Cara Mengatasi Sembelit dan Mengobati

Sembelit seringkali diakibatkan oleh gaya hidup dengan pola makan yang kurang serat. Gejala sembelit ini ditandai dengan buang air besar yang kurang dari 3 kali seminggu. Ketika seseorang mengalami sembelit, biasanya feses akan menjadi kering, mengeras, dan mengecil. Setiap orang dapat mengalami masalah sembelit pada suatu tempo di dalam kehidupan mereka. Perubahan pada gaya hidup termasuk makanan yang kaya serat, mengkonsumsi cukup cairan, dan berolahraga secara teratur bisa mengatasi masalah sembelit. Banyak orang yang merasa bahwa mereka harus buang air besar setiap hari. Jika hal ini tidak terjadi, maka mereka cenderung sering menggunakan obat pencahar sehingga menjadi suatu kebiasaan wajib.

Makanan akan dicerna melalui usus, kemudian usus besar menyerap nutrisi dan airnya, dan pada akhirnya akan terbentuk tinja yang akan dibuang. Kontraksi otot akan membantu tinja bergerak lebih jauh dan dibuang dari tubuh. Sembelit umumnya terjadi ketika terlalu banyak air yang telah diserap oleh usus dan feses menjadi kering dan mengeras. Banyak sekali penyebab sembelit diantaranya adalah berikut ini:

  • Kurangnya konsumsi cairan yang cukup
  • Konsumsi produk susu yang berlebihan
  • Kurangnya serat dalam makanan
  • Penggunaan obat pencahar yang berlebihancara mengatasi sembelit
  • Stadium lanjut dari kehamilan
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Dehidrasi
  • Suka menahan ketika saatnya buang air besar

Mengatasi sembelit dengan alami



Pada sebagian besar kasus, cara mengatasi sembelit adalah begitu sederhana seperti halnya mengubah cara makan dan mempertahankan gaya hidup sehat, yang dapat membantu mencegah sembelit.

Makanan berserat
Serat adalah bahan yang paling penting dan dapat membantu dalam mengatasi sembelit dengan alami. Anda harus makan makanan yang banyak mengandung serat. Ini dapat membantu dalam membentuk feses menjadi lunak. Sumber serat yang baik terdapat pada wortel, brokoli, kubis, kembang kol. Sementara itu bayam, kacang-kacangan, dan gandum juga merupakan sumber serta yang sangat baik. Buah-buahan seperti apel, persik, jeruk keprok akan membantu meningkatkan kadar serat dalam tubuh.

>>  Penyebab Benjolan di Perut

Konsumsi cukup cairan
Mengkonsumsi cukup serat tanpa diikuti oleh cairan yang cukup tidak akan ada gunanya. Cairan terbaik yang dapat dikonsumsi adalah air alami. Minumlah banyak air setiap hari. Anda juga dapat membuat jus dari buah dan sayuran. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Minum kopi juga akan bermanfaat, tetapi dalam jumlah yang moderat.

Membatasi konsumsi gula
Orang yang suka memakan makanan dengan gula di dalamnya akan mudah terkena sembelit cukup sering, Oleh karena itu batasilah asupan makanan manis.

Mengobati sembelit dengan biji rami
Biji rami dapat digunakan sebagai obat alami untuk sembelit. Anda dapat mencampurnya dengan dengan biji bunga matahari dan biji wijen. Jika salah satu dari kedua biji lainnya tidak tersedia, anda dapat menggantikannya dengan almond. Panggang biji-biji tersebut untuk menghilangkan uap airnya. Biarkan hingga dingin, kemudian tumbuk hingga halus. Minum 2 sendok bubuk ini ketika anda bangun di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari, setelah itu diikuti dengan meminum air putih yang agak hangat. Semakin banyak air yang anda minum setelah mengkonsumsi bubuk ini maka akan menjadi lebih baik. Namun janganlah melebihi batas dalam mengkonsumsi bubuk ini karena dapat menimbulkan efek sebaliknya.


Sebagai yang terakhir dan perlu diingat, makanlah makanan yang tinggi serat, konsumsi banyak cairan, dan berolahraga secara teratur, karena akan membantu mencegah sembelit. Jika anda telah menjalani pola makan yang kaya serat dengan banyak cairan dan masih juga nampak tidak normal, maka tiba saatnya mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis akan masalah kesehatan anda tersebut.

, ,

No comments yet.

Leave a Reply