Manfaat Kedelai bagi Kesehatan & Efek Samping

Ada banyak sekali tentang pro dan kontra tentang manfaat kedelai bagi kesehatan. Sebagian mengatakan kedelai sangat bermanfaat bagi kesehatan sedangkan yang lain mengatakan kedelai mempunyai efek yang tidak baik dan berbahaya.

Tanaman kedelai merupakan spesies tanaman kacang yang asli dari daerah Asia Timur. Di dunia barat, kedelai pada umumnya diolah menjadi susu kedelai, sementara itu di dunia timur, kedelai dikonsumsi secara utuh. Protein, isoflavon, dan serat yang diperoleh dari kedelai dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan kita.

manfaat kedelaiTanaman kedelai telah mulai dibudidayakan lebih dari 5000 tahun yang lalu di Cina. Kedelai dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia dalam segala bentuk. Ada banyak manfaat kedelai yang menyatakan bahwa tidak ada makanan yang sempurna seperti kedelai. Kedelai sarat dengan kandungan protein, asam lemak esensial, zat besi, kalsium, besi, fosfor, kalium, serat, magnesium, seng, vitamin B, folat, vitamin K, tembaga, molibdenum, omega-3 asam lemak, dsb. Kedelai juga mengandung antioksidan. Maka dari itu, kedelai dapat menyediakan sejumlah manfaat kesehatan. Kedelai termasuk jenis kacang-kacangan dan merupakan sumber penting dari protein, yang mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan. Kedelai dianggap menjadi sumber protein yang relatif murah dan mudah tersedia untuk manusia. Kedelai juga ditanam untuk menghasilkan berbagai macam produk seperti minyak kedelai, susu kedelai, kecap, tahu, yoghurt, tepung, dsb. Kedelai dapat ditemukan dalam berbagai ukuran dan warna seperti kuning, coklat, kehitaman.

Akan tetapi, penelitian telah memberikan beberapa hasil yang beragam tentang dampak dari konsumsi kedelai pada kesehatan kita. Hasil penelitian yang menyatakan manfaat kedelai bagi kesehatan dalam diet Asia tidak begitu cocok dengan temuan penelitian dari dunia barat. Jadi, apakah kedelai memang baik untuk kesehatan?

Kandungan nutrisi kedelai

Seperti yang telah disebutkan di atas, kedelai merupakan sumber dari protein dan menyediakan kebutuhan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak dapat disintesis oleh tubuh kita, oleh karena itu harus diperoleh dari makanan.


Protein hewani diketahui sebagai sumber protein lengkap, karena mengandung semua asam amino esensial. Di sisi lain, sebagian besar sumber makanan dari tanaman tidak dapat menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Meski begitu, tanaman kedelai dapat memberikan protein yang lengkap. Kedelai juga menjadi makanan ideal untuk kaum vegetarian.

Kadar protein kedelai kering adalah 40%, karbohidrat sekitar 35% dan kadar lemak mencapai sekitar 20%, sedangkan sisanya mengandung abu. Lapisan luar dari kedelai merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, baik serat larut dan tidak larut.

Serat larut mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang penting bagi tubuh kita. Hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Sedangkan serat yang tidak larut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat larut juga dapat menurunkan resiko terkena kanker usus besar. Kedelai juga dapat memberikan sejumlah zat besi dalam jumlah besar, vitamin C, tiamin, asam folat, kalsium, magnesium, seng, kalium, dan mangan.

1 cangkir kedelai mengandung sekitar 376 kalori, 33,2 g protein, 28,3 g karbohidrat, 17,4 g lemak, 74,2 mg vitamin C, 1,1 mg tiamin, 504 mg kalsium, 166 mg magnesium, 1587 mg potasium, dan 9,1 mg zat besi. Kacang kedelai adalah jenis makanan ringan yang tinggi kalori. Kacang kedelai sejumlah 30 g dapat mengandung sekitar 140 kalori.

Manfaat kedelai bagi kesehatan

Kedelai merupakan makanan ideal bagi orang yang sedang mencoba untuk membangun otot. Selain itu kedelai juga dapat membantu dalam mencegah sejumlah masalah kesehatan, termasuk aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Bahkan orang-orang yang menderita diabetes dapat memanfaatkan keuntungan dari kacang kedelai ini. Minyak yang diperoleh dari biji kedelai sangat kaya akan asam lemak esensial seperti asam linoleat dan linolenat. Keduanya sangat penting bagi kesehatan manusia, karena dapat membantu mengatur tekanan darah dan membantu dalam penyerapan nutrisi penting.

