Cara Mengusir dan Menangkap Tikus

Cara mengusir tikus dari rumah menjadi hal yang sangat penting, karena tikus membawa banyak penyakit dan sangat sulit untuk diberantas bila dibiarkan. Tikus menjadi hama yang menyebabkan kerusakan besar untuk perabot rumah tangga, makanan, dan dapat membawa beberapa penyakit. Kotoran tikus membawa banyak parasit dan dapat merusak kebersihan di rumah dalam waktu singkat. Selain membawa tungau, tikus juga menyebabkan alergi dan masalah kulit lainnya.

Hal yang paling menjengkelkan dan menjadi ciri dari hama ini adalah kemampuan luar biasa untuk tetap bersembunyi di sudut yang gelap dan bahkan anda tidak mengetahuinya. Ada banyak cara sederhana untuk membersihkan rumah dari hama pembawa sial ini.

Tips mengusir tikus

Seperti kita semua tahu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Melakukan pemeriksaan rutin akan secara drastis mengurangi kemungkinan tikus untuk dapat masuk ke dalam rumah.

Tutup semua celah-celah kecil di lantai, dinding, dan ventilasi. Celah-celah dapat menjadi pintu masuk tikus. Penggunaan kawat pada jendela akan menjaga tikus masuk melaluinya, tapi ada resiko bahwa tikus juga akan menggerogotinya. Tikus membuat jalan ke dalam rumah anda melalui lubang-lubang kecil. Pastikan untuk menutup lubang tersebut dengan kawat kasa atau baja.

Makanan harus disimpan dalam wadah kedap udara yang terbuat dari plastik, kaca atau logam. Tikus memasuki rumah untuk mencari makanan, mengusir tikusseperti hama lainnya. Jadi, langkah pertama untuk mencegah adalah dengan membersihkan rumah. Jangan meninggalkan sampah terutama makanan tercecer di lantai. Gunakan bak sampah dengan tutup yang rapat sebagai pembuangan sisa dan limbah makanan.

Lantai harus dibersihkan dari semua partikel makanan, karena tikus memiliki indra penciuman yang lebih baik daripada anjing. Menjaga kebersihan luar rumah adalah sama pentingnya untuk mengendalikan hama tikus. Barang-barang seperti tumpukan kayu dapat memberikan perlindungan bagi hewan pengerat. Semak-semak di kebun juga dapat memberikan perlindungan bagi hewan pengerat ini.  Kebersihan yang buruk di dalam dan di luar rumah dapat dengan mudah menarik perhatian tikus dan semua jenis lain dari hama.

Tikus membenci aroma permen. Tanaman mint atau jejak minyak peppermint di daerah yang sering dikunjungi oleh tikus membantu untuk mengusir tikus. Anda dapat menanam tanaman peppermint di kebun dan di pintu masuk untuk mencegah tikus dan hewan pengerat lainnya memasuki rumah. Tanaman lainnya seperti bakung, allium, dan kamper juga dikenal untuk mengusir serangga dan hewan pengerat.

>>  Alergi Digigit Semut Merah Sampai Bengkak

Alat pengusir tikus ultrasonik dapat memancarkan gelombang suara ultrasonik dalam pola non-berulang yang dibenci oleh tikus. Gelombang suara ultrasonik tidak dapat menembus dinding dan benda-benda lain, yang berarti bahwa anda harus menempatkan alat-alat tersebut di beberapa ruang. Banyak ahli berpendapat bahwa perangkat ini mampu bekerja dalam jangka pendek, hingga akhirnya tikus terbiasa dengan gelombang suara yang dihasilkan alat ini.

Cara menangkap tikus

Perangkap tikus
Ada banyak jenis perangkap tikus, seperti perangkap tradisional dan perangkap lem, yang dapat menangkap tikus dalam perekat pada selembar karton, atau kotak perangkap yang banyak beredar di pasaran. Semuanya ini hampir efektif, meski perangkap dari lem tidak ditangkap hidup-hidup atau dapat tewas seketika. Umpan yang paling efektif untuk memikat tikus mendekati perangkap adalah semua makanan yang manis atau aromatik.

Anjing atau kucing
Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk menjaga rumah anda terbebas tikus. Kucing maupun anjing memiliki naluri predator alami terhadap tikus, dan juga dapat menjadi hewan peliharaan yang sangat baik. Meski begitu, kucing atau anjing tidak dapat sepenuhnya membasmi tikus, karena mereka tidak dapat mencapai celah yang tersembunyi.

Racun tikus
Ini adalah cara yang efektif untuk membasmi tikus, namun dapat beresiko jika anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan lainnya.


Kebersihan adalah kunci utama untuk mengendalikan populasi tikus. Pastikan untuk mengikuti beberapa tindakan pencegahan. Pakailah plastik atau sarung tangan saat mengeluarkan bangkai tikus yang mati, dan membersihkan tempat yang terkontaminasi. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan desinfektan atau sabun dan air setelah menangani tikus mati atau benda yang terkontaminasi oleh tikus.

, ,

Comments are closed.