Penyebab Guntur Tersambar Petir

Penyebab guntur – Guntur adalah suara yang dihasilkan karena adanya kilat atau petir. Kilatan petir dan guntur yang menyertai terjadi pada waktu yang sama. Meskipun begitu, kita semua mengetahui bahwa kilat terlihat kali pertama, kemudian diikuti oleh suara guntur setelah beberapa detik. Fenomena ini terjadi karena perjalanan gelombang cahaya sangat jauh lebih cepat daripada gelombang suara. Untuk memahami penyebab guntur, kita perlu mengetahui tentang penyebab petir.

Kilat disebabkan karena adanya pembuangan energi listrik di awan, yang terjadi rata-rata sekitar 15.000 sampai 25.000 kaki di atas permukaan laut. Kilat biasanya terjadi dalam awan, antara awan dan udara atau antara awan dan tanah.

Penyebab guntur

Hal apa sajakah yang menyebabkan guntur? Banyak teori telah mengemukakan mengenai penyebab terjadinya guntur. Pada abad ketiga SM, hal yang diyakini adalah bahwa guntur disebabkan karena beberapa awan yang bertubrukan satu sama lain. Akan tetapi, hingga saat ini hanyalah satu teori saja yang paling diterima yang muncul di abad ke-20. Menurut teori ini, kilat menyebabkan suara guntur. Kilat terdiri dari aliran elektron yang sangat panas, jauh lebih panas dari permukaan matahari. Dapat diperkirakan bahwa pusat dari kilat memmpunyai suhu hingga 28.000° C.

>>  Proses Penyebab Terbentuknya Kilat

Karena adanya suhu yang sangat tinggi maka udara di sekitarnya juga menjadi sangat panas. Hal ini membawa ekspansi instan udara yang panas ke arah luar. Setelah itu akan terjadi tekanan tinggi karena kompresi udara panas. Ekspansi yang cepat dari udara yang terkompresi kemudian mengirimkan gelombang kejut atau getaran, yang kita dengar sebagai suara ledakan. Pada intinya, guntur disebabkan karena adanya pemanasan yang begitu cepat dan pendinginan udara yang dekat dengan kilat. Intensitas bunyi guntur dapat bervariasi, terganPenyebab gunturtung pada sifat kilat dan jarak antar asal suara dan pendengar.

Guntur akan dapat terdengar dengan jelas jika muncul kilat dalam jarak 10 km atau lebih dari itu. Jika anda sangat dekat dengan kilatan petir, maka anda akan mendengar guntur dengan begitu keras, sedangkan jika anda menjauh dari kilatan petir, maka suara akan terdengar dengan gemuruh yang rendah. Suara gemuruh adalah karena gema, yang terjadi karena refleksi gelombang suara dari pepohonan, bangunan, dan lereng bukit. Sebagaimana yang telah kita pahami, suara gemuruh diciptakan oleh petir. Ada juga kemunculan kilat yang mungkin tidak disertai dengan suara guntur. Penyebabnya adalah jarak yang begitu jauh dari kilat, mungkin saja lebih dari 10 km.

Kilat dan guntur dapat menjadi hal yang benar-benar berbahaya, tergantung pada seberapa dekat kita dari tempat terjadinya peristiwa. Jika suara guntur sangat keras, hal itu dapat melukai telinga kita dan menyebabkan cedera internal. Meski begitu, petir atau kilat jauh yang lebih berbahaya karena mendatangkan kematian.

Banyak sekali orang yang menderita cacat seumur hidup akibat disambar petir bahkan meninggal. Sebagian besar korban petir terjadi ketika orang-orang tersebut sedang berada di luar ruangan saat cuaca hujan. Jika anda berada di luar rumah selama hujan deras atau badai, sangat disarankan untuk menghindari tempat terbuka seperti lapangan, pantai, dan juga harus menjauhi pohon-pohon tinggi. Cara yang paling aman adalah dengan masuk ke dalam rumah. Jangan pula menyentuh logam atau besi, karena merupakan konduktor listrik yang baik. Dan yang terakhir, jangan menjalankan alat seperti handphone karena sinyal handphone dapat menarik kilat.

 
  Incoming Keywords: guntur terdengar sangat keras, terjadinya kilat dan guntur, apa yang menyebapkan terjadinya guntur, proses terjadinya guntur atau petir, penyebab terjadinya petir dan guntur, Penyebab terjadi nya gemuruh, penyebab guntur, penyebab getaran guntur, mengapa guntur bisa terjadi, terjadinya petir dan guntur

, , ,

Comments are closed.