Tugas Resepsionis Rumah Sakit

Apakah tugas resepsionis rumah sakit? Apa kualifikasi yang dibutuhkan untuk bekerja sebagai resepsionis di sebuah rumah sakit? Sebagai resepsionis di bidang medis, anda akan bekerja di lingkungan perawatan kesehatan yang serba sibuk. Hal ini meliputi kerja di rumah sakit, klinik dokter,  bahkan di panti jompo. Ini adalah salah satu pekerjaan rumah sakit dalam kategori nonmedis. Pekerjaan resepsionis kesehatan meliputi tugas menjadi seorang mediator antara dokter dan pasien, dan mengelola data penting mengenai kesehatan pasien yang mengunjungi dokter. Resepsionis semacam ini mungkin saja tidak memiliki latar belakang di bidang medis.

Tugas resepsionis rumah sakit

  1. Mendaftar pasien sesuai dengan protokol rumah sakit.
  2. Menjelaskan kebijakan klinik kepada pasien.
  3. Mengatur alat tulis kantor yang diperlukan.
  4. Berkomunikasi dengan pemasok.
  5. Membantu karyawan baru.
  6. Menginformasikan kepada pasien jika dokter datang terlambat atau tidak dapat hadir.
  7. Mengatur dokumen.
  8. Mengarahkan pasien dan perwakilan medis sesuai layanan.
  9. Menjaga ruang tunggu setiap hari kerja.
  10. Membuka klinik pada waktu yang ditentukan.
  11. Membuat lembar kerja untuk mengelola data atau membuat dokumen di komputer menggunakan program desktop publishing dan grafis digital. Hal ini dituntut untuk mempunyai pengetahuan dalam kinerja komputer.
  12. Mengajukan dan menyelesaikan laporan medis dan asuransi.
  13. Membantu pasien untuk mengisi formulir dan dokumen yang tepat untuk memperoleh informasi yang diperlukan.
  14. Menyerahkan segala bentuk pembiayaan ke lembaga keuangan.
  15. Menyimpan catatan medis dan statistik laporan pasien.
  16. Mengelola catatan medis pasien dalam urutan abjad, sehingga informasi dari pasien tertentu dapat diperoleh tanpa kesulitan.
  17. Menyebarluaskan informasi yang diperlukan.
  18. Menjaga privasi dan kerahasiaan klien.
  19. Menangani pasien yang meminta informasi tentang kebijakan klinik, hasil tes, dan permintaan untuk berkonsultasi secara mendesak.
  20. Memberikan materi tentang informasi yang relevan, seperti brosur atau prosedural jika diperlukan, dan membantu pasien dalam cara non klinis.
  21. Menentukan status keuangan pasien dan kelayakan mereka untuk pelayanan kesehatan.

Pro dan kontra sebagai resepsionis rumah sakit


Pro
Tugas resepsionis rumah sakit merupakan salah satu jalur yang baik untuk memasuki bidang kesehatan. Ini adalahresepsionis rumah sakit salah satu pekerjaan di bidang medis yang tidak mengharuskan anda untuk memiliki latar belakang medis. Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang menyebabkan stres jika tanggung jawab anda adalah sama seperti yang disebutkan di atas.

Kontra
Tugas resepsionis rumah sakit memang ringan, namun lingkungan di sekitar anda tetap sibuk. Selain itu ada kemungkinan bahwa anda mungkin akan ditambahi untuk menyelesaikan tugas-tugas baru. Anda harus tahu bagaimana mengatasi situasi yang membutuhkan ketajaman dan sedikit diplomasi. Selain itu anda juga akan mengalami kejenuhan untuk menunggui pasien di ruang tunggu bahkan jika sepi.

>>  Cara Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Pengalaman Kerja


Kemampuan yang wajib dimiliki:

  • Mampu berkomunikasi secara efektif dan sopan dengan pasien dan staf.
  • Dapat bekerja dalam sebuah tim maupun secara independen.
  • Mahir dalam menangani sistem komputer.
  • Mempunyai etika yang baik dalam telepon.
  • Pemahaman dasar terminologi bidang terkait.
  • Pengalaman dalam lingkungan praktek menjadi nilai plus.
  • Mampu mengatur jadwal pertemuan antara dokter dan pasien

Setidaknya ijazah diploma atau gelar setara diperlukan untuk bekerja sebagai resepsionis rumah sakit. Namun, bagi mereka yang pernah mengambil jurusan medis, cenderung memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini. Keterampilan komunikasi yang efektif pada umumnya adalah yang diperlukan untuk bekerja sebagai resepsionis di sebuah pusat medis. Hal ini karena anda akan sering berbincang dengan orang yang belum anda kenal. Deskripsi pekerjaan resepsionis rumah sakit juga meliputi prosedur medis, mengetahui nama-nama obat-obatan, berkoordinasi dengan laboratorium rumah sakit, dsb.

Tugas resepsionis dan tugas sekretaris hampir mirip. Seorang sekretaris ditugaskan langsung menangani atasan, sedangkan resepsionis harus menangani pekerjaan kantor dan berurusan dengan orang-orang yang mengunjungi. Bekerja sebagai resepsionis, hal ini cukup menantang.

 
  Incoming Keywords: tugas resepsionis rumah sakit, resepsionis rumah sakit, tugas bagian informasi rumah sakit, identifikasi pekerjaan receptionist kesehatan, cara kerja resepsionis rumah sakit, bagian rumah sakit yang menangani pekerjaan, bagian sekwan dirumah sakit, yang ada di komputer resepsionis, apa tugas pramucuci di rumah sakit, job desk bagian registrasi di rumah sakit

, , ,

Comments are closed.