dalam alinea berikut ini adalah tentang beberapa cara yang akan membantu anda untuk memperpanjang umur baterai handphone anda.

Memperpanjang umur baterai hp



Charge
Hal pertama yang sangat penting yang perlu dilakukan adalah saat pengisian. Baterai ponsel tidak boleh dibebankan untuk waktu yang lama. Dengan kata lain, setelah baterai mencapai 100%, anda harus menghentikan proses pengisian. Aturan praktis tentang baterai adalah bahwa semakin tinggi suhu, semakin rendah daya tahan baterai. Hal ini mulai berlaku ketika orang mengisi baterai semalam suntuk. Ketika ponsel dicharge terlalu lama dan kapasitas baterai penuh, hasil lebih lanjut dari pengisian yang dihasilkan adalah panas yang dapat merusak baterai. Hal ini menurukan umur baterai secara substansial. Cara yang paling baik tentu saja adalah denmemperpanjang umur bateraigan mencabut charger setelah baterai terisi penuh.

Siklus discharge
Baterai lithium ion memiliki siklus 300 sampai 500 charge discharge. Untuk meningkatkan daya tahan baterai, maka janganlah mengisinya dengan menunggu baterainya sampai benar-benar habis terlebih dahulu. Ketika kapasitas menurun menjadi sekitar 30%, anda harus mengisi ulang baterai hingga penuh lagi. Namun, setelah sekitar 25 sampai 30 siklus, debit penuh harus dilakukan. Hal ini tidak hanya membantu memperpanjang umur baterai, tetapi juga membantu dalam mengkalibrasi indikator baterai dengan benar.

>>  Dampak Positif dan Dampak Negatif Membawa Handphone ke Sekolah

Pengaturan
Membuat handphone pada modus getar akan menyebabkan baterai habis lebih cepat dibandingkan dengan mode diam. Pencahayaan latar ponsel harus diatur untuk langsung padam setelah beberapa detik. Energi baterai ponsel mengalir cepat jika layar ponsel tetap menyala untuk waktu yang lama. Pengaturan mobile anda tentunya memiliki pilihan untuk mematikan backlight/ latar ponsel setelah beberapa detik. Gunakan pengaturan ini untuk menghindari boros baterai. Tidak hanya itu, screensaver bahkan juga memerlukan banyak energi dan dapat menyebabkan baterai menjadi lebih boros. Fitur tambahan dalam ponsel seperti bluetooth dan Wi-Fi juga akan menguras energi baterai sangat cepat. Fitur-fitur ini harus dimatikan saat tidak digunakan. Layar handphone juga harus dikunci ketika disimpan ke dalam saku.

Sebagai tambahan, jangan menempatkan handphone dalam ruangan dengan suhu yang sangat panas atau sangat dingin. Suhu yang ekstrim dapat menyebabkan daya tahan baterai ponsel menurun. Baterai tidak boleh terkena air karena dapat mengurangi masa pakai baterai. Tidak hanya baterai, fitur lain dari handphone anda juga dapat berhenti bekerja jika terkena air.

Ketika anda membeli handphone baru, janganlah bersamaan membeli baterai cadangan jika tidak akan digunakan dalam waktu lama. Namun jika anda terlanjur membeli baterai cadangan tersebut, simpanlah dalam kulkas, tapi hindari menyimpannya di dalam freezer. Ketika anda mendinginkan baterai cadangan, baterai harus pada 40% dari total pengisian. Dan yang terakhir, ketika anda membeli ponsel baru, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisinya selama sekitar 10 jam. Ini adalah beberapa tips sederhana untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel sehingga umur baterai lebih lama.

 
  Incoming Keywords: Cara charge hp dengan dimatikan memperpanjang umur batre?, cara mengatasi baterai hp tidak terisi penuh

, , , , ,

Comments are closed.