Penyebab Sakit Kepala Berdenyut

Sakit kepala berdenyut menjadi masalah umum yang mungkin cukup sering anda alami. Pada artikel berikut ini, kita akan membahas tentang penyebab di balik sakit kepala semacam ini dan juga cara mengobati sakit kepala berdenyut.

Sakit kepala tentu sangat menggangu aktivitas dan kegiatan kita, selain itu juga sangat menjengkelkan. Ketika anda mengalami sakit kepala berdenyut, hidup anda akan menjadi amburadul. Anda tidak dapat fokus pada pekerjaan karena anda tidak mampu untuk fokus dengan benar. Bagian yang terburuk adalah bahwa rasa sakit seringkali menyebar hingga ke leher dan bagian atas pundak juga. Beberapa orang dapat mengalami sakit kepala saat mereka duduk di depan komputer selama berjam-jam, atau mungkin juga disebabkan jika mereka menghabiskan waktu di tempat yang bising, dan juga ketika pikiran mereka berada di bawah tekanan.

Penyebab sakit kepala nyut-nyutan

Penyebab utama sakit kepala berdenyut adalah sebagai berikut:

Ketegangan otot
Hal ini disebabkan ketika otot-otot kulit kepala, bahu, dan leher terdapat ketegangan atau kaku. Pada mulanya, penderita akan menderita nyeri berdenyut di belakang kepala, yang dapat menyebar ke daerah lain sampai ke ubun-ubun dan dahi. Hal ini sebagian besar berkaitan dengan rasa stres dan kecemasan yang tidak nampak. Mereka yang memaksakan diri untuk bekerja terus menerus dalam jangka waktu yang lama dan dalam posisi kepala yang statis akan mengalami semacam sakit kepala. Kurang tidur atau posisi tidur yang salah juga dapat menyebabkan otot-otot ini menjadi tegang sehingga berdampak nyeri pada kepala.

Migrain
Banyak sekali orang yang mengalami sakit kepala yang parah akibat migrain. Kondisi ini diyakini bahwa beberapa aktivitas yang tidak teratur di dalam otak memicu rasa sakit tersebut. Hal ini ditemukan lebih banyak pada wanita dibandingkan pada pria, dan itu dapat terjadi turun-temurun. Gejalanya sering disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, peka terhadap cahaya, dan gangguan penglihatan. Beberapa orang mengalami rasa sakit kepala berdenyut-denyut akibat migrain hanya pada satu sisi kepala, baik kanan atau kiri. Rasa nyeri ini dapat memburuk seiring dengan banyaknya aktivitas.

Sakit kepala cluster
Ini adalah sakit kepala yang hebat dan sangat menyakitkan, dengan kondisi kronis yang dapat menyebabkan kepala sakit berdenyut setiap hari bahkan dapat mencapai beberapa bulan. Kondisi ini lebih sering mempengaruhi pria dibandingkan pada wanita. Sakit kepala ini datang dengan tiba-tiba pada satu sisi kepala. Sakit kepala cluster dapat terjadi pada usia remaja dan orang-orang setengah baya. Penyebab pasti di balik sakit kepala cluster belum dapat dipastikan, namun para peneliti percaya bahwa pelepasan antibodi seperti histamin dapat menyebabkan sakit kepala ini. Terlalu banyak merokok dan konsumsi alkohol juga rentan terhadap sakit kepala cluster. Hal ini sering disertai dengan gejala lain seperti hidung tersumbat.

>>  Mengatasi Pusing Sehabis Makan

Penyebab lainnya
Infeksi sinusitis juga dapat menjadi salah satu hal penyebab untuk sakit kepala berdenyut. Nyeri ini dirasakan di bagian depan kepala. Jika seseorang di atas usia 50 menderita sakit kepala dengan tiba-tiba, maka dapat disebabkan karena arteritis temporal. Hal ini disebabkan sebagai akibat dari peradangan atau kerusakan dalam pembuluh darah yang membawa darah ke kepala. Penyebab lain yang cukup jarang adalah adalah tumor otak, stroke, atau infeksi pada otak seperti meningitis atau ensefalitis. Ini adalah masalah serius yang memerlukan perawatan kesehatan secepatnya.

Tips mengatasi sakit kepala berdenyut

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan beristirahat selama sekitar setengah jam di tempat yang tenang. Hal ini berguna untuk mengendurkan otot-otot agar rileks. Tempatkan kompres es pada dahi sambil berbaring untuk mengurangi rasa sakit. Anda dapat mengambil beberapa obat penghilang rasa sakit kepala. Namun, jangan menggunakannya untuk waktu yang lama karena obat-obatan tersebut cenderung memiliki efek samping dalam jangka panjang. Memijat leher dan kulit kepala dapat mengurangi stres dan mengurangi rasa sakit. Anda juga dapat mandi air panas untuk hasil terbaik. Namun, jika sakit kepala disertai dengan gejala tertentu seperti kurangnya keseimbangan, masalah penglihatan, dsb, maka anda diwajibkan mencari bantuan medis sesegera mungkin.

Ketika anda seringkali mengalami sakit kepala berdenyut, cobalah untuk menjaga diri anda dalam keadaan yang santai. Makanan tertentu seperti keju dan coklat dapat memicu sakit kepala, oleh karena itu harus dihindari. Selain itu hindarilah konsumsi alkohol dan merokok jika anda mengalami sakit kepala berdenyut tersebut.

 
  Incoming Keywords: sakit kepala berdenyut, kepala berdenyut, sakit kepala berdenyut di ubun ubun, sakit kepala nyut nyutan, kepala senut senut, sakit kepala berdenyut denyut, nyut nyutan dikepala, penyebab sakit kepala bagian atas, kenapa kepala belakang berdenyut denyut, kepala sakit senat senut

,

Comments are closed.