Hewan Kaki Seribu

Meskipun milipede berarti seribu kaki, hewan ini hanya mempunyai sekitar seratus kaki. Mereka memiliki kaki di hampir semua segmen tubuh, kecuali bagian kepala. Hewan kaki seribu adalah salah satu makhluk yang paling menarik. Nama milipede berasal dari dari dua latin yaitu mille (yang berarti seribu) dan pes (yang berarti kaki). Nama ilimiah untuk hewan kaki seribu ini adalah diplopoda.

Fakta mengenai hewan kaki seribu

► Hewan kaki seribu bukanlah termasuk hewan yang langka. Masih banyak sekali spesies kaki seribu.
► Banyak orang keliru mengenal kelabang dan kaki seribu. Keduanya cukup berbeda satu sama lain dalam karakteristik fisik. Struktur kaki milipede juga berbeda dari kelabang.
► Kaki dalam jumlah ratusan adalah fitur yang paling dikenali dari hewan berkaki seribu. Hewan ini mempunyai jumlah kaki 150 hingga 400.
► Ini adalah hewan arthropoda, yang memiliki exoskeleton dan memiliki tubuh tersegmentasi. Mereka adalah invertebrata dan dapat tumbuh hingga mencapai 27 cm.
► Kaki seribu raksasa di Afrika dapat tumbuh hingga mencapai 38 cm.
► Penelitian ilmiah menyatakan bahwa hewan ini memiliki penglihatan yang sangat buruk. Beberapa spesies diantaranya bahkan tidak memiliki penglihatan sama sekali. Kaki seribu memiliki organ sensorik khusus yang terdapat di kepala mereka.
► Mereka berbentuk silinder dan berwarna kemerahan, coklat, hitam atau cokelat. Selain itu mempunyai bentuk kepala yang bulat.

► Salah satu fakta mengenai kaki seribu yang menakjubkan adalah bahwa meskipun hewan ini memiliki ratusan kaki, namun hewan ini berjalan begitu lambat. Banyaknya kaki justru memperlambat kecepatan berjalan. Hewan ini berjalan dalam gerakan seperti gelombang.
► Makanan hewan kaki seribu terdiri dari tanaman basah dan benda-benda seperti kayu yang telah rapuh dan membusuk. Mereka adalah hewan omnivora dan dianggap sebagai pendaur ulang alami, karena mereka makan semua benda-benda yang telah membusuk. Mereka dapat ditemukan di bawah batu dan sampah daun.
► spesies tertentu dari kaki seribu seringkali menghancurkan tanaman. Oleh karena itu, hewanhewan kaki seribu-hewan ini dibunuh atau diusir dari kebun.
► Hewan ini mencapai usia matang dalam 2 tahun. Mereka bertelur di dalam tanah untuk melindungi dirinya dari predator. Kaki seribu betina dapat bertelur hingga 300 telur pada sekali tempo. Bahkan terdapat spesies tertentu yang dapat bertelur hingga sekitar 1000 telur.
► Burung, serangga, kalajengking, katak, rubah, dan tikus suka sekali memakan kaki seribu. Mekanisme pertahanan kaki seribu sangat menarik. Mereka meringkuk dan menjadi bola ketika merasa dalam bahaya. Dengan cara ini mereka akan terlindung dari serangan hewan dan serangga.
► Ketika mereka tidak memiliki kecepatan dan kemampuan untuk menggigit, maka harus melindungi diri dengan cara yang berbeda. Spesies tertentu dari kaki seribu memancarkan gas cair atau hidrogen sianida beracun melalui pori-pori mikroskopis yang terdapat di sepanjang sisi tubuhnya. Cairan beracun ini juga dapat mengusir nyamuk.
► Kaki seribu hanya dapat bertahan hidup di lingkungan yang mengandung kadar kelembaban yang tinggi.
► Kaki seribu tidak dikenal sebagai makhluk yang agresif. Anda dapat menyimpan lebih dari satu kaki seribu sebagai hewan peliharaan di akuarium. Rentang usia kaki seribu raksasa dapat mencapai 10 tahun.

>>  Cara Mengatasi Gigitan Semut

Jika fakta-fakta tersebut telah menginspirasi anda untuk menjadikan hewan kaki seribu sebagai hewan peliharaan, maka anda harus terlebih dahulu memahami aturan-aturan tertentu. Anda harus dapat mengetahui kebiasaan hewan ini dan bagaimana cara memberi makan. Hewan kaki seribu dapat menjadi hewan peliharaan yang baik jika mendapatkan perawatan yang tepat.

 
  Incoming Keywords: apakah kaki seribu beracun, jenis kaki seribu, manfaat hewan kaki seribu, manfaat kaki seribu

Comments are closed.