Efek Samping Kelebihan Protein

Efek samping kelebihan protein dalam makan dapat merugikan kesehatan. Protein dalam jumlah moderat akan aman untuk dikonsumsi dan berguna bagi tubuh. Namun konsumsi protein dalam jumlah yang berlebihan justru akan menimbulkan efek yang sebaliknya. Agar dapat memahami bagaimanakah efek kelebihan protein, maka kita harus terlebih dahulu mengenal peranan protein dalam membantu fungsi sistem tubuh.

Protein berguna untuk membantu dalam membangun otot, memelihara sel-sel tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak, dan membantu sistem kekebalan tubuh supaya berfungsi dengan baik. Elemen ini memainkan peran utama dalam keseimbangan hormon dan produksi enzim dalam tubuh. Jika tubuh merasa kekurangan lemak dan karbohidrat, maka energi yang didapatkan akan tergantung pada protein yang akan memainkan peran sebagai gantinya, guna memasok bahan bakar. Oleh karena itu diperlukan adanya keseimbangan antara berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh. Kekurangan protein dapat menghambat laju pertumbuhan dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Efek kelebihan protein

Ketika terlalu banyak protein dalam pola makan seseorang, maka akan muncul efek samping yang mengubah sistem tubuh secara keseluruhan. Tubuh kita akan mengirimkan sinyal tertentu yang tidak dapat kita abaikan, terutama jika hal ini terjadi terus-menerus. Para ahli medis mengatakan bahwa gejala tidak terjadi dengan segera pada orang yang menderita proteinuria, yang mana jika dibiarkan tanpa pengawasan maka pada akhirnya dapat diderita. Oleh karena itu sangatlah perlu untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk mengontrol kesehatan kita.

Dalam kasus yang parah, efek kelebihan protein dapat menyebabkan gangguan pada sistem tubuh seperti sistem peredaran darah dan pernafasan. Berikut adalah gangguan kesehatan terkait efek kelebihan protein:

  1. Asam urat
  2. Katarak
  3. Kanker usus besar
  4. Penyakit kardiovaskular
  5. Pembentukan batu ginjal
  6. Meningkatkan resiko terkena diabetes
  7. Penyempitan pembuluh nadi
  8. Sakit punggung bawahefek samping kelebihan protein
  9. Sembelit
  10. Sakit kepala
  11. Hipertensi
  12. Mual
  13. Mudah lelah
  14. Pusing
  15. Keringat yang berlebihan karena lebih banyak protein dalam makanan. Semakin besar protein membuat kehilangan banyak cairan dari tubuh.

Overdosis protein akan menggerogoti kalsium pada tulang, karena mineral ini diperlukan untuk pencernaan. Jadi jika anda tidak memiliki asupan kalsium yang cukup, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang sebagai pengganti sehingga membuat tulang rapuh.

Protein yang berlebih terutama pada saat tubuh kekurangan karbohidrat, dapat menimbulkan kondisi yang disebut ketosis. Hal ini adalah kondisi yang ditandai dengan peningkatan keton di mana tubuh menggunakan zat gula darah cadangan yang disimpan tubuh karena kurangnya karbohidrat. Efek lain dari ketosis adalah kepala sakit dan lekas marah.

Konsumsi protein berlebihan menimbulkan adanya kemungkinan seseorang menderita masalah ginjal. Konsumsi protein berlebihan akan memberi tekanan pada ginjal, membuat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Ginjal harus bekerja keras untuk menyaring protein-protein tersebut. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan dan akhirnya menyebabkan batu ginjal. Masalah ini juga akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Aturan mengkonsumsi protein

Untuk meningkatkan massa otot dan meningkatkan kesehatan tulang diperlukan protein yang cukup. Namun, asupan protein dalam jumlah besar tidak berguna jika tubuh tidak mampu menyerapnya dengan baik. Berikut adalah kadar protein yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari:

Bayi: 10 g
Anak-anak: 52 g
Remaja: 46-52 g
Pria dewasa: 56 g
Wanita dewasa: 46 g
Ibu hamil dan menyusui: 71 g


Setelah mengetahui hal-hal di atas, terlalu banyak protein telah terbukti mempunyai efek samping yang berbahaya. Meskipun kelebihan protein menimpulkan dampak yang berbahaya, konsumsi protein merupakan suatu keharusan. Oleh sebab itu konsumsilah protein dalam jumlah yang tepat agar tetap sehat.

 
  Incoming Keywords: akibat kelebihan protein, kelebihan protein, kadar protein berlebih, efek dari protein yang berlebihan, efek dari kelebihan protein, penyebab kelebihan perotein ditubuh, Dampak kelebihan protein, dampak kelebihan asupan protein, ciri-ciri dampak negatif orang kelebihan protein, apakah akibat kelebihan protein

, ,

Comments are closed.