Cara Mengobati Sengatan Lebah

Disengat lebah tidak hanya mengakibatkan rasa sakit, tetapi juga dapat menyebabkan komplikasi yang parah, terutama jika seseorang mempunyai alergi terhadap racun lebah. Lebah biasanya menyengat ketika dirinya merasa terancam, terutama ketika seseorang mendekati sarangnya. Aroma yang kuat dan warna yang cerah juga dapat menarik lebah dan menyebabkan lebah untuk menyengat.

Bagi mereka yang pernah merasakan disengat lebah akan tahu bagaimana rasanya yang begitu menyakitkan. Biasanya, hal ini terkait dengan rasa sakit, bengkak, dan gatal-gatal. Gejala-gejala ini akan mereda dalam beberapa jam. Namun, jika seseorang mempunyai alergi terhadap racun lebah, maka akan memicu reaksi anafilaksis yang bisa berakibat fatal. Racun lebah berbeda dari serangga lainnya. Racun sengatan lebah itu sendiri bervariasi tergantung pada spesies lebah. Oleh karena itu, cara tubuh bereaksi terhadap sengatan lebah tergantung pada jenis lebah yang menyengat. Beberapa cara mengobati sengatan lebah dapat menghilangkan ketidaknyamanan dari sengatan lebah.

Tips mengobati disengat lebah

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah disengat lebah adalah dengan membersihkan lukan bekas sengatan. Biasanya akan muncul titik hitam di tengah luka atau alat penusuk dari lebah untuk menyengat masih menempel pada kulit. Jika anda melihatnya, bersihkan secepat mungkin. Sejumlah racun bisa dilepaskan dari kantung racun, jika tidak segera dihilangkan.

Anda juga dapat menariknya keluar menggunakan kuku atau pinset. Pastikan tidak tertinggal di dalam kulit. Setelah bersih, gunakan salah satu pengobatan berikut ini untuk meredakan rasa sakit:sengatan lebah

Kompres es
Es dapat menjadi salah satu yang obat disengat lebah. Setelah bekas sengatan dibersihkan, gunakan kompres es ke daerah yang terkena. Es bekerja dengan mematikan rasa sakit. Hal ini juga akan meredakan pembengkakan dengan mengurangi aliran darah ke daerah yang dingin.

Pasta gigi
Pasta gigi adalah zat alkalin yang dapat menetralkan racun dan yang bersifat asam. Beberapa pasta gigi mengandung gliserin yang baik untuk mengeringkan racun sengatan lebah.

Bubuk soda kue
Soda kue dan air akan membantu menetralkan racun. Aplikasikan pasta ini langsung pada sengatan selama 15 sampai 20 menit hingga rasa sakit menghilang.

>>  Penyebab Kucing Bersin & Mengobati

Pepaya
Gosokkan buah pepaya ke daerah yang terkena. Pepaya memiliki senyawa yang disebut papain yang berfungsi untuk memecah protein, yang mana racun sengatan itu terbuat dari protein.

Madu
Madu memiliki sifat antibakteri yang mampu mencegah perkembangan infeksi. Hal ini juga memberikan bantuan dari rasa sakit dan pembengkakan.

Minyak esensial
Minyak esensial seperti minyak lavender dapat diterapkan secara lokal untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan terkait dengan sengatan lebah. Hal ini karena minyak lavender memiliki sifat anti inflamasi dan antihistamin.

Gejala disengat lebah secara umum akan mereda dalam beberapa jam menggunakan obat-obatan mujarab di atas. Namun, dalam kasus alergi yang parah seperti kesulitan bernafas, mual, dan pusing, lidah bengkak, akan diperlukan bantuan medis.

Komplikasi akibat disengat lebah

Sengatan lebah biasanya ditandai dengan rasa sakit seperti terbakar, kemerahan, dan bengkak. Sebuah benjolan gatal kecil dapat muncul dalam beberapa jam setelah terkena sengatan. Sebuah sengatan lebah tunggal biasanya tidak menyebabkan komplikasi serius, tetapi beberapa sengatan lebah dapat menyebabkan akumulasi racun dalam tubuh. Tubuh dapat menghasilkan antibodi spesifik terhadap racun serangga, yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Reaksi alergi terhadap sengatan lebah dapat menghasilkan tanda-tanda dan gejala berikut:

  1. Ruam kulit atau gatal-gatal
  2. Gatal
  3. Wajah bengkak
  4. Nafas tersengal

Pada umumnya sengatan seekor lebah madu hanyalah nyeri yang ringan dan cepat sembuh. Jika sengatan menghasilkan nyeri ringan dan pembengkakan, anda dapat menggunakan beberapa pengobatan sederhana seperti di atas. Namun jika anda disengat lebah hutan (tawon ndas), mungkin anda juga dapat mengalami demam. Oleh karena itu jika anda mengalami demam dan tanda-tanda yang lebih parah setelah disengat lebah, silakan mencari perawatan dokter secepatnya.

,

Comments are closed.