Tips Merawat Memelihara Ikan Mas Koki Panjang Umur

Ikan mas koki merupakan ikan air tawar yang sangat populer sebagai ikan peliharaan di akuarium ataupun kolam. Jika anda ingin memelihara ikan air tawar ini, belajarlah cara merawat ikan mas koki dengan benar karena akan membuat kehidupan ikan peliharaan anda menjadi panjang umur.

Ikan mas koki termasuk ke dalam keluarga ‘Cyprinidae‘. Sebagai ikan peliharaan yang paling populer, banyak sekali keturunan yang dikembangkan. Ikan ini dapat ditemukan dalam kombinasi warna kuning, oranye, putih, coklat, merah, dan warna hitam. Ikan mas ini dapat hidup hingga 10-25 tahun, tetapi syaratnya haruslah dengan perawatan yang tepat. Hal ini bertujuan agar dapat memperpanjang umur ikan.

Tips merawat ikan mas koki

Seperti dijelaskan sebelumnya, ikan ini merupakan jenis ikan air tawar. Maka itu diperlukan untuk menyediakan dengan lingkungan yang bersih. Jika anda seorang pemula, mulailah dengan memelihara sepasang ikan mas. Anda juga dapat membeli dua keturunan yang berbeda. Ikan ini merasa puas untuk hidup berpasangan karena jika sendirian maka dapat membatasi masa hidup mereka.

 Menyiapkan tempat
Ikan ini mungkin nampak bagus jika ditempatkan di dalam toples. Namun, kenyataannya adalah bahwa ruang yang sempit akan membatasi pertumbuhan ikan dan bahkan membuatnya rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, berikanlah ruangan yang layak dan memungkinkan ikan untuk hidup dengan kualitas yang baik. Kadar amonia di aquarium harus berkisar antara  4-5ppm.

 Membersihkan akuarium atau kolam
Pembersihan tergantung pada jumlah ikan dan ukuran tempat ikan. Jika ikan sering makan maka akan menghasilkan banyak limbah. Oleh karena itu, akuarium harus dibersihkan sekali dalam dua minggu. Menempatkan tanaman di dalam akuarium dapat berguna untuk menyerap amonia, nitrit, nitrat, dan juga tips merawat ikan mas kokimenjaga akuarium tetap bersih. Gunakan dechlorinator untuk mengurangi tingkat chloramine. Kontrol secara konstan pada tingkat nitrit, nitrat, dan amonia. Kenaikan tingkat elemen ini dapat membuat air menjadi asam dan beracun bagi ikan. Gunakan vakum untuk menghilangkan semua kotoran dari dalam akuarium. Setelah semua kotoran disedot, tambahkan air ke dalamnya. Suhu air yang ditambahkan harus sesuai dengan air yang berada dalam akuarium. Biarkan ikan berada di akuarium sambil menambahkan air. Tingkat pH harus berkisar antara 6,5-8,25.

>>  Apakah Ikan Cupang Tidur?

 Cara memberi makan
Ikan mas koki adalah hewan omnivora dan oleh karena itu banyak pilihan tentang makanan yang akan anda berikan. Namun, dibandingkan dengan makanan ikan lainnya, ikan mas koki sebaiknya diberi makan makanan yang mengandung protein yang lebih rendah dan kandungan karbohidrat yang lebih tinggi. Bentuk makanan yang mengapung adalah pilihan terbaik. Untuk menambah variasi, kacang polong tumbuk dan sayuran juga bagus untuk ikan ini.

Ikan mas koki memiliki kecenderungan untuk memakan semua jenis makanan. Namun, makan berlebihan dapat cara memelihara ikan mas kokimembatasi umur mereka dan menyebabkan cepat mati. Oleh karena itu, pemilik ikan harus terus mengatur jumlah makanan yang dikonsumsi oleh ikan. Dengan memberi makan dua kali dalam sehari sudah cukup dan juga akan membuat mereka tetap sehat. Jika terdapat sisa makanan yang mengambang di atas air, segeralah membersihkannya. Sisa-sisa makanan akan terrendam dalam air dan tenggelam ke dasar akuarium. Hal ini membuat kotor air dan mengurangi kadar oksigen juga.

Ikan mas koki memiliki nafsu makan yang mengesankan. Anda dapat melihat ikan ini melahap semua makanan hampir setiap kali ketika diberi makan. Jika mereka kekenyangan, maka dapat menyebabkan air menjadi kotor karena peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan. Dan yang lebih penting, ikan mas yang kekenyangan pasti mudah jatuh sakit.


Dengan mengikuti langkah-langkah cara memelihara ikan mas koki di atas dapat membantu ikan peliharaan anda bertahan untuk jangka waktu yang lama. Pilih tempat yang aman untuk tempat ikan, sehingga dapat menghindari dari kerusakan eksternal. Air bersih dan cara memberi makan yang teratur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Dengan menjaga lingkungan yang sehat maka ikan mas koki dapat hidup selama bertahun-tahun.

 
  Incoming Keywords: ikan koki, ikan mas koki, cara merawat ikan koki, cara merawat ikan mas koki, cara memelihara ikan koki dalam akuarium, cara memelihara ikan mas koki, merawat ikan koki, aquarium koki, cara memelihara ikan koki, makanan ikan koki

, , ,

Comments are closed.