Mata Kabur Sewaktu Hamil

Mata kabur sewaktu hamil dapat disebabkan karena adanya perubahan hormonal yang terjadi selama masa hamil ini, atau bahkan menjadi pertanda dari beberapa masalah kesehatan yang menjadi penyebabnya. Kondisi mata kabur ini sangat umum bagi ibu hamil yang dapat mengalami rasa tidak nyaman, seperti halnya sembelit, kelelahan, dan nyeri punggung selama kurang lebih sembilan bulan. Ini adalah beberapa ketidaknyamanan yang dirasakan oleh ibu hamil. Seiring dengan ini, ibu hamil juga dapat mengalami masalah penglihatan seperti penglihatan kabur.

Meskipun masalah penglihatan kabur sesekali tidaklah selalu terkait dengan gangguan kesehatan, akan tetapi jika gangguan penglihatan ini berlangsung selama beberapa jam dan disertai dengan beberapa gejala tertenut, maka berarti hal ini menunjukkan adanya gangguan kesehatan serius yang mendasarinya.

Mata kabur selama kehamilan

Meningkatnya kadar hormon pada masa kehamilan akan dapat menurunkan produksi air mata, yang dapat menyebabkan mata menjadi kering dan mudah teriritasi. Hormon-hormon ini dapat meningkatkan penumpukan cairan di berbagai bagian tubuh termasuk mata. Lensa dan kornea dapat menjadi lebih tebal, dan kelengkungan mata dapat mengalami beberapa perubahan. Semua perubahan ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan atau penglihatan kabur sewaktu hamil.

Terlepas dari perubahan hormonal, kondisi ini juga dapat berhubungan dengan beberapa masalah kesehaan yang serius lainnya. Hal ini dapat terkait dengan diabetes gestasional dan preeklampsia atau hipertensi akibat kehamilan, terutama jika disertai dengan sakit kepala yang parah dan pusing. Sakit kepala dan masalah mata yang parah sewaktu kehamilan dapat disebabkan oleh preeklamsia, terutama jika kondisi ini bertahan selama lebih dari dua atau bahkan tiga jam. Gangguan pada mata dan sakit kepala yang disebabkan oleh preeklamsia dapat saja diikuti dengan adanya pembengkakan pada bagian wajah, mata, dan tangan secara tiba-tiba.

Penglihatan kabur juga dapat terjadi bersamaan dengan rasa pusing. Selama hamil, pusing disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon kehamilan. Hormon-hormon ini akan membuat lebar atau memperluas pembuluh darah, yang pada akibatnya tekanan darah menjadi turun sehingga mengurangi aliran darah ke otak. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kepala pusing. Pusing dapat juga terkait dengan kadar gula darah yang rendah. Meski begitu, pusing yang terjadi terus-menerus dapat menjadi gejala anemia, migrain, tekanan darah tinggi ataupun rendah. Selain itu, dehidrasi juga dapat menjadi penyebab mata menjadi kabur.

Tips

Gangguan penglihatan yang dialami sewaktu kehamilan umunya akan berhenti dengan sendirinya pasca persalinan. Oleh karena itu, dokter biasanya tidak melakukan bentuk operasi apapun untuk mengatasi mata kabur. Ibu hamil tidak dapat menjalani operasi untuk masalah penglihatan. Bahkan, wanita yang berencana untuk hamil seharusnya tidak melakukan operasi mata korektif setidaknya enam bulan sebelum konsepsi. Selain itu, wanita tidak dapat melakukan operasi juga selama enam bulan setelah melahirkan. Maka itu, dokter hanya dapat merekomendasikan tetes mata untuk meringankan gejala iritasi mata, penglihatan kabur, dan mata kering.

>>  Penyakit Katarak

Penglihatan kabur semasa kehamilan dapat sembuh setelah masa melahirkan. Pada intinya, gangguan penglihatan ringan selama kehamilan yang dialami adalah suatu hal yang wajar. Akan tetapi jika anda sedang hamil dan mengalami pusing, penglihatan kabur, sakit kepala, jantung berdebar, dan terjadi pembengkakan dengan tiba-tiba, segeralah berkonsultasi dengan dokter anda. Kondisi ini dapat menjadi pertanda adanya penyakit serius yang mendasarinya seperti hipertensi akibat kehamilan, anemia, dan diabetes gestasional.

 
  Incoming Keywords: bumil sering pusing pandangan kabur, tentang penglihatan mata kabur pada kehamilan lanjut, penglihatan kabur pada ibu hamil, penglihatan berbayang sejak hamil, mata kabur saat hamil, makalah tentang pandangan kabur selama hamil, mahil muda penglihatan terlihat kabur, ibu hamil pusing dan pandangan kabur, hormon apa yang membuat ibu hamil jadi kabur, bumil 9 bulan mata jadi mblawur

,

Comments are closed.