Kedelai merupakan makanan yang sangat menyehatkan dan menyediakan hampir semua nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia. Kedelai menjadi populer karena merupakan sumber protein yang murah.

  1. Manfaat kedelai yang pertama adalah berguna bagi kesehatan jantung, karena membantu mengurangi kadar kolesterol. Para ahli menyatakan bahwa protein kedelai tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung, tetapi juga dapat mencegah serangan penyakit jantung.
  2. Kedelai mengandung serat larut yang mempercepat laju metabolisme. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan berat badan dan memberikan kulit yang sehat.
  3. Kadar kalsium dan fosfor dalam kedelai menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan isoflavon dalam kedelai meminimalkan kerusakan tulang dan mengurangi resiko osteoporosis. Kedelai juga sangat bermanfaat bagi wanita pada saat menopause karena seringnya kekurangan kalsium.
  4. Kedelai dapat memberikan perlindungan terhadap kanker payudara. Meski begitu, kelebihan konsumsi juga akan menyebabkan pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara. Perbedaan dalam hasil penelitian terkait dengan jumlah dan jenis kedelai yang dikonsumsi.
  5. Kedelai berhubungan dengan kanker prostat. Menurut studi, kedelai dapat menahan serangan kanker prostat.
  6. Studi menyatakan bahwa kedelai dapat membantu untuk meningkatkan fungsi kognitif pada wanita di bawah usia 65.
>>  Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Efek samping kedelai

Pada dasarnya konsumsi kedelai berkepanjangan dan berlebihan dapat menimbulkan dampak yang buruk. Ada banyak penelitian pro dan kontra yang terjadi mengenai efek samping kedelai dan bahaya dari produk ini pada seseorang.

  1. Efek samping yang paling umum dari produk kedelai ini adalah alergi kedelai. Penderita asma, penderita demam, dan anak-anak yang sangat alergi terhadap susu sapi cenderung alergi terhadap produk kedelai.
  2. Kandungan estrogen atau isoflavon juga terkait dengan gangguan medis yaitu hiperplasia endometrium.
  3. Konsumsi kedelai berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena kanker yang terkait dengan hormon, seperti kanker payudara dan kanker ovarium.
  4. Kedelai dapat mengganggu fungsi hormon yang berada di dalam tubuh. Hormon sangat penting bagi sistem tubuh yang sehat. Asupan protein kedelai dan isoflavon dapat mengurangi dan memperlambat fungsi hormon seperti hormon tiroid.
  5. Kedelai mengandung anti nutrisi seperti saponin, soyatoxin, phytates, tripsin inhibitor, goitrogens, dan phytoestrogen. Zat ini dapat mengubah siklus menstruasi wanita. Selain itu juga sangat berbahaya bagi bayi.
  6. Kedelai juga buruk bagi penyerapan mineral dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kedelai menghambat penyerapan mineral penting seperti kalium, kalsium, seng, dan akibatnya seseorang dapat menderita kekurangan vitamin dan mineral.
  7. Penderita gagal ginjal, diabetes, hipotiroidisme, kanker kandung kemih, harus menghindari kedelai dalam keseharian, karena akan memperburuk kondisi tersebut.
  8. Kedelai mengandung sejumlah besar asam oksalat, zat kimia yang berperan penting dalam pembentukan batu ginjal.

Manusia di seluruh Asia mengkonsumsi kedelai secara teratur, akan tetapi kedelai bukanlah bagian dari makanan dunia barat. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat bervariasi menurut masing-masing negara. Tradisi kuliner yang berbeda yang melibatkan kedelai telah menyebabkan perbedaan metabolik dalam populasi dunia timur dan barat. Studi menyatakan bahwa sekitar 60% dari orang dewasa di kawasan Asia dapat mengkonversi zat daidzein menjadi equol selama proses pencernaan kedelai. Sebaliknya, orang dewasa di Eropa atau Amerika yang dapat memetabolisme daidzein hanya berjumlah 30%. Perhelatan akan manfaat kedelai bagi kesehatan dan efek buruk kedelai tidak akan pernah berakhir, ini karena keduanya berpijak pada alas yang sama kuat. Sebuah keputusan berada di tangan anda untuk  dapat menilai manakah yang lebih baik dan cocok.

 
  Incoming Keywords: manfaat kedelai, manfaat kedelai rebus, khasiat kacang kedelai, kedelai, efek samping kacang kedelai, manfaat kacang kedelai, efek samping kedelai, kacang kedelai rebus, manfaat memakan kedelai, bahaya protein kedelai

, ,

Comments are closed.