Makanan Penyebab Sembelit

Penyebab sembelit yang utama dapat terkait dengan pola makan dan kebiasaan seseorang. Sembelit atau susah buang air besar merupakan masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. Ada saatnya kondisi ini dapat mempengaruhi semua orang. Kaum wanita dan orang tua diketahui sering mengalami kondisi ini. Pada umumnya, seseorang yang tidak dapat buang air besar selama lebih dari tiga hari, boleh dikatakan menderita masalah ini. Meskipun sembelit dapat disebabkan oleh berbagai gangguan medis, di sini kita akan membahas sembelit yang diakibatkan karena pola makan. Terdapat berbagai jenis makanan yang seringkali dapat menyebabkan sembelit pada kebanyakan orang.

Makanan penyebab sembelit

Susu
Produk susu dapat menjadi penyebab di balik sembelit. Makanan yang tinggi akan kandungan lemak dan rendah serat tidak akan begitu mudah dicerna dan bergerak dengan perlahan melalui saluran pencernaan. Hal ini akan mengganggu fungsi dari sistem pencernaan untuk berjalan secara normal, sehingga menyebabkan susah buang air besar. Contoh makanan dari produk susu yang harus anda hindari untuk mencegah sembelit antara lain adalah keju dan mentega.makanan penyebab sembelit

Makanan yang manis
Kita mungkin saja menyukai makanan yang terasa manis, akan tetapi sistem pencernaan kita mungkin akan merasa sebaliknya. Makanan seperti ini mengandung serat yang rendah, mengandung fluida, dan tinggi lemak. Hal ini tidak akan cocok bagi orang yang rentan terhadap sembelit, contohnya adalah roti kering, permen, dan softdrink yang manis untuk minuman.

Makanan cepat saji
Makanan cepat saji tidak hanya berhubungan dengan penyakit jantung tetapi juga berhubungan dengan sembelit. Jika anda sering mengalami sembelit, maka anda harus menghindari makanan tersebut dari menu makan atau membatasi asupan.

Produk daging
Daging merupakan sumber protein tertinggi tetapi juga mempunyai kelemahan. Konsumsi daging seperti daging merah secara teratur dapat menyebabkan sembelit. Langkah yang paling baik adalah dengan mengkombinasikan produk daging dengan makanan seperti sayuran dan biji-bijian yang kaya akan kandungan serat.

>>  Makanan Menurunkan Kadar Gula Darah

Berdasarkan dari makanan penyebab sembelit di atas adalah tidak adanya serat makanan dalam makanan yang menjadi penyebab utama dari masalah kesehatan seperti sembelit. Di lain sisi, jika anda mengkonsumsi makanan berserat secara berlebihan, maka anda juga dapat berakhir dengan masalah yang sama. Jika asupan kalori harian anda adalah 1000, maka anda harus menyertakan 14 gram serat dalam makanan. Sedangkan untuk 2000 kalori, maka 28 gram serat makanan harus dikonsumsi setiap hari.

Gejala sembelit

  • Buang air besar kurang dari tiga kali seminggu
  • Perut terasa kembung
  • Kentut terus-menerus
  • Merasa ingin buang air besar tapi tidak bisa

Tips mencegah sembelit

Masukkan makanan yang kaya kandungan serat ke dalam menu harian. Makanan yang mengandung serat dan berfungsi dengan baik dalam mengatasi sembelit adalah seperti:

  • Biji rami
  • Buah-buahan kering
  • Wortel
  • Brokoli
  • Buah apel
  • Buah persik
  • Buah pepaya
  • Biji-bijian
  • Buah pir
  • Kacang tanah

Minum banyak air putih setiap hari karena akan membantu dalam pembersihan. Minum air putih setidaknya 8 sampai 10 gelas air setiap hari.

Gaya hidup menjadi penyebab sebagian besar penyakit, dan sembelit menjadi salah satu diantaranya. Olahraga ringan dapat membantu memperkuat otot dan juga membantu dalam kesehatan pencernaan.


Kandungan serat dalam makanan adalah sangat penting dan minum banyak air putih juga akan membantu dalam mencegah dan mengobati sembelit. Pada kondisi tertentu, mungkin saja anda akan memerlukan suplemen serat, namun setelah berkonsultasi dengan dokter.

,

Comments are closed.