Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

S ejumlah produk pengusir nyamuk banyak sekali tersedia termasuk beberapa metode alami yang juga efektif hingga batas tertentu. Jika anda terlalu khawatir mengenai bahan kimia yang terkadung dalam produk yang dibeli di toko, maka anda dapat menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Hal ini karena pestisida yang kita gunakan untuk mengusir nyamuk dapat menjadi berbahaya. Jadi, cara terbaik untuk mengusir nyamuk dengan alami adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Tanaman yang sering digunakan untuk mengusir nyamuk antara lain adalah:

Rosemary, Bunga kenikir, Serai wangi, Lavender, Bawang putih, Ageratum, Catnip, Daun kemangi


Meskipun nyamuk merupakan hewan kecil, namun nyamuk memang makhluk yang begitu menjengkelkan. Berbagai tanaman memiliki khasiat yang tak terhitung termasuk untuk mengusir nyamuk. Berikut di bawah ini adalah beberapa tanaman untuk mengusir nyamuk:

Tanaman pengusir nyamuk

  • Rosemary
    Rosemary merupakan tanaman semak, akan tetapi lebih besar dari semak pada umumnya. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 1,5 meter dan memiliki bunga berwarna biru. Daun rosemary juga dapat digunakan untuk keperluan dapur.

  • Bunga kenikir
    Kenikir merupakan obat anti nyamuk karena baunya yang aneh dan seperti kotoran yang menyengat. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 90 cm. Pertumbuhan tanaman ini akan melambat bila ditanam di tempat yang teduh.

  • Serai wangi (citronella)
    Tanaman ini begitu terkenal untuk menghalau nyamuk dengan alami, oleh sebab itu disebut tanaman anti nyamuk. Nama botani untuk tanaman ini adalah ‘Pelargonium citrosum‘. Serai dapat tumbuh hingga ketinggian 60 cm. Bunga dari tanaman serai adalah lavender yang berwarna-warni. Serai membutuhkan cuaca hangat untuk dapat berkembang. Tanaman serai juga digunakan untuk produk minyak, yang digunakan dalam pembuatan minyak wangi dan produk herbal. Meski begitu, anda mungkin tidak ingin menanam citronella di pekarangan jika anda memiliki kucing, ini karena minyak serai tidak disukai oleh kucing.

  • Lavender
    Bunga lavender atau lembayung merupakan keluarga ‘Lamiaceae‘. Tanaman ini dikenal untuk meningkatkan tanaman pengusir nyamukestetika taman. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 120 cm dan membutuhkan cuaca yang cerah.

  • Bawang putih
    Bawang putih terkenal sekali dalam kebutuhan kuliner. Namun sangat sedikit orang yang mengetahui bahwa bawang putih merupakan tanaman pengusir nyamuk. Penyebab bawang putih mampu mengusir nyamuk belum diketahui hingga sekarang.

  • Ageratum
    Ageratum adalah tanaman hias dengan warna biru, merah muda, putih, dan ungu. Bau tanaman ini akan mengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung kumarin yang sering digunakan dalam obat nyamuk yang dijual.

  • Catnip
    Tanaman ini dalam nama botaninya disebut ‘cataria nepeta‘. Tanaman catnip mengandung nepetalactone yang digunakan sebagai penolak serangga. Catnip termasuk keluarga mint dan tumbuh hingga ketinggian 90 cm. Tidak hanya itu, selain menjadi obat nyamuk, kucing juga menyukainya. Mungkin anda perlu melindungi tanaman ini dengan pagar karena kucing peliharaan anda akan merusaknya.

  • Daun kemangi
    Daun kemangi memiliki bau yang sangat menyengat dan membuat nyamuk pergi. Kemangi yang berasal dari Peru dianggap yang terbaik karena memiliki aroma yang sangat kuat. Tumbuhan ini membutuhkan cuaca panas, tanah yang lembab, dan drainase yang baik untuk bisa tumbuh.
>>  Gejala & Penyebab Malaria

Banyak penyakit mematikan yang disebarkan oleh nyamuk bagi umat manusia. Meskipun tidak semua nyamuk berbahaya, anda sendiri kemungkinan besar tidak dapat untuk membedakan manakah yang berbahaya dan membawa penyakit. Maka itu pemberantasan nyamuk di sekitar lingkungan anda akan menjadi cara yang paling efektif untuk menanggulanginya dari awal. Dengan menanam tanaman pengusir nyamuk di atas, hal ini tidak hanya berguna untuk mengusir nyamuk dengan cepat tetapi juga menambah keindahan kebun dan halaman rumah.

 
  Incoming Keywords: kenikir untuk pengusir nyamuk, tanaman anti nyamuk

, ,

Comments are closed.