Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

manfaat susu kedelai

Banyak sekali berbagai khasiat susu kedelai bagi pria maupun wanita, yang membantu dalam menjaga kesehatan dengan maksimal. Berikut ini kita akan mengulas bagaimanakah susu kedelai dapat bermanfaat bagi kesehatan seutuhnya.

Susu kedelai merupakan minuman sehat dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Susu kedelai juga menjadi sumber protein yang baik. Selain itu susu kedelai juga mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, vitamin, dan mineral penting lainnya. Susu kedelai mempunyai komponen vital bernama isoflavon, yang merupakan fitoestrogen yang berguna untuk melawan berbagai penyakit. Kandungan antioksidan yang kuat ini akan mencegah degenerasi jaringan tubuh seiring dengan peningkatan usia. Dengan demikian, memberikan perlindungan terhadap tubuh dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan proses penuaan. Susu olahan mengandung hormon yang dapat mengganggu fungsi tubuh, akan tetapi susu kedelai tidak mengandung hormon oleh karenanya tidak akan mempengaruhi fungsi tubuh.

Susu kedelai aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita gluten atau intoleransi laktosa. Kebanyakan orang lebih memilih susu kedelai daripada susu sapi, dikarenakan kandungan laktosa di dalamnya. Menurut penelitian, telah terbukti bahwa dengan meminum susu kedelai maka akan mendapatkan sejumlah keuntungan bagi kesehatan.

Apakah manfaat susu kedelai?


Berbagai penelitian telah menemukan bahwa terdapat manfaat susu kedelai karena protein dan serat alami yang terkandung di dalamnya. Beberapa manfaat kedelai untuk kesehatan diberikan di bawah ini:

Salah satu manfaat susu kedelai yang paling penting adalah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Susu kedelai bebas dari kolesterol, tidak seperti produk susu yang lain. Selain itu juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Dengan demikian dapat mengurangi kadar LDL dalam tubuh dan dapat meningkatkan kadar HDL. Pengurangan tingkat LDL juga akan menurunkan resiko serangan jantung. Oleh karena itu susu kedelai sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Susu kedelai juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

Susu kedelai dapat mencegah hipertensi. Asam lemak dan antioksidan terdapat dalam susu kedelai yang bermanfaat untuk melindungi lapisan pembuluh darah dari segala jenis kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu juga berguna mencegah penimbunan plak di dalam arteri. Dengan demikian dapat menjaga tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Susu kedelai melindungi tubuh dari bermacam jenis kanker. Kanker prostat pada pria dapat dicegah jika minum susu kedelai dengan teratur. Ini disebabkan kandungan isoflavon dalam susu kedelai yang menjadi phytoestrogen dan dapat mengontrol produksi testosteron. Rendahnya tingkat testosteron mengurangi resiko kanker terkait dengan kanker prostat. Sifat antioksidan juga dapat melawan kanker yang mencakup kanker usus dan kanker paru-paru.

>>  Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Susu kedelai cukup baik bagi mereka yang menderita diabetes. Hal ini karena serat larut yang memungkinkan pelepasan glukosa ke dalam darah pada kecepatan yang lambat. Sebagai akibatnya, tingkat gula darah dalam tubuh tetap stabil.

Susu kedelai dapat melawan osteoporosis dengan baik. Ini adalah penyakit degeneratif yang ditandai dengan tulang yang melemah. Dengan mengkonsumsi susu kedelai maka akan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh dan penuaan dini dapat dihentikan.

Orang-orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan sangat ideal mengkonsumsi susu kedelai. Susu ini mengandung gula yang sangat rendah. Asam lemak tak jenuh tunggal mengontrol penyerapan lemak di dalam usus. Dengan demikian, tidak berkontribusi terhadap kenaikan berat badan lebih lanjut. Selain ini, susu kedelai juga memberikan serat larut dalam jumlah besar, yang menggabungkannya dengan air untuk membentuk gel yang akan memberikan rasa kenyang untuk waktu yang lama. Jika anda ingin tahan lapar, susu kedelai menjadi jawabannya.

Wanita dalam tahap perimenopause maupun menopause juga perlu untuk mengkonsumsi secara rutin susu kedelai. Sensasi panas yang dialami selama menopause atau perimenopause dapat berkurang jika mengkonsumsi produk kedelai. Susu kedelai juga membantu mengontrol gejala lain yang berhubungan dengan menopause seperti iritasi dan perubahan mood.

Masalah pada otot dan persendian seperti arthritis dapat dicegah dengan asupan susu kedelai. Hal ini akan bermanfaat dalam membantu memperbaiki jaringan yang rusak.


Untuk mendapatkan manfaat susu kedelai secara maksimal, anda sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai yang segar setiap hari. Orang-orang yang memiliki alergi kedelai tidak boleh mengkonsumsi  susu kedelai. Anda juga harus menyadari bahwa terdapat juga efek samping susu kedelai. Hubungi dokter jika terdapat masalah kesehatan setelah mengkonsumsi susu kedelai.

 
  Incoming Keywords: khasiat susu kedelai

, , ,

Comments are closed.