Cara Memotivasi Siswa di Kelas

motivasi muridRuang kelas adalah tempat di mana siswa menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Jadi, nilai-nilai yang dipelajari di dalam kelas akan selalu tetap direkam siswa. Semua guru ingin siswa mereka unggul dalam kehidupan dan memotivasi siswa adalah salah satu cara penting untuk membantu mencapai tujuan ini. Mungkin ada beberapa siswa di kelas yang sangat termotivasi diri dan tidak memerlukan inspirasi dari orang lain. Sementara yang lain akan memerlukan dorongan ekstra.

Pentingnya motivasi bagi siswa

Memotivasi siswa membantu mereka fokus agar studi mereka lebih baik. Tujuan di balik memotivasi siswa adalah untuk membuat mereka menyadari kekuatan dan kelemahan mereka. Motivasi yang baik dapat membantu siswa memperbaiki tujuan mereka dalam hidup. Ada banyak siswa yang kehilangan minat dalam studi mereka karena kurangnya motivasi, perhatian dan bimbingan dari guru mereka. Karena itu, siswa berakhir dengan kegagalan dalam hidup mereka ketika mereka tumbuh dewasa, meskipun mereka memiliki semua keterampilan, kemampuan dan bakat untuk mencapai posisi paling atas.

Memotivasi siswa
Motivasi siswa adalah dua jenis – motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik membuat siswa tertarik pada pekerjaannya karena kemauan dan pikiran yang kuat. Di sisi lain, seorang siswa ekstrinsik termotivasi akan bekerja keras dan belajar dengan tujuan untuk memenangkan hadiah atau dipuji oleh orang tua dan guru.

Dalam rangka untuk memotivasi siswa di kelas, guru seharusnya tidak bereaksi berlebihan dengan mengkritik mereka di depan seluruh kelas untuk kesalahan yang dilakukan oleh mereka. Sebaliknya, kesalahan bisa lewat pemberitahuan ke siswa secara individual dan saran dapat diberikan untuk memperbaiki mereka. Komunikasi yang efektif dan sering antara siswa dan gurunya sangat penting untuk memotivasi para siswa. Guru harus memuji kualitas yang baik dari siswa. Mereka harus mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok dengan antusiasme penuh. Memberikan siswa dengan dukungan emosional pada waktu kesulitan adalah tugas guru.

>>  Dampak Positif & Dampak Negatif Teknologi pada Pendidikan

Anak kecil, kadang-kadang, sangat sensitif dan karena ini, kinerja mereka di kelas bisa terpengaruh karena masalah keluarga. Di sini, guru memainkan peran penting dalam menjaga siswa termotivasi dengan meyakinkan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Tingkat motivasi di dalam kelas dapat berbeda untuk siswa yang berbeda. Akan ada beberapa siswa yang menunjukkan hasil yang baik setelah beberapa kata pujian. Akan ada orang lain yang akan membutuhkan dukungan berkepanjangan dan membantu untuk unggul dalam tugas mereka. Jadi, guru perlu tetap tenang dan sabar saat mengajar siswa mereka.

Open Me

Motto ataupun slogan sepertinya tidak cukup untuk memberikan suatu motivasi. Karena sebenarnya masih sebatas kiasan pendek belaka atau mungkin bisa disebut roman picisan. Satu saran agar anak didik anda menjadi lebih termotivasi, seharusnya anda memberi pengertian penuh kepadanya dengan memberikan pertanyaan, seperti;

1. Kenapa kamu sekolah?
2. Kenapa orang tua kamu menyekolahkanmu?
3. Apa tujuan kamu bersekolah?

Jika anda sendiri dapat menjawabnya dengan benar, mungkin anda tahu bagaimana cara menyampaikan pesan yang penuh pengertian kepada anak didik anda.

Motivasi di kelas dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk sebagian besar. Jadi, saatnya kita memahami pentingnya memotivasi siswa dalam belajar dan menerapkannya secara praktis.

 
  Incoming Keywords: cara memberi motivasi kepada siswa, cara memberikan motivasi kepada siswa, cara memotivasi siswa, Cara memotivator peserta didik didalam kelas, contoh memberikan motivasi kepada siswa, contoh memotivasi siswa

, , ,

Comments are closed.