Infeksi Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk

Terlepas dari benjolan yang terasa gatal, gigitan nyamuk dapat menyebabkan penyakit seperti demam kuning, demam berdarah, dan malaria. Artikel berikut ini akan memberikan gambaran singkat dari gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Kurang lebih 3000 spesies nyamuk dapat ditemui di hampir semua penjuru bumi. Nyamuk jantan memakan nektar bunga, sedangkan nyamuk betina menusuk dengan mulutnya untuk menggigit manusia dan hewan. Nyamuk mendapatkan protein dari darah hewan berdarah panas, karena nyamuk membutuhkan makanan untuk bertelur. Sewaktu menggigit, nyamuk betina menggunakan air liurnya yang berfungsi sebagai pelumas. Gigitan nyamuk bersama dengan air liur dapat menyebabkan iritasi. Pada umumnya, gejala seperti iritasi dan gatal akan berlangsung untuk jangka waktu yang relatif pendek. Namun, beberapa orang mungkin juga akan mengembangkan reaksi alergi. Nyamuk yang menggigit dapat saja membawa mikroorganisme penyebab penyakit.

Gejala infeksi akibat digigit nyamuk

Gigitan nyamuk biasanya dianggap tidak begitu berbahaya, akan tetapi gigitan nyamuk yang terinfeksi dapat menyebabkan penyakit. Ketika nyamuk menggigit hewan yang terinfeksi ataubekas gigitan nyamuk manusia, dan kemudian menggigit seseorang, maka yang terakhir mungkin dapat terkena infeksi. Nyamuk mentransmisikan mikroorganisme penyebab penyakit dalam air liur ke darah korban. Nyamuk menyebarkan penyakit seperti malaria, demak berdarah, chikungunya, demam kuning, encephalitis, dsb. Sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk akan muncul gejala tertentu, seperti diuraikan di bawah ini:

>>  Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

  • Demam
  • Nyeri tubuh
  • Ruam kulit
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala



Chikungunya
Kondisi ini ditandai dengan demam secara tiba-tiba, bersama dengan nyeri sendi yang parah. Gejala yang lain meliputi sakit kepala dan ruam kulit. Nyeri sendi yang disebabkan karena penyakit ini akan berjalan dalam waktu beberapa bulan.

Ensefalitis
Ini adalah suatu gangguan kesehatan yang menyebabkan iritasi dan peradangan pada otak. Pada umumnya, kondisi ini menyerupai gejala flu, seperti demam dan sakit kepala. Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi dapat menyebabkan gejala berat seperti kejang dan kehilangan kesadaran.

Demam berdarah
Penyakit ini memperlihatkan gejala seperti demam yang sangat tinggi, sakit kepala parah, nyeri sendi, ruam kulit, nyeri di belakang mata, mual, dan gusi berdarah. Demam berdarah jika berkembang semakin parah akan menyebabkan pendarahan besar dan bahkan menyebabkan kematian.

Demam kuning
Penyakit ini mempunyai gejala demam tinggi, sakit kuning, dan perdarahan. Hal ini juga dapat menyebabkan kegagalan hati dan gagal ginjal.

Malaria
Penyakit ini mempunyai gejala seperti demam tinggi dan menggigil, diare, muntah, sakit kepala, dan nyeri otot. Kondisi ini dapat berkembang dalam waktu 10 hingga 20 hari setelah terinfeksi. Beberapa orang dapat saja menunjukkan gejalanya setelah waktu satu tahun. Jika tidak dilakukan langkah pengobatan, malaria dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang mengancam jiwa.

Tips mengobati dan mencegah

Beberapa orang dapat mengembangkan alergi karena gigitan nyamuk. Dalam kasus alergi nyamuk, gejala seperti gatal-gatal yang parah, bengkak, ruam kulit, bengkak, dan peradangan kelenjar getah bening dapat saja berkembang.

Untuk mengobati akibat digigit nyamuk yang terinfeksi akan berbeda sesuai dengan jenis dan beratnya infeksi. Segera setelah anda mengalami gejala seperti demam, ruam kulit, nyeri sendi, dan sakit kepala, akan lebih baik untuk mencari bantuan medis. Sementara itu langkah yang terbaik adalah dengan menghindari gigitan nyamuk. Nyamuk menjadi lebih aktif selama fajar dan menginjak senja sampai malam hari. bersihkan genangan air di sekitar lingkungan anda. Selain itu anda juga dapat memakai obat nyamuk untuk mengatasinya.

Hal yang Menarik Perhatian Nyamuk

Tempat berkembang nyamuk yang paling baik adalah di daerah yang lembab. Oleh karena itu anda harus menjaga rumah dan lingkungan sekitarnya tetap bersih. Ada beberapa tanaman yang mampu mengusir nyamuk. Tanaman seperti pohon aras, geranium, dan serai, akan sangat berguna dalam mengusir nyamuk. Kapur barus juga dapat menjadi obat lain untuk menangkal nyamuk.

 
  Incoming Keywords: akibat digigit nyamuk, bekas gigitan malaria, mencret karena gigitan serangga

, ,

Comments are closed.