Gejala Pleuritis Radang Selaput Dada Paru-paru

Pleuritis atau radang selaput dada merupakan peradangan pada pleura atau membran yang memisahkan paru-paru dari dinding dada. Gejala pleuritis perlu dikenali sejak dini untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

Radang selaput dada terjadi ketika kedua lapisan pleura mengalami peradangan akibat infeksi tertentu. Pleura melindungi paru-paru dan mengurangi gesekan diantaranya mengembang dalam proses pernafasan. Kedua lapisan yaitu lapisan pleura visceral sedangkan yang satunya yang dikenal dengan pleura parietal membentuk lapisan untuk menutupi dinding bagian dalam dada. Cairan pleura melumasi kedua lapisan ini. Akumulasi efusi pleura seringkali berhubungan dengan radang selaput dada. Kelebihan cairan dalam rongga pleura juga juga dikenal dengan air di sekitar paru-paru. Hal ini dapat menjadi indikasi penyakit paru-paru yang mendasari seperti tuberkulosis, pneumonia, influenza atau flu. Gejala radang selaput dada juga dapat terlihat pada orang yang menderita penyakit rematik, asbestosis, dsb.

Pleuritis dapat dibagi dalam dua jenis yaitu virus dan bakteri, tergantung pada penyebabnya. Selain itu terdapat beberapa penyebab lain seperti paparan amonia, infeksi jamur, ketegangan otot dada, perikarditis, suplai oksigen ke paru-paru yang tidak tepat. Orang yang menderita kanker, terutama payudara atau kanker paru-paru, juga dapat terkena penyakit paru-paru ini. Trauma pada bagian paru-paru karena kecelakaan, emboli paru, kelenjar getah bening tersumbat, dan reaksi obat, juga dapat merusak jaringan paru-paru, sehingga menyebabkan pleuritis.

Gejala pleuritis

Meski pleuritis dapat mempengaruhi semua orang dan segala umur, hal ini terjadi secara dominan pada orang yang berusia 65 tahun ke atas. Seseorang dalam kelompok usia ini lebih rentan terhadap infeksi dada. Mencermati tanda-tanda pleuritis pada tahap awal dapat membantu menghindari komplikasi. Gejala pleuritis diklasifikasikan lebih lanjut sebagai tahap awal dan parah, tergantung pada intensitas kondisi.

Gejala pleuritis pada awalnya

  1. Sakit dada terutama saat mengambil nafas dalam-dalam. Hal ini biasanya didahului oleh rasa terbakar atau nyeri di sekitar paru-paru.
  2. Batuk kering diikuti oleh sesak nafas. Batuk juga kadang basah disertai dahak dan darah.
  3. Perubahan warna kulit di sekitar dada.
  4. Rasa yang menyengat pada leher, perut, dan bahu.
  5. Demam, kedinginan, kurang nafsu makan. dan berat badan menurun.
>>  Gejala Infeksi Paru-paru

Gejala pleuritis yang parah

  1. Demam yang sangat tinggi.
  2. Sesak pada dada.
  3. Denyut jantung lebih cepat.
  4. Rasa mudah lelah.

Tips menangani

Berbagai metode dapat dilakukan untuk mengobati radang selaput dada tergantung pada penyebabnya. Tes darah dan pemeriksaan fisik akan dilakukan untuk mendiagnosa penyebab pasti dan sifat penyakit ini. Dokter juga dapat melakukan thoracentesis, proses dimana cairan dihilangkan dan diuji. Beberapa metode pengobatan meliputi di bawah ini:

  • Pada umumnya pleuritis virus diketahui dapat berhenti dengan sendirinya tanpa obat apa pun. Namun, antibiotik akan diperlukan untuk mengobati infeksi bakteri.
  • Jika anda menderita radang selaput dada dan menyebabkan akibat gumpalan darah di paru-paru, dokter dapat meresepkan antikoagulan untuk melarutkan bekuan darah dan meningkatkan aliran darah.
  • Pada kasus efusi pleura, anda mungkin akan menjalani prosedur pleurodesis.
  • Obat anti inflamasi akan diresepkan untuk mengurangi peradangan jaringan. Pada kasus ekstrim, prosedur pembedahan diperlukan untuk mengalirkan menguras yang terinfeksi, yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Prognosa dari penyakit paru-paru ini tergantung pada faktor penyebab. Pada kasus pleuritis oleh bakteri, hasilnya akan beragam karena dapat mengembangkan komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru permanen. Sedangkan pada kasus pleuritis virus dapat disembuhkan sepenuhnya. Hal ini menjadi penting untuk mendiagnosa gejala peluritis pada tahap awal dan sangat dianjurkan dengan segera menjalani perawatan untuk menghindari komplikasi lebih parah.

 
  Incoming Keywords: Penyakit radang selaput paru2, sakit selaput paru, obat alami sakit selaput bawah paru paru, kangker selaput paru, gejala radang selaput paru, gejala penyakit selaput paru, gejala penyakit radang selaput paru, gambar rontgen radang selaput paru, tentang ganguan pada selaput paru paru, cara mengobati peradangan selaput dada

, , ,

Comments are closed